SUMMARI PROGRAM TAFSIR AL MISBAH MENGENAL SURAH AL AN’ANM EPISODE 10 RAMADHAN


Beberapa poin tuk episode 10 ini yaitu:

1. Janganlah kita balas perbuatan buruk seseorang dengan perbuatan buruk. Hal ini didasarkan pada sifat Allah yang paling dominan adalah pemberi rahmat. Dengan tidak membalas perbuatan buruk seseorang maka Allah akan memuliakan kita dengan rahmatnya.

2. Kita bisa segala mempelajari hal bahkan mempelajari sesuatu yang buruk sekalipun dengan alasan untuk lebih mengenalnya agar bisa menjauhinya dan tidak melakukannya.

3. Islam adalah agama yang terbuka segala macam masukan yang berifat memperbaiki atau memperindah maka boleh dilakukan asalkan tidak bertentangan dengan nilai-nilai dasar atau fundamental agama islam yaitu ajaran tauhid.

4. Gaib itu terbagi dua, gaib relatif dan gaib mutlak. Kapan si A meninggal adalah gaib relatif setelah si A meninggal. Sedangkan gaib mutlak adalah esensi kebesaran Allah SWT.

5. Seorang diberi kesempatan untuk melakukan ijtihad terhadap hal-hal yang secara eksplisit dijelaskan di Alqur’an tapi pada dasarnya esensi semua perilaku manusia diatur oleh al qur’an.

Sekian tuk summari kali ini..thanks..wassalam

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

4 thoughts on “SUMMARI PROGRAM TAFSIR AL MISBAH MENGENAL SURAH AL AN’ANM EPISODE 10 RAMADHAN

  1. Tpi aq blum prn brhasil mengendalikan emosi, nnti klo aq sdh brhasil mengendalikan emosi km akan ku britahu untk brbagi kesenangan i2….

    Heheeheehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s