BERBAGI PENGALAMAN: PENGALAMAN PERIODIK IELSP (TAHAP 1)


Sebagaimana hidup adalah sebuah proses maka seluruh proses yang ada di dalam hidup ini harus kita sadari sebaik mungkin untuk bisa menghidupi hidup ini dengan penuh kesadaran. Sebagai seorang mahasiswa tentunya mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri adalah salah satu harapan yang bisa membuka mata kita akan dunia ini agar bisa lebih “open minded”. Ada berbagai macam kesempatan yang ditawarkan seperti beasiswa pendidikan setingkat S1, S2, S3 dan juga beasiswa short course yang biasanya berlangsung sekitar dua bulan.

Sebagai alumni International English Language Study Program atau lebih popular dengan sebutan IELSP yang mendapatkan kesempatan belajar bahasa inggris dan kebudayaan Amerika di Ohio University selama dua bulan, saya berkewajiban secara moral untuk berbagi informasi tentang IELSP kepada teman-teman yang lain yang belum dan yang ingin mengetahui IELSP lebih lanjut. Program full-funding-short-course ini disponsori oleh United States Department of State. Untuk informasi lebih lanjut tentang IELSP teman-teman skalian bisa mengungjungi website http://www.iief.or.id. Selain IELSP di webiter tersebut kalian bisa mendapatkan beragam informasi mengenai beasiswa lainnya dan berbagai program khusus dan training diselenggarakan oleh IIEF.

Sungguh bagi saya pribadi pengalaman IELSP adalah salah satu yang terbesar dalam hidup saya yang akan terus memacu saya untuk selalu mendapatkan yang terbaik. Pengalaman berburu beasiswa adalah salah satu fase hidup seorang mahasiswa yang ingin mengecap pendidikan di luar negeri. Dan pada akhirnya jika berhasil mendapatkan beasiswa yang kita impikan tentunya itu bukan hasil akhir yang harus kita berpuas akannya dan tidak melakukan apa-apa lagi. Mendapatkan beasiswa adalah reward terhadap fase hidup kita dan hal tersebut sebagai pemicu tuk lebih baik lagi di fase-fase berikutnya.

Sebagaimana pengalaman IELSP itu bagi saya sebagai pengalaman periodic, bukan sesuatu yang instan maka dibutuhkan keseriusan dan usaha yang sungguh-sungguh untuk mendapatkannya. Untuk itu di positngan kali ini saya akan berbagi pengalaman secara periodik juga mulai dari tahap mendapatkan informasi, proses mengerjakan aplikasi, mengirim aplikasi, menunggu pengumuman interview, sebelum interview, setelah interview, dan persiapan sebelum berangkat serta masih banyak lagi. Untuk itu kita mulai saja dari yang pertama:

1. Mendapatkan Informasi
Mendapatkan informasi secara rutin adalah sangat penting dalam mencari beasiswa. Ada beberapa cara mendapatkan informasi yaitu melalui website, teman, para alumni beasiswa tersebut dan melalui pamphlet yang ditempel dipapan pengumuman di kampus-kampus. Rajin-rajinlah mencari informasi dari beberapa sumber tersebut. Untuk informasi mengenai IELSP kalian bisa mendapatkan infonya melalui website http://www.iief.or.id. Juga kalian bisa mendapatkan info IELSP dari teman-teman yang mungkin pernah membaca atau mendapatkan informasi mengenai IELSP sebelumnya. Atau cara terampuh yang lebih baik adalah mengubungi alumni-alumni IELSP di wilayah kalian. Khusus untuk Makassar kalian bisa dengan mudah mendapatkan infomasi dari para Alumni IELSP Makassar yang tersebar di berbagai kampus di Makassar diantaranya itu di kampus Universitas Hasanuddin, UNISMU, dan UIN. Untuk wilayah Makassar khususnya Unhas kalian bisa menanyakan seputar IELSP kepada saya bisa melaui blog ini, bisa juga via email haeril_halim@yahoo.com, atau via akuan fb saya “Haeril Halim”. Untuk emergensi dan quick respon kalian bisa menghubungi saya di nomor ini 08981553616. Jangan lupa kalau mengirimkan pesan cantumkan nama dan asal kalian biar komunikasinya lebih lancar.OK
Untuk mendapatkan formulir kalian bisa menguploadnya lansung di website http://www.iief.or.id atau bisa menghubuing saya via email diatas dan segera saya akan mengirimkan formnya ke email kalian.

