Summari Tafsir Al Misbah Episode 17 Ramadhan


berikut adalah poin-poin penting episode 17 ramadahan:

1. Al Qur’an adalah rahmat sekaligus peringatan bagi mereka penduduk dan yang menuju “ummul qura”. Kata “ummul qura” digunakan untuk menggambarkan status kota mekkah pada saat itu yang menjadi pusat segalanya. orang-orang berbondong-bondong menuju makkah.

2. Hal tersebut di atas dibuktikan oleh penelitian mutakhir yang menyatakan bahwa makkah itu pusat dunia dan inilah yang menjadi perdebatan saat ini untuk menjadikan makkah sebagi pusat dunia melalui MMT, Makkah Mean Time untuk menggantikan GMT London.

3. Begitupun umat muslim sejak dipindahkannya kiblat ke Mekkah maka kota tersebut menjadi kiblat seluruh umat muslim untuk melaksanakan sholat. Tidak hanya itu, makkah juga pusat penyelenggaraan ritual haji yang diturunkan oleh nabi Ibrahim. Jadi apa yang dijelaskan al Qur’an tentang makkah sebagai “ummul qura” masih bertahan hingga saat ini bahkan diperkuat oleh sejumlah penelitian mutakhir bahwa makkah sebagai kawasan strategus tuk menjadi pusat dunia.

4. Al Qur’an juga digambarkan sebagai Hudanlinnas atau petunjuk bagi semua mahluk. Tapi ironisnya ada sebagian orang yang menolak petunjuk tersebut dan ada juga yang cuman sekedar mengetahuinya tanpa meyakininya seperti kalangan ilmuan yang mempelajari Al Qur’an dengan seksama tapi tidak sedikit juga dari mereka yang mendapatkan hidayah dari usahanya melakukan penelitian terhadap Al Qur’an.

Sekian tuk summari kali ini..wassalam..

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s