SUMMARI PROGRAM TAFSIR AL MISBAH MENGENAL SURAH AL AN’ANM EPISODE 9 RAMADHAN


Berikut adalah beberapa poin penting dari episode 9 ramadhan:

1. Esensi tugas profetik adalah penyampaian risalah tanpa ada pemaksaan. Penyampaian risalah kepada seluruh manusia tentang apa yang benar dan tidak benar dan memberikan kebebasan kepada seluruh umat manusia untuk memilih jalan hidup mereka, apakah sesuai dengan risalah atau bertentangan dengan risalah yang ada.

2. Orang fasik adalah orang-orang yang mendutakan ayat-ayat Allah dan boleh jadi sebagian dari orang-orang ini adalah berasal dari kaum kita sendiri, orang yang mengaku muslim tapi tidak pernah memuslimkan dirinya lahir batin.

3. Ibarat orang yang mengabaikan wahyu adalah orang yang menolak cahaya. Sifat cahaya itu tidak diskriminatif, artinya mampu menerangi apa saja, adapun jika ada yang tidak terkena cahaya maka berarti dia tidak mau pindah ke arah dimana cahaya itu datang. Segelap apapun suatu benda maka akan menjadi terang benderang dengan adanya cahaya.

4. Adanya peringatan Allah lewat wahyu adalah bentuk kasih sayang Allah kedapa hambanya sebagaiman orang tua yang selalu membimbing dan mengarahkan anaknya dalam setiap prilakunya sejak kecil hingga dewasa.

5. Perlakukan orang sesuai lahirnya selebihnya serahkan ke Allah. Urusan ihklas hanya Allah yang tahu. Apabila niat kita untuk berbuat baik batal dikarenakan dipikiran kita mereka tidak ihklas maka kita tidak bijak terhadap sesama sebagaimana ukuran keihklasan seseorang adalah rahasia Allah.

6. Tidak ada hubungan antara kepemilikan harta benda dengan besarnya hidayah. Boleh jadi mereka yang miskin memahami lebih banyak hidayah Allah sedangkan mereka yang kaya tidak mampu mengenali hidayah Allah.

7. Bersedih itu manusiawi tapi larut dalam kesedihan itu yang dilarang. Bahkan Rasulullah pun mengalami fase-fase sedih dalam hidup beliau sebagaimana manusia biasa pada umumnya. Perbedaan Muhammad SAW dengan kita sebagai manusia biasa hanya terletak pada kepemilikan wahyu.

Sekian dulu tuk summari kali ini sampai jumpa besok..OK

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

5 thoughts on “SUMMARI PROGRAM TAFSIR AL MISBAH MENGENAL SURAH AL AN’ANM EPISODE 9 RAMADHAN

    • Thanks Safrin tuk kunjungannya di kolom “indahnya berkomentar”. yup that’s one of the reasons why I make this kind of post agar tmn2 yg tdk sempat nton programnya setidaknya bs tau sdkt ttg topik dr pembahasan tafsir al misbah tiap harinya selama ramadhan..

  1. Haaa.. Trxta bisa.. Baiklah !!!

    Poin ke 7 :
    Bersedih i2 manusiawi tpi larut dlm kesedihan i2 yg di larang…

    Betul skali.. Untk apa trlalu larut dlm kesedihan, hax akan mengurangi kebahagiaan kita sja… Dan baxk hal2 indah yg kita lewatkan jika hax ingn hidup dngn kesedihan..
    Hdp ini indah jngnlah jngn di bwt suram..

    Bersedihlah saat ini saja dan tunjukkan kebahagiaanmu setelahx !!!

    Skian dan trima kasih.

    • Alhamdulillah akhirnya bs..hehheheh..

      iya poin ke 7 itu sangat mengena dan kadang terabaikan bagi banyak org…hidup ini terlalu indah tuk dibuat sedih, iya kan???

      untuk itulah perindahlah hidup dengan banyak berbuat manfaat kpd sesama..

      Thanks Dhyla

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s