Eits, gak terasa sudah mau buka puasa, ya terpaksa deh sampai di sini dulu postingannya. Sampai jumlah di PENGALAMAN PERIODIK IELSP TAHAP DUA..ok

Salam Hangat,
Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

71 thoughts on “BERBAGI PENGALAMAN: PENGALAMAN PERIODIK IELSP (TAHAP 1)

  1. wkslm..Hi far.mksh tuk kunjungannya..formnya sdh sy kirim ke emailnya farah…good luck..klo ada yg mau dutanyakan fell free to let me know..ok

  2. Asslmalkm…

    salam kenal,

    sekarang saya semester 9 dan sedang dalam proses menyelesaikan skripsi,
    apa dlam keadaan ini saya diperbolehakn untuk mendaftar di program IELSP?
    bagaimana kalau sebelum berangkat saya sudah diwisuda?

  3. wsklm. hi Reza mksh tuk kunjungannya di blog sy. Oh ya reza boleh mendaftr dengan syarat belum sidang skripsi. Kasus persis seperti Reza dan wkt itu sy tunda untuk ujian skripsi. Baru setelah pulang sy ujian sidang trus wisuda. Mengapa harus sebelum ujian sidang? krn beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa, kalau sudah ujian skripsi kan statusnya bukan mahasiswa lagi. Sebagain tambahan info, pemenang beasiswa ini akan berangkat akhir februari..

    jika masih ada yg ingin ditanyakan feel free tuk bertanya di blog ini atau email ke haeril_halim@yahoo.com. dan untuk quick reply bisa sms ke nmr sy 08981553616..ok

  4. assalamu’alaikum…
    bro…. waktu wawancara kira-kira seputar apa aja ??
    saya juga bingung bro aspek penilainnya tu apa aja.. soalnya kan ini pelatihan bhs inggris .. jadi apakah orang yang lancar berbahasa inggris .. ato orang yang g bisa bahasa inggris ..
    thx b4…

  5. wkslam..wawancara itu biasanya berupa pertanyaan yg muncul dr berkas kita(application form) trus berkembang menjadi beberapa hal spesifik tergantung topik yg kita bicarakan..intinya siap sj krn paling yg ditanyakan hal2 umum n jg bisa muncul pertnyaan leadership..

    trus aspek penilaian itu penggabungan antara nilai berkas dan hasil wawancara..

    beasiswa ini adalah beasiswa shortcourse yg dmn peserta IELSP akan mengikuti kursus intensive bahasa inggris di universitas ternama di amerika selama dua bulan..minimal mereka yg bisa berbicara dan mengerti ketika mendegar org berbahasa inggris krn semua aktivitas kursus dalam bahasa inggris..masalah fluensy bukan faktor utama..

  6. asslamualaikum..
    kak..boleh tw deadline program IELSP untuk tahun 2011???soalx klo untuk tahun ini blum bisa..berkasx blum lngkap..

    • wkslm…hi makasih tuk kunjungannya ke blog sy..oh ya pengumuman untuk IELSP cohort 9 belum ada, InsyaAllah akan diumumkan di 2011 nanti..berkas apanya yg belum lengkap? msh ada wkt seminggu..urus berkas dan ngerjain application formnya klo dikerjakan serius dan konsen paling bisa slesai 2-3 hari..

      • blum tes toefl..jd untuk wktu dekat ini blum bisa..
        skrag cohort berapa ya???trus cohortt selanjutx kapn??
        thnx infox kak..

    • untuk IELSP kamu boleh mengirimkan application form km kalau seandainya score toef km belum keluar atau baru akan mau tes toefl. untuk kondisi spt ini km bisa isi diapplication form di kolom yg menyatakan km sedang menunggu score toefl km tp jgn lupa isi kapan km akan tes toef (tanggal, bulan dan tahunnya) dan sebutkan nama institusi dmn kamu akan tes toefl.

      skrg cohort 8..belum ada jdwl yg pasti untuk cohort 9, jd mending ikut sj tuk cohort ini jgn lewatkan kesempatan yg berharga ini..

      good luck..

  7. saya mau tanya, rencananya yang cohort 8 saya mau nyoba ikut, tapi kurang satu berkas yaitu TOEFL-ITP, btw, harga tesnya berapa ya kalo di IIEF?

    dulu pending sidang skripsinya ya demi ini?

    • Hi. Yasser makasih tuk kunjungannya ke blog sy dan mksh jg tuk minatnya pada ieslp..

      berkasnya kirim aja tp jgn lupa isi pada bagian yg menyatakan km sedang menunggu toefl score km dan cantumkan kpn dan dmn km akan toefl. untuk harga toefl di iief sy kurang tau krn domisili sy di makassar. tp sy liat di web iief klo gak salah harga tesnya 30 dollar, gak tau sistem pembaranya gmn. tp umumnya akan di conversi ke rupiah.

