RSS

10 Resiko dan Kerugian Akibat Sering Begadang/Kurang Tidur

14 Feb

Postingan ini sebenarnya tepatnya ditujukan buat sy pribadi tp mengingan bnyk dr tmn2 jg ya kena insomnia oleh karena itu sy abadikan tulisan ini di blog sy. Selamat mengetahui dan merubah kebiasaan insomnia anda..ok????

****

10 Resiko dan Kerugian Akibat Sering Begadang/Kurang Tidur. Tidak usah berbasa-basi, saya hanya sekedar membagi-bagikan info Resiko Jika sering Begadang dimalam hari ini. Berikut 10 Resiko dan Kerugian Akibat Sering Begadang/Kurang Tidur :

1. Kecelakaan
Kurang tidur adalah salah satu faktor bencana terbesar dalam sejarah selain kecelakaan nuklir di Three Mile Island tahun 1979, tumpahan minyak terbesar Exxon Valdez, krisis nuklir di Chernobyl 1986, dan lain-lain.

Terdengar berlebihan, tapi Anda harus sadari kurang tidur juga berdampak pada keselamatan Anda setiap hari di jalan. Mengantuk dapat memperlambat waktu anda mengemudi setara ketika anda mabuk saat menyetir.

Sebuah penelitian yang dilakukan Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika memperkirakan bahwa kelelahan merupakan penyebab 100.000 kecelakaan mobil dan 1.500 kematian terjadi selama setahun di AS. Di mana korbannya orang di bawah umur 25 tahun.

Studi yang sama menunjukkan, jika Anda kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang rendah dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja. Dalam sebuah penelitian, pekerja yang mengeluh mengantuk berlebihan di siang hari rentan terluka saat bekerja dan secara terus menerus mengalami kecelakaan yang sama saat berkerja.

2. Konsentrasi menurun


Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam “menguatkan” memori dalam pikiran. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian.

3. Masalah kesehatan serius
Gangguan tidur dan kurang tidur tahap kronis dapat membawa Anda pada risiko :

* Penyakit jantung
* Serangan jantung
* Gagal jantung
* Detak jantung tidak teratur
* Tekanan darah tinggi
* Stroke
* Diabetes

Menurut beberapa penelitian, 90 persen penderita insomnia- gangguan tidur yang ditandai dengan sulit tidur dan tetap terjaga sepanjang malam – juga mengalami risiko kesehatan serupa.

4. Gairah seks menurun
Para ahli melaporkan, kurang tidur pada pria dan wanita menurunkan tingkat libido dan dorongan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat.

Bagi pria yang mengidap sleep apnea- masalah pernapasan yang mengganggu saat tidur, menyebabkan gairah seksual melempem. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism 2002 menunjukkan, hampir semua orang yang menderita sleep apnea memiliki kadar testosteron yang rendah. Dan hampir setengah dari orang yang menderita sleep apnea parah memiliki tingkat testosteron yang rendah pada malam hari.

5. Menyebabkan depresi
Dalam studi tahun 1997, peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan gejala depresi.

Gangguan tidur yang paling umum, yaitu insomnia yang memiliki kaitan kuat dengan depresi. Dalam studi tahun 2007 melibatkan 10.000 orang, terungkap bahwa pengidap insomnia 5 kali lebih rentan depresi. Bahkan, insomnia sering menjadi salah satu gejala pertama depresi.

Insomnia dan tidak nafsu makan akibat depresi saling berhubungan. Kurang tidur memperparah gejala depresi dan depresi membuat anda lebih sulit tidur. Sisi positifnya, pola tidur yang baik dapat membantu mengobati depresi.

6. Memengaruhi kesehatan kulit
Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaaan tersebut benar karena kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam di bawah mata.

Bila Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh Anda melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit, atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan. Ketika kita masih muda, hormon pertumbuhan manusia mendorong pertumbuhan. Dalam hal ini membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.

“Ini terjadi saat tubuh sedang tidur nyenyak- yang kami sebut tidur gelombang lambat (SWS) – hormon pertumbuhan dilepaskan,” kata Phil Gehrman, PhD, CBSM, Asisten Profesor Psikiatri dan Direktur Klinis dari Program Behavioral Sleep Medicine Universitas Pennsylvania, Philadelphia.

7. Pelupa
Tidak ingin lupa dengan kenangan terbaik dalam hidup Anda? Cobalah perbanyak tidur. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menemukkan bahwa peristiwa otak yang disebut ““sharp wave ripples” bertanggung jawab menguatkan memori pada otak. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, dimana kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur.

8. Tubuh jadi melar
Jika Anda mengabaikan efek kurang tidur, bersiaplah dengan ancaman kelebihan berat badan. Kurang tidur berhubungan dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan, dan kemungkinan bisa menjadi obesitas. Menurut sebuah studi tahun 2004, orang-orang yang tidur kurang dari enam jam sehari, hampir 30 persen cenderung menjadi lebih gemuk daripada mereka yang tidur tujuh sampai sembilan jam sehari.

Penelitian terakhir terfokus pada hubungan antara tidur dan peptida yang mengatur nafsu makan. Ghrelin merangsang rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan merangsang nafsu makan. Waktu tidur singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin.

Kurang tidur tak hanya merangsang nafsu makan. Hal ini juga merangsang hasrat menyantap makanan berlemak dan makanan tinggi karbohidrat. Riset yang tengah berlangsung meneliti apakah tidur yang layak harus menjadi bagian standar dari program penurunan berat badan.

