SUMMARI PROGRAM TAFSIR AL MISBAH MENGENAL SURAH AL AN’ANM EPISODE 8 RAMADHAN


Guys, pada episode 8 ramadhan kali ini dapat kita ambil beberapa poin penting yaitu:

1. Allah menurunkan ujian bagi mereka yang belum mendapatkan hidayah dengan harapan mereka bisa mengambil pelajaran dari apa yang mereka alami dengan begitu mereka akan menjadi orang yang mengagungkan kebesaran Allah. Jadi jangan berprasangka buruk terhadap cobaan yang datang menimpa kita. Janji Allah adalah pengabulan doa bagi mereka yang meminta tatkala tertimpa suatu bencana.

2. Setan selalu memperindah keburukan terhadap mereka yang kufur. Itulah mengapa jaman sekarang banyak yang bangga melakukan sesuatu yang tidak benar. Publikasi berita tentang perceraian, perselingkuhan secara terang-terangan seakan sudah hal biasa bagi orang-orang saat ini. Demikian juga saling berbuka aib bagi mantan suami/istri setelah mereka bercerai. Bahkan ada yang bangga dengan perbuatan buruk yang mereka lakukan.

3. Zalim itu siapa yang menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Tiada orang yang merugi selain orang yang zalim. Puncak kezaliman itu mempersekutukan Allah baik dalam skala kecil maupun besar. Banyak orang zalim mengaku muslim padahal mereka tidak mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya.

4. Janganlah memahami Al Qur’an secara parsial karena antara satu ayat dengan ayat yang lainnya saling berhubungan jadi kemampuan untuk memahami Al Qur’an secara komprehensive sangat perlu kita lakukan. Untuk itulah bacalah Al Qur’an dan selami maknanya. Kebanyakan dari kita hanya mengaji (membaca Al Qur’an) tanpa mengkaji kandungannya.

5. Islam membenarkan bekerja sekuat mungkin dan mendapatkan rejeki sebanyak mungkin dan menganjurkan sifat “cukup” dan saat mencapai perasaan cukup itulah kita sangat dianjurkan untuk berbagi terhadap sesama.

6. Siksa/cobaan Allah itu tidak datang dengan tiba-tiba semuanya melalui proses dan berbagai perantara. Yang bisa memahaminya hanya mereka yang mampu membaca tanda-tanda kebesaran Allah.

7. Allah sangat senang kepada hambaNya yang meminta kepadanya maka mintalah kepada Allah niscya akan dikabulkan.

Demikian summari tuk episode 8 ramadhan kali ini, InsyaAllah kita berjumpa lagi besok di episode 9 ramadhan..see you..wsslm..

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S. k

2 thoughts on “SUMMARI PROGRAM TAFSIR AL MISBAH MENGENAL SURAH AL AN’ANM EPISODE 8 RAMADHAN

  1. Alhamdulillah….dpt pelajaran lagi…posting tiap hari y…soalx aq kadang g bs tiap hr nonton pembahasan tafsir Al Misbah kr lg nyiapin sahur…thx b4

    • terima kasih telah mengunjungi blog ini..insyaAllah jika diberi kesehatan dan kesempatan setiap hari akan ada summari segere setelah program tafsir al misbah ditayangkan..terima kasih atas komentarnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s