      Iya benar sy pending sidang wkt itu untuk IELSP soalnya pengalaman IELSP sangat berharga dan worted untuk diperjuangkan.

      ingat deadlinenya tgl 18 oktober 2010, tinggal bbrp hr lg. berkasnya paling lambat harus nyampe di IIEF hari senin sebelum kantor IIEF tutup.

      kalau masih ada pertanyaan feel free tuk bertanya..OK..Km jg bisa bertanya via sms tuk quick respon..OK..

      Good Luck Yasser

    • Hi, Andhie..makasih tuk kunjungannya..

      oh ya biasanya IIEF akan menelpon aplicant yg dinyatakan lolos berkas 2 sampe 3 minggu setelah deadline..

      good luck ya semoga bisa ikut interview..sy tunggu kabar berikutnya..

      cayoo..

    • wah selamat ya Wayan km sudah lolos berkas,,,

      siapkan mental sj, dan jawab semua pertanyaan interviewer dgn baik, umumya mereka akan menanyakan kembali apa yg kita tulis di essay di application form jadi jangan sampai menjwab berbeda. biasanya juga muncul pertanyaan lain itu tergantung flow interviewnya spt apa..

      skali lg sukses ya semoga bisa lolos interview dan menjadi penerima beasiswa IELSP cohort 8..amin..

  8. mas saya masih nunggu hasil toefl utk apply yang tanggal 18 okt 2010 kemarin.. itu paling lambat biasanya kapan ya? pengumumannya kapan?

    • hi Alice..makasih tuk kunjunganya ke blog sy..

      oh ya pengumumannya sekitar 2 hingga 3 minggu setelah deadlinye..untuk toeflnya gak usah khawtr IIEF langsung mengcopy hasil TOEFL km kok soalnya smua TOEFL ITP di Indonesia pusatnya di IIEF Jkt..

      sukses ya..sy tunggu kabar selanjutnya..

  9. salam kenal…
    alhamdulilah nih saya di tlv untuk wawancara..

    mau tanya ttg pertanyaan di wawancara, saya lupa untuk meng copy essay yg saya kasih ke IIEF, agak” lupa ttg detail apa saja yang saya tulis…

    disana nanti bakalan dikasih lagi ga essay applicant nya ke kita?

    makasih atas infonya..

    • Halo Winda selamat ya km sudah lolos berkas..

      oh ya IIEF gak akan ngasih essay kita kembali itu, km gak punya soft copynya gitu?

      klo gak ya brarti km siap2 aja dengan segala macam pertanyaan dr interviewer, asalkan winda yg buat essay di application form kemarin sy yakin winda bisa menjawabnya dengan baik at leas secara umum jawabannya sama dengan apa yg tertulis di essay winda..ok

      good luck ya tuk interviewnya..

  10. sedih bgt rasanya…teman2 dpt telp utk test wawancara,,tp sya ga dapat,,,
    krn toefl saya pas2an kali ya mas..

    huhhh.padahal tahun ini lah tahun terakhir saya bisa ambil kesempatan,,krn taun depan udh g masuk kriteria lg umur…

    hoooohoooo Bencccciiiiiiiiiiiii

    • yg sabar ya Sean, msh banyak kok beasiswa lain..di blog ini ada bbrp info beasiswa yg mungkin cocok..km cek aja…ok

      tetap semangat ya Sean

  11. ASSALAMUALAIKUM KAK..
    saya suudah dapat telpn dari IELSP dan interviewnya tgl 12 desember.
    kak,bisa kirimkan bentuk2 pertanyaan yang muncul?
    MAKASIH…

    • Halo Aulia,,tuk tips2 interview IELSP km baca aja postingan terbaru sy di blog ini..ok

      sukses ya..sy tunggu kabar selanjutnya..

      cayoooo!

    • Halo Aulia..

      selamat ya udah lolos berkas..oh ya km baca aja postingan terbaruku ttg Tips interview IELSP di blog ini..ok

      sukses ya interviewnya n sy tunggu kbr selanjutnya..oK

  12. mas saya sudah interview td pg setelah interview biasanya pengumumannya berapa lama? terus ada tahapan tes lagi tidak?
    sebelumnya terima kasih…

    • Halo Ridho, lucky you interview ini tahap trakhir jadi insyaAllah IIEF akan mengumumkan hasilnya 2 hingga tiga minggu setelah selesai interview, pengalaman seperti tahun2 sebelumnya pengumumannya itu selalu di bulan desember..sukses ya semoga bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IELSP cohort 8 tahun ini..amin,,,

  13. Assalammu’alaikum kak
    aga kareba kak? (i learned this by my visit makassr before and makassar is wonderful) wah,heru telat nemu blog ini setelah heru wawancara jumat (12/11) kemarin.alhamdulillah lancar,moga berjalan baik ya teman2,mohon doanya. kak,makasih banyak blognya.berguna bgt.

    salam hangat
    heru junaidi
    banda aceh

    • Wkslm..halo Heru alhamdulillah kareba madecemmoa (means that I am fine hehehhe)..sebelumnya makasih ya tuk kunjungannya ke blog sy..

      insyaAllah sy pasti doakan semoga Heru bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IELSP cohort 8 tahun ini..amin..tetap optimis n semangat..

      next time klo main ke makassar lagi just let me know sj ya ntar sy antar keliling makassar..hehheeh..ok

      Cayoooo!

  14. assalamu alaikum kak🙂
    kemarin aku juga ud di tlp untuk wawancara..tapi yg wawancara katanya dari Makassar yg ditugaskan langsung dri IIEF, aku wawancaranya by Phone kak..emang sblum2nya ad yg sprti itu??tpi sblumnya IIEF juga kasi kbrnya kyk gitu bahwa sy akan diwawancarai by phone..kalo kk kmrin wawancra via apa??

    • Wkslm..halo Yovita..iya ada kok kasus seperti itu, biasanya di wilayah yang peserta interviewnya kurang jadi dilaksanakan via phone aja…ada jg tmn yg lulus lwt interview telpon spt itu..emang wilayahnya di mana? penginterview dr makassar itu siapa namanya? sy kemarin wawancara langsung dengan 30 peserta lainnya di kampus Unhas..

      selamat menunggu pengumuman ya semoga bisa menjadi salah satu grantee IELSP cohort 8 tahun ini..amin..

  15. Ooh,heru pikir jawabannya cuma satu, baji bajiji.hehehe

    btw,makasih ya kak.iya neh lagi nabung buat nikmatin kuliner kota makassar yg banyak bgt (coto makassar, sop konro, dll) trus tempat2nya yg asyik.dulu heru nginap di hotel dekat pantai losari depan kantor koran sindo (lupa namanya)
    waaaah,makasih banyak kak doanya,heru pengen bgt bisa ikuti jejak kkak.sukses terus ya kak.amin

    salam hangat
    heru junaidi
    banda aceh

  16. wah..aku lupa sapa namanya🙂 ibu-ibu pokoknya😀 aku dari Palu kak…setahuku sih kemarin dari smua temen2ku yg ikutan, cuma aku yang lolos tahap pertama..alhamdulillah banget..

    Amienn atas doanya kak…pengen banget soalnya :))
    pengumumannya via tlp atau gimana kak?? trims🙂

  17. SALAM HANGAT DARI KOTA MEDAN

    Bang.. aq cory yang comment diatas, setelah lulus berkas dan interview tgl 11 november 2010 semalam tepatnya tanggal 23 november 2010 aq di hubungi lagi, ditanya GRADUATION PLANNYA???
    pertama qu jawab bulan 7 tahun 2011 ni.. tapi setelah ku tanya PUDEK III bahwasannya ada wisuda bulan 1, 4, 7, 10, dan kk senior jurusan lain (dari USU juga) yang pernah lulus tahun semalam (kak.tira kartika) dy bilang bulan 10, jadi ku telp lah pihak IELSP bahwasannya aq tamat bisa tamat bulan 10…
    emang mbak.cici baik banget jawabnya, dy bilang sih ni untuk kelengkapan administrasi doank, maksudnya apa bang??? dan di suruh jangan jauh2 dari telp.. ntar kalau lulus minggu ni di kabari…. paling lama minggu depan…. duhhh apa pertanda aq gag lulus karena berkas administrasi qu gag lengkap ya bang?? padahal qu tengok lagi di kertas berkas2 ku, adanya jelas ku tulis tanggal,bulan,tahun tamat…

    aiiiiiiiiiiihhhhh alah makkkkkk,,, dag-dig-dug-duerrrrrrrrrr aq,… ada gag, teman2 yang punya kasus sama kayak aq????