9. Meningkatkan risiko kematian
Dalam penelitian Whitehall ke-2, peneliti Inggris menemukkan bagaimana pola tidur mempengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris selama dua dekade. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada 2007, mereka yang telah tidur kurang dari 5-7 jam sehari mengalami kenaikan risiko kematian akibat berbagai faktor. Bahkan kurang tidur meningkatkan dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler.

10. Merusak penilaian terutama tentang tidur
Kurang tidur dapat memengaruhi penafsiran tentang peristiwa. Keadaan tubuh yang lemas membuat kita tidak bisa menilai situasi secara akurat dan bijaksana. Anda yang kurang tidur sangat rentan terhadap penilaian buruk ketika sampai pada saat menilai apa yang kurang terhadap sesuatu.

Dalam dunia yang serba cepat saat ini, kebiasaan tidur menjadi semacam lencana kehormatan. Spesialis mengenai tidur mengatakan, Anda salah jika berpikir Anda baik-baik saja meski kurang tidur karena di mana pun Anda bekerja pada profesi apa pun, akan menjadi masalah besar bila Anda tidak dapat menilai sesuatu dengan baik.

“Studi menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu, orang-orang yang tidur selama 6 jam, bukannya 7 atau 8 jam sehari, mulai merasa bahwa mereka telah beradaptasi dengan keadaan kurang tidur. Mereka sudah terbiasa dengan hal itu,” kata Gehrman.

“Tapi jika Anda melihat hasil tes kinerja dan kewaspadaan mental, nilai mereka terus memburuk. Hal itu menjelaskan bagaiamana kurang tidur menganggu aktivitas kita sehari-hari.”

 

SUMBER ASLI ARTIKEL INI: http://y3hoo.nice-topic.com/t2530-10-resiko-dan-kerugian-akibat-sering-begadang-kurang-tidur

About these ads
 
15 Comments

Posted by on February 14, 2011 in Health

 

Tags: , ,

15 responses to “10 Resiko dan Kerugian Akibat Sering Begadang/Kurang Tidur

  1. Dacil

    February 14, 2011 at 8:19 pm

    Gud info :)

    kurang tidur mmg bahaya kk, kmaren sa sdh rasa sndiri. pusing2,gelap, jatuh n dpt oleh2 benjol dkepala. Hha -_-”
    Katanya bpk sy, tidur malam i2 yg plg penting walaupun kt tdur siang seharian.. Ttp tdur mlmnya yg bkin fresh !

     
    • Haeril Halim

      February 15, 2011 at 4:15 am

      iya sih memang bhya tp mau gmn lg sy sudah berjuang tuk tdr cpt namun selalu gagal hehehe..

       
  2. rina dewi

    February 15, 2011 at 1:50 am

    haaaaahhh…..iyaa kn bang….begadang itu tak bagus….
    hohoho,,tp aku br tau ada efek bikin melar jg….ckckck!!
    pantas yaaa aku bgini….. (kyk yg suka begadang aja ^^)

     
    • Haeril Halim

      February 15, 2011 at 4:17 am

      iya memang gak bagus tp mau gmn lg abang gak bisa tdr cepat. udah berkali2 abang coba cpt tdr tp slalu gagal hehheh…klo melar ma abang dari dulu gak melar soalnya begadangnya dr SMP…

       
  3. FrozenShinigami

    February 17, 2011 at 4:58 pm

    Haeril, please put my blog in your list, I’m going to activate my blog once again.

    frozenshinigami.wordpress.com

    Thanks, man :)

     
    • Haeril Halim

      February 18, 2011 at 3:40 am

      done, my man!

      thanks..I will visit your blog soon..

       
  4. charien

    May 2, 2011 at 1:28 pm

    hmmmz, thanks yaa *_*
    pkir gua bgdang bsa bkin krus, gg tao” nyah mlah bkin gmuk, gmpng lupa jgaa.
    hahahaaaa….
    gg2 bgdang lgi dah guaa, ^.^

     
    • Haeril Halim

      May 5, 2011 at 6:10 am

      hehhe iya harus stop begadang pokoknya hehehhe

       
  5. mr_franz

    April 21, 2012 at 3:39 am

    berhentilah begadang bah….

    jd takut….

     
  6. Ely Triaminy

    July 26, 2012 at 8:26 am

    Begadang itu bukan penyakit lim,tp suatu kebiasaan buruk yg perlu dihilangkan secara perlahan..awalnya memang sulit tp jika ada usaha dan niat pasti bs berkurang INSYA ALLAH,begadang dengan penyakit itu tergantung dr pola mkn seseorang karna DOKTER kita ya BADAN kita sendiri..selamat berjuang mengurangi begadang yaa Lim

     
  7. edo

    July 26, 2012 at 6:43 pm

    kalo malm susah x tdur tpi kalo menjelang pagi baru enak tdur itu gejala apa ya apa insomnia jgak ya???? pusing aq mikirnya.

     
  8. atika

    August 30, 2012 at 9:09 am

    thanks yaa buat suggestionnya,
    sekarang aku bkaln brusha buat gak bgadang lagi,

     
  9. Chava Lazura

    May 21, 2013 at 1:31 am

    Upaya apa supaya bisa cepat tidur………?? Soalnya hampir tiap malam sya g bisa tdur kalau belum jam 1 ……..???

    Makasih

     
  10. Latif

    June 19, 2013 at 3:55 pm

    Yah saya jga kepala’a mulai pusing – pusing ne duh g mna yh cara ngilangin’a Jdi bingung Huftt

     
  11. Ilman Muttaqin

    December 2, 2013 at 10:09 pm

    Nice
    (ilmanmuttaqin.student.ipb.ac.id)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 176 other followers

%d bloggers like this: