RSS

PENGALAMAN PERIODIK CCIP 2011: TES TOEFL ITP DAN INTERVIEW

28 Apr

Halo guys, pha kabar? Di artikel sebelumnya kita sudah berbicara tentang berapa lama proses menunggu pengumuman lolos berkas yaitu kira-kira sekitar 1 bulan. Nah jika lolos berkas kalian akan dikirimi email yang menyatakan kalian lolos berkas dank alian harapkan untuk segera membalasnya untuk memberi konfirmasi kepada aminef bahwa kalian siap untuk mengikuti tes selanjutnya di Jakarta yaitu tes ITP TOEFL dan Interview.

Mungkin ada yang bertanya mengapa harus di Jakarta? Nah untuk itu kalian tidak usah khawatir Karena semua biaya dan akomodasi akan ditanggaung oleh aminef (tiket pesawat, hotel dan uang saku selama 2 hari di Jakarta). Mantap kan?

Test ITP dan Interview dilaksanakan masing-masing 1 hari. Nantinya kalian akan dibagi dalam beberapa kelompok ada yang hari pertama tes TOEFL dan hari keduanya interview dan begitupun sebaliknya. Jadinya kedua tes tersebut berjalan dengan lancer tanpa banyak menghabiskan waktu untuk menunggu.

Untuk tes ITP tidak akan saya bahas lebih detail disini karena pasti dari kalian sudah pernah mengambil tes toefl bahkan mungkin berkali-kali. Mengapa saya merasa tidak perlu menjelaskannya lebih jauh? Karena proses dan prosedurnya sama saja ketika kalian tes toefl yang lalu-lau mungkin yang sedikit berbeda aja kalian tesnya langsung di kantor aminef jadi dikit ada beban psiokologi but tenang saja itu kembali kepada diri kita masing-masing lagi dalam artian take it easy dimanapun kita mengambil tes toefl.

Nah yang penting itu adalah Interview. Ini bagian vital dari proses seleksi. Sebenarnya seleksi CCIP mudah karena yang harus kalian lakukan adalah mempertanggung jawabkan apa yang kalian tulis dalam berkas. Artinya jikalau memang berkas ccip kalian sendiri yang mengisinya dan ide-ide yang ada di esai itu originally from kalian maka saya rasa tidak ada masalah. Interview akan berlangsung sekitar 15-25 menit dan penginterviewnya terdiri dari beberapa orang. Klo tidak salah waktu itu ada 6 orang. Jadi interviewnya berada didalam satu ruangan gitu dengan keenam penginterview tersebut dan bergantian masing-masing akan memberikan pertanyaan seputar apa yang kalian tulis diberkas. Sebagaimana kata-kata anda di berkas mewakili diri anda yang tidak hadir saat seleksi berkas nah pada saat interview inilah waktunya panitia seleksi ingin melihat apakah kesan yang berkas anda tampakkan sebagai representasi diri anda itu benar adanya. Simpelnya seperti ini, saat seleksi berkas, berkas kalian yang berjuang meluluskan kalian nah sekarang saat interview giliran kalian sendiri akan meluluskan diri kalian lewat test interview.

Sinkronisasi antara apa yang ada tulis didalam berkas dan apa yang ada ucapkan saat interview itu menjadi perhatian utama. Untuk tipsnya, usahakan istirahat yang cukup malam sebelum interview dan jangan gugup saat interview. Tentunya gugup tidaknya anda itu bukan persoalan semalam yang biasa anda pelajari dalam sekejap, melainkan akumulasi dari proses pemgembangan diri yang anda lakukan selama ini seperti pengamalaman berorganisasi, pengalaman bekerja ataupun pengalaman di kegiatan social yang dimana mewajibkan kalian berinteraksi langsung dengan orang lain. Hasil dari pengalaman tersebutlah yang merupakan garansi terbesar yang akan membuat anda rileks menjalani interview jenis apapun.

Jikalau ada pertanyaan yang dilontarkan oleh penginterview yang tidak ada diberkas yang anda tulis maka siap-siap saja dengan kondisi tersebut. Dalam kondisi tersebut tetaplah tenang menjawab dan jawablah dengan jawaban yang serasional mungkin. Jawaban rasional adalah apabila jawaban kita itu tidak impossible dilaksanakan dalam kondisi real.

Sampai disini dulu ya…sampai jumpa di postingan pengalaman periodik CCIP 2011 berikutnya…ok

Salam Hangat,                                                                                                                   Makassar, 28 april 2011.

Haeril Halim

About these ads
 
16 Comments

Posted by on April 28, 2011 in CCIP

 

Tags: , , , , , ,

16 responses to “PENGALAMAN PERIODIK CCIP 2011: TES TOEFL ITP DAN INTERVIEW

  1. safrinlabatu

    April 28, 2011 at 8:44 am

    Mantap bro…, kalau boleh saya bilang tips dalam artikel ini sudah membeberkan semua amunisi yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi yg namanya ‘interview’ CCIP, tinggal kembali dari pribadi masing-masing…

     
    • Haeril Halim

      April 28, 2011 at 1:20 pm

      mantap bro..betul skali itu semua kembali kepada diri masing2…makasih bro tuk inputnya…

       
  2. Fendi

    April 28, 2011 at 9:19 am

    Bang, bukan’y sebelum masukin berkas kita sdh harus menunjukkan English proficiency kita dgn melampirkan ITP/TOEFL, etc y bg? berarti masih ada test TOEFL lagi ya bang? Oh ya sehabis 2 tahap itu apa ada test lain’y lg bg? Thanks for sharing :D

     
    • Haeril Halim

      April 28, 2011 at 1:24 pm

      iya fendi akan di tesnya, mgkn untuk melihat brp skor terakhir kita sebelum mereka memutuskan untuk memilih kita apa gak…nanti setelah tahap interview peserta akan dikategorikan menjadi 3 yaitu nominated, alternate n faliled…bagi nominated itu akan menunggu info resmi dr washington apakah mereka eligible menjadi selected apa gak, tp umumnya semua yg nominated itu berangkat so far…..klo alternate itu cadangan jika nanti ada selected candidate yg mengundurkan diri n sebagainya..

      good luck fendi

       
  3. imel

    July 1, 2011 at 7:48 pm

    Mas Haeril, yang dinominated itu berapa banyak ya? supaya ada gambaran probabilitas nih :)
    kemarin ak apply IELSP ga lolos. :(

     
    • Haeril Halim

      July 2, 2011 at 6:08 pm

      halo Imel…nominated itu biasanya tiap tahun sekitar 50an, tp menurut pengalaman 2010 n 2011 semua nominated candidate lolos kok menjadi selected candidate…itu kalau tdk ada pengurangan jatah di washington DC…jd do your best saat interview..ok..good luck..im sure u can make it…

       
  4. gb

    October 16, 2011 at 5:47 am

    yah, yg ini sy mau tahu lebih jauh,, apa ke sana itu biaya mereka yang tanggung… jd kt tinggal persiapkan diri saja kalau demikian,,, thanks for sharing

     
    • Haeril Halim

      October 16, 2011 at 8:57 pm

      good luck

       
  5. ephy

    November 17, 2011 at 7:02 am

    mau nanya dong, maksud nya test TOEFL ITP ini paper-based kah ato computer based yah?? thanks

     
    • Haeril Halim

      November 19, 2011 at 10:09 pm

      ITP itu paper based klo komputer based namanya IBT…

      good luck

       
  6. Eliyan umamy

    November 17, 2011 at 3:09 pm

    Haloo mas..
    aplikasi yg sy kirim utk CCIP kmaren lulus seleksi.., now I’m preparing utk interview dan TOEFL Test. Oya, apa waktu interview, kelancaran berbahasa jg dinilai? trus perkiraan yg ikut seleksi berapa orang dan berapa yg dipilih? emmm, I’ve got your fb account..need more info from you ;) of course, if it’s possible..

     
    • Haeril Halim

      November 19, 2011 at 10:12 pm

      wah selamat ya sdh lulus berkas. iya kelancaran bahasa inggris salah satu penilaian. intinya harus berbicara dengan pelan n jelas jgn terburu2 biar english bisa dimengerti. aq gak tau jumlah yg dipanggil interview brp tp biasanya yg diambil tiap tahun ini 50 org. itupun tergantung jatah yang diberikan oleh US dept of state. so tuk tahun ini gak tau berapa jatah untuk indonesia.

      good luck ya

       
  7. yana

    November 25, 2011 at 10:45 am

    wah congrats eliyan. sukses ya. #sampai saat ini belum ada telp dan email –> belum berjodoh dengan CCIP semoga next nya bisa amiin . :D

     
    • Haeril Halim

      November 26, 2011 at 1:29 am

      amin…tetap semangat ya msh bnyk ksmptn lain..ok

       
  8. gugun

    November 29, 2012 at 2:23 pm

    Salam Bro!
    to the point ya, eh selain kepribadian dan kemampuan personal (english n organisasi). kira kira ad kemungkinan interview berkembang tentang pengetahuan umum/update tentang indonesia dan Amerika gak? Terus karena kita kan menjadi perwakilan Indonesia, apa kemampuan seni budaya juga diperhitungkan/require? oia, Jika kira2 ada lagi yg sangat fatal untuk diperhatikan harap lebih detail dibagi juga. Hahaha.. maaf ni ptanyaannya keroyokan. agak nervous, interview pertama ni :)
    Thanks alot in advace brother Haeril :) god luck always for You.

     
  9. tari

    December 20, 2012 at 9:57 am

    Halo mas Haeril, salam kenal. akhirnya saya menemukan blog ini. Saya hari ini baru mendapat email sebagai nomination. Setelah itu tinggal menunggu dari Washington DC. namun ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan :
    1. Ada form aplikasi ulang, dsana disebutkan bila ada rekomendasi dari interviewer harap direvisi, nah saya dapat masukan untuk mengganti major yg saya ambil, tapi passion saya bukan disitu. bagaimana?
    2. terkait juga dengan pertanyaan no. 1 saya diminta untuk merevisi alasan kenapa memilih field of studynya bukan majornya sementara di aplikasi saya memang sangat spesifik (field of study : media, major PR), apa ada kemungkinan saya dapat media tapi majoringnya bukan yg saya ambil?
    3. Apakah dari nomination bisa batal jadi final candidate bila ada riwayat sakit keras? saya pernah mengalami operasi, apa memungkinkan? Terima kasih banyak mas Haeril. semoga berkenan menjawab :)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 175 other followers

%d bloggers like this: