POIN-POIN PENTING PEMBAHASAN SURAH AL AN’AAM AYAT 6-11 TAFSIR AL MISBAH EPISODE 2 RAMAMDHAN


Sebagaimana postingan kemarin, hari ini saya akan menyimpulkan beberapa poin penting surah Al An’Aam 6-11. Beberapa kesimpulan tersebut berbicara seputar pengambilhikmaan atas peristiwa di masa lalu dan kritik Islam atas rasionalisme:

1. Ada dua cara dalam memperolok-olok yaitu memperolok-olok orangnya dan ajaran yang dibawanya. Rasulullah SAW mengalami kedua hal tersebut. Selalu ada halangan-rintang dalam menyebarkan kebaikan untuk itu niat yang sucilah yang membuat seseorang tetap tegar untuk tetap konsisten.

2. Di dalam Alqur’an begitu banyak diceritakan kejadian-kejadian masa lalu yang dapat di jadikan pelajaran untuk lebih bijak lagi memaknai hidup yang kita jalani. Kejadian tersebut dapat berupa bencana-bencana yang Allah SWT turunkan kedapa kaum kafir yang memperolok-olok ajaran kebenaran yang dibawa oleh Ar Alqur’an. Mereka di binasakan oleh Allah atas dosa-dosa mereka.

3. Diturunkannya bencana terhadap suatu kaum bisa berdasarkan atas dosa yang mereka perbuat tapi hal tersebut tdk selamanya berpola demikian. Penuruan azab atau bencana bisa karena ada maksud tertentu yang bisa kita petik darinya. Contohnya: gempa di daerah tandus bukan bisa membuat daerah tersebut subur pasca gempa dan penduduknya pasti lebih mudah untuk bercocok tanam. Jika kita perhatikan pola bencana itu seperti sebuah pola sirkular atau layaknya sebuah sirkulasi dari arah yang buruk ke arah yang baik, dari kondisi jelek ke kondisi yang lebih baik. Hanya orang yang menggunakan akal-hati yang mampu mengambil hikmah dari apa yang terjadi.

4. Hidup ini adalah ujian. Ajaran materialisme menekannkan terhadap apa yang bisa disaksikan oleh indra dan sesuatu diluar itu akan dinegasikan. Islam juga mengajarkan untuk menggunakan rasio sebagaimana yang dilakukan penganut rasionalisme yang mematerikan segala hal karena sesungguhnya di dalam islam dikenal dua kondisi yaitu kondisi materil, atau perasionlasisaian apa yang nampak dan kondisi metafisis atau pemercayaan terhadap hal-hal yang tidak tampak secara fisik yang diajarkan oleh Al Qur’an. Logika simple tentang ujian ini adalah, orang mentaati peraturan jika ada polisi tapi ketika berada di dalam kondisi yang tidak terjaga oleh polisi maka disitulah letak ujian yang sesungguhnya. Itulah mengapa Allah menciptakan hal-hal metafisis yang tidak bisa disaksikan langsung oleh indra atau tidak bisa dimateriaslisasi. Jadi seorang muslim sejati akan bersifat rasional dan memiliki kepekaan hati yang kuat atau dengan kata lain tidak menuhankan rasionnya karena sangat jelas bahwa indra ini sangat terbatas dalam memahami fenomena yang ada disekitar kita.

5. Kondisi yang baik vs yang buruk, yang diolok-olok vs yang mengolok-olok, fisik-metafisik, adalah sebuah kondisi dikotomies yang dikenalkan oleh Levi Straus dengan teori oposisi binernya ternyata jauh sebelumnya dijelaskan oleh Al Qur’an lewat fenomena-fenomena masa lalu. Kondisi dikotomis tersebut lahir dari sebuah “state of affair” atau kondisi yang berselisih faham satu sama lain. Seperti halnya antara Alam dan peradaban pastilah muncul hal-hal dikotomis yang telah dibangun oleh manusia sesuai dengan kepentingannya. Oleh karena itu dibutuhkan sikap kritis dalam melihat fenomena oposisi biner ini.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankannya. Semoga puasa kali ini bis membawa kita ke posisi taqwa yang sesungguhnya..amin..

*Hasil summari ini bukanlah “copy paste” dari kesimpulan yang disebutkan oleh bapak Quraishihab pada akhir acaranya. Penulis telah membahasakannnya dan telah meparaprasekan sedemikian rupa. Atau dengan kata lain penulis mengambil kesimpulan dari acara tersebut dan berusaha membahasakannya dalam style penulis. Hal tersebut membuat tulisan ini “discussable”.

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

One thought on “POIN-POIN PENTING PEMBAHASAN SURAH AL AN’AAM AYAT 6-11 TAFSIR AL MISBAH EPISODE 2 RAMAMDHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s