SUMMARI TAFSIR AL MISBAH MENGENAL SURAH AL AN’ANM EPISODE 14 RAMADHAN


Berikut adalah poin-poin penting di episode 14:

1. Kepemilikan mutlak Allah SWT atas apa yang ada di langit dan di bumi. Dan manusi sebagai khalifah di dunia ini wajib menjaga keseimbangan segala ciptaan Allah SWT untuk kehidupan bersama.

2. Umat nabi Ibrahim pada masa lalu ikut ajaran yang dibawah oleh nabi Ibrahim tapi tidak mengesakan Allah SWT.

3. Tingkatan yakin ada tiga yaitu
a. Ilmul Yakin : Keyakinan ini bisa dianalogikan dengan orang yag belum pernah ke Jepang tapi yakin bahwa Jepang itu ada.
b. Ainul Yakin : Ibarat seorang yang sudah ke Jepang kemudian yakin bahwa Jepang itu ada. Yakin setelah merasakan tanda-tanda kebesaran Allah.
c. Hakkul Yakin : Jenis yang ke tiga ini keyakinan yang paripurna meyakini Allah dengan segala ketulusan hati tanpa harus melihat Allah secara kasat mata.

4. Allah berfirman dalam Al Qur’an “Saya menghadapkan “wajahku” kepada hambaku yang bersujud kepadaku”/ inni wajjahtu wajahiya….”. menurut para ulama terdahulu kalimat ini tidak memberi kesan bahwa Allah itu menempati ruang dan waktu . Firman ini menegaskan totalitas kekuasaan Allah yang datang dari sudut manapun hambanya mengarah.

5. Allah berfirman “bacalah dengan nama tuhanmu yang maha mencipta”. Dari firman ini Allah menarik perhatian kita dengan kata “mencipta”. Hal ini mengindikasikan kepada kita bahwa kita dituntut untuk mengeali Allah dengan melalui ciptaannya.

6. Umat terdahulu diajarkan oleh nabi mereka denga seruan “sembahlah tuhan kamu”. Penggunaaan kata kamu karena tingkat intelektual umat pada saat itu sangat rendah. Sedangkan setelah agama samawi turun yang dibawa oleh Ibrahim dan Rasulullah seruan tersebut meluas seiring berkembangnya kemampua berfikir umat dengan seruan “Serulah kalian kepada Tuhan pencipta Alam semesta”. Di sini manusia dituntut untuk mengenali Allah melalui ciptaannya yang ada di langit dan di bumi.

Sekian tuk summari kali ini..Wslm..

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s