RSS

Beberapa Point Penting Tafsir Al Misbah: Surah Al-An’am

10 Aug

Poin penting yang menarik untuk kita pikirkan bersama yaitu:

1. Bahwa manusia itu terbagi atas dua golongan: yang beriman dan yang kafir. Jenis pertama menerima dengan hati yang suci kebenaran yang berasal dari Al-Qur’an dan yang kedua mereka yang menolak bahkan tidak mau mendengarkan kebenaran yang berasal dari Al-Qur’an…Logikanya, bagaimana mungkin kita menolak sesuatu yang bahkan untuk sekedar didengarkan pun tidak apalagi mempelajarinya dan kemudian tiba-tiba mengatakan kami tidak mempercayai kebenaran itu????

2. KeMahaAdilan Allah itu “boundless” atau tidak diskriminatif. Dia memberi petunjuk oleh kedua golongan tersebut diatas dan menyerahkan kepada mereka tentang bagaimana mereka menanggapi apa yang diberikan kepadanya. Golongan pertama mau menerima petunjuk dari Al-Qur’an dan golongan yang kedua menolak petunjuk yang diberikan kepada mereka melalui berbagai macam perantara. Intinya “kamauan” adalah bahan bakar dari seberapa serius kita ingin berubah ke arah yang benar.

3. Perluasan makna takdir. Salah satu contohnya adalah “kematian”. Dahulu kematian adalah rahasia absolut yang dipercayai oleh seluruh manusia bahwa itu adalah rahasia Tuhan. Tapi seiring perkembangan teknologi, ilmu kedokteran bisa melakukan prediksi seberapa jauh kemungkinan seseorang bisa hidup kondisi penyakit yang dideritanya walaupun tidak mampu memprediksinya secara akurat kapan orang tersebut akan mati, hari apa, jam berapa, menit berapa dan detik keberapa itu akan terjadi. Demikian juga prediksi akan bencana alam adalah contoh takdir yang mengalami perluasan makna. Apapun perluasan makna yang terjadi hal tersebut tidak merubah esensi takdir karena belum ada satupun yang berhasil memprediksi takdir secara akurat 100% dari keseluruhan aspek yang dimiliki oleh takdir tersebut. Dibutuhkan pemahaman yang transenden untuk memahami hal ini. Bukti bahwa takdir itu masih tetap berada pada hakikat awalnya bahwa hal tersebut merupakan rahasia Tuhan adalah ketetapan Allah SWT atas hari akhir atau hari kiamat yang belum terprediksi kapan secara pasti terjadinya.

Tentunya masih sangat banyak poin yang bisa kita diskusikan dari program Tafsir Al Misbah ini tapi untuk kesempatan kali ini ketiga hal tersebutlah yang sempat kita bicarakan. May be next time kita akan membahas lebih jauh tentang hal tersebut. Sampai jumpa di summari tafsir Al Misbah episode berikutnya di hari ke dua ramadhan…
sekian dan terima kasih…wassalam..

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankannya. Semoga puasa kali ini bis membawa kita ke posisi taqwa yang sesungguhnya..amin..

*Hasil summari ini bukanlah “copy paste” dari kesimpulan yang disebutkan oleh bapak Quraishihab pada akhir acaranya. Penulis telah membahasakannnya dan telah meparaprasekan sedemikian rupa. Atau dengan kata lain penulis mengambil kesimpulan dari acara tersebut dan berusaha membahasakannya dalam style penulis. Hal tersebut membuat tulisan ini “discussable”.

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

About these ads
 
2 Comments

Posted by on August 10, 2010 in Tafsir Al Misbah's Summary

 

Tags: , , ,

2 responses to “Beberapa Point Penting Tafsir Al Misbah: Surah Al-An’am

  1. Moh. Zainus Subkhan

    August 13, 2010 at 10:49 pm

    Ditunggu postingan berikutnya, kajian Tafsir Al-Misbha membekali diri menggali kesan, pesan dan keserasian Al-Qur’an.

     
  2. Haeril Halim

    August 14, 2010 at 10:03 pm

    Makasih atas kunjungannya saudara Moh. Zainus Subkhan. InsyaAllah setiap hari akan ada summari setiap slesai program tafsir Al Misbha semoga bisa seterusnya hingga akhir ramadhan. skali lagi makasih tuk support saudara. Program tafsir Al Misbah tentunya sangat bermanfaat buat kita dalam memahami kandungan Al Qur’an. Selamat menunaikan ibadah puasa.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 176 other followers

%d bloggers like this: