Summari Program Tafsir Al Misbah Episode 19 Ramadhan


Berikut ini beberapa poin penting episode 19 Ramadhan:

1. Beberapa orientalis mengatakan bahwa Al Qur’an itu jiplakan Muhammad dari kitab-kitab terdahulu. Sesungguhnya apa yang mereka katakana sebagai jiplakan adalah karena sumber semua kitab suci agama samawi yaitu Allah SWT. Sesungguhnya itu bukan ciplakan tapi penekanan esensi yang dilakukan Rasulullah berdasarkan kontek sosialnya pada waktu itu. Dengan logika sederhana, ada dua orang menggambar pantai losari dengan kualitas gambar yang hampir sama sesungguhnya kedua orang tersebut tidak saling mencontek satu sama lain melainkan menggambar dari suatu sumber yang sama. Bahkan orang kafir pada waktu itu menuduh Al Qur’an berisi omong kosong dari nenek-nenek mereka terdahulu.

2. Janganlah memaki orang-orang yang menyembah selain Allah karena itu bisa menjadi sebab mereka memaki Allah. Prinsip dalam dakwah adalah jangan pernah memaki dan mengklaim seseorang kafir atau mengklaim seseorang masuk surge karena prinsip damai adalah cirri khas agama Islam.

3. Segala perbuatan manusia akan dihizab walaupun itu sebesar biji Zarrah.

4. Dendam akan selalu menghasilkan dendam dan tak akan pernah terselesaikan.

5. Skil berkomunikasi adalah salah satu keterampilan dalam menolak kepada kemaksiatan atas nama pertemanan atau kekeluargaan yang kadang dilakukan oleh sekelompok orang. Contohnya pada suatu pesta atas nama pertemanan atau kolega kita dianjurkan untuk meminum seteguk anggur, maka tolaklah dengan cara baik-baik dengan menjelaskan kepada mereka bahwa agama kita melarang untuk mengkomsumsi khamar. Sesungguhnya teman yang baik adalah mereka yang mengerti terhadap apa yang kita yakini.

6. Allah ingin kita percaya kepadaNya atas dorongan hatinya yang ihklas.

Sekian..wsslm..

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

2 thoughts on “Summari Program Tafsir Al Misbah Episode 19 Ramadhan

  1. nice blog…
    alhamdulillah sy msh bisa mengikuti tafsir al-misbah melalui blog ini disela2 kesibukan yang hampir tdk ada wktu luang untuk nonton tv…
    sukses buad kak haeril…wass

  2. makasih atas kunjungan dhila ke blog ini. Senang mendengar bisa berbagi info melaui postingan ini, insyaAllah setiap hari hingga akhir ramadhan akan ada summari tafsir Al misbah semoga bisa terlaksana hingga akhir. ..terima kasih dhyla tuk salam suksesnya..sukses juga buat sluruh kegiatannya..OK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s