SUMMARI PROGRAM TAFSIR AL MISBAH EPISODE 5 RAMADHAN


Guys, gak terasa hari ini sudah puasa ke 5 Ramadhan. Moga kita diberi kemudahan dalam berpuasa hingga akhir ramadhan nanti. Amin. Well, sebagaimanA hari ini sudah puasa ke 5 demikian juga pembahasan program tafsir Al Misbah sdh memasuki episode ke 5 dan masih tetap membahas tentang kandungan surah Al An’ Anm. Berikut adalah summarinya:

1. Tak ada yang meragukan keindahan kandungan isi Al Qur’an tak terkecuali orang-orang kafir arab di masa lalu. Tapi kesan indah terhadap kandungan Al Qur’an tetap tidak membawa cahaya bagi sebagian dari mereka . Ada yang serius mempelajarinya dan mendapat hidayah dan ada juga yang dengan tekun mempelajarinya serta memiliki pemahaman yang sangat baik tentang Al Qur’an tapi dengan tujuan mencari kelemahan dan membuatnya sebagai bahan olok-olokan buat mereka yang kafir. Fenomena seperti ini masih terjadi hingga saat ini seperti yang dilakukan oleh banyak orientalis tapi tidak sedikit juga dari mereka yang menemukan hidayah dalam usahnya memahami Al Qur’an.

2. Bagi mereka yang kafir, hati, mata, telinga mereka telah tertutup oleh perbuatan mereka sendiri sehingga mereka tidak peka terhadap cahaya kebenaran. Hal ini banyak terjadi di kalangan masyarakat arab di masa lalu, mereka banyak menikmati isi Al Qur’an tapi tidak sedikitpun tersentuh olehnya padahal mereka mengakui keindahan kandungan Al Qur’an.

3. Pengibaratan bagi kesenangan hidup orang kafir adalah mereka layaknya memerankan kehidupan yang indah tapi tidak pada tempatnya. Sebagaimana sesuatu yang tidak pada tempatnya maka tidak akan berlangsung lama dan pasti akan berpindah ke tempat yang kekal.

4. Dalam bahasa arab kata “akal” berarti mengikat. Hal ini memberikan kita pemahaman bahwa akal itu adalah alat yang mengikat manusia untuk tidak mendekati hal-hal yang terlarang atau kejahatan. Kekuatan akal akan menghasilkan pengetahuan dan kekuatan hati akan menghasilkan keimanan. Kombinasi keduanya sangat dianjurkan sebagai seorang muslim.

Sekian tuk summary kali ini. Sampai jumpa esok..OK

Salam Hangat,
Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s