    • halo cory..

      gak kok mereka cuman mau mengoreksi data yg ada (ada kemungkinan km masuk seleksi terakhir untuk penentuan pemenang IELSP, I hope so) biasanya bagi yg interviewnya kurang memuaskan tdk akan utak-atik berkasnya…mereka biasanya bertanya spt itu krn siapa tau bulan kelulusan km itu bertepatan saat pemberangkatan IELSP, oleh karena itu jika ada pertanyaan spt itu maka jawab aja tangga kelulusan sejauh2nya klo bisa ampe setahun jg boleh..pemberangkatan cohort 8 ini sekirar februari brarti klo km sebut bulan 10 brarti mereka akan mempertimbangkan km untuk masuk dalam seleksi berkasa tahap akhir setelah nilai interview rampung..menurutku itu petanda bagus, bedoa sj ya..

      sukses ya cory..sy tunggu kbr berikutnya..

    • Halo De Ipan salam kenal ya…

      oh ya IELSP tdk mengenal sistem kuota yg ada biasanya hanya kuota nasional secara menyeluruh..

      km mau dftr cohort 9 nanti (deadline 10 januari 2011) atau sdh dftr cohort 8 kemaren?

    • halo Mahruni…salam kenal jg ya..

      km ikutan dftr IELSP cohort 8 kemarin jg? atau baru mau coba cohort 9 nanti (deadline 10 januari 2011)??

  18. bang.haeril… PUJI TUHAN .. SAYA LULUS BEASISWA IELSP COHORT 8,, TERIMAKASIH BUAT TIPS2 NYA… JITUUUU BANGET……

    MAKASIH.. MAKASIH..

    SALAM KOTA MEDAN

  19. assalamualaikum wr wb kak.
    Mu tanya klo yg Lulus beasiswa IELSP rata2 pd pny karya tulis gt gak? Soalna d aplikasi formna kan ada tuh..

    • Wkslm..Halo Cher..

      gak harus punya karya tulis kok, itu cuman point tambahan yg bisa digunakan apabila penentuan juaranya ketat maka akan diambil dari poin2 tambahan spt karya ilmiah dll..tidak semua yg lulus kemarin punya karya ilmiah termasuk sy yg tdk punya karya ilmiah pada saat mendaftar IELSP, so no worry ttg karya ilmiah,,

      good luck ya..

    • Halo Dhafid..ayo jangan menyerah tunjukkan ke IIEF bahwa km tdk putus asa dan akan terus berjuang tuk mendptkan IELSP..ok????

      oh ya iya sy alumni IELSP cohort 6, berangkat ke Ohio 2009 kemaren..

      saran sy km coba rubah esaynya yg pressing issue dengan menggantikan isu apa yg paling hangat saat ini dan lebih bagus lg klo km kaitkan dengan IELSP dan kemampuan leadership km..

      trus tuk postingan tentang interview km bisa baca di postingan ini

      https://haerilhalim.wordpress.com/2010/11/05/tips-tips-interview-ielsp/

      klo msh ada pertnyaan lg feel free tuk bertanya ya..ok??? good luck ya Dhafid..

  20. Kak, nama saya Riris, saya baru mw dftr untuk cohort 9, itu wawancaranya pk bhs Ingg y? Trs biasanya brngkt kapan kl deadlinenya 10 jan? Soalnya saya juga mw s2 ke luar bln Sept bsk..
    Update trs tips2nya y kak, membnt bgt…
    Thxxxxx

  21. Kak, nama saya Riris, saya baru mw dftr untuk cohort 9, itu wawancaranya pk bhs Ingg y? Trs biasanya brngkt kapan kl deadlinenya 10 jan? Soalnya saya juga mw s2 ke luar bln Sept bsk..
    Update trs tips2nya y kak, membnt bgt…
    Thxxxxx

  22. <haerilHalim: Terima kasih, Abang. Doakan saja biar bisa jadi penerus Abang juga. Hehehe. INi lagi buka jaringan n komunikasi antar sesama pelamar IELSP COhort 8 yg gagal…
    Kemaren sy gagalnya di interview Abang…
    Terima kasih saran buat essaynya. saya kmrn essay tentang Indonesia is facing a Failed Country Syndrome and how I react as a teacher to overcome it?
    Krn long term aspiration sy kn jadi guru, Abang…

    • amin..insyaAllah km bisa salah satu penerima beasiswa IELSP cohort 9 ini…ayo tetap semangat ya n ajak teman2 yg lain tuk dftr. intinya belajar dari pengalaman interview kemaren tentang apa sebaiknya yg km harus perbaiki biar kesempatan cohort 9 ini lebih maksimal lg..

      topik esainya bagus, apapun topik buat seindah mungkin sehingga bisa menarik hati panitia IELSP untuk memilih km sebagai salah satu penerima IELSP cohort 9..saran sy esainya diimprove lg ya, jgn copypaste dr applisi sebelumnya,,,,ok

      good luck

  23. aslkum. salam kenal kak …. pa kbr ?
    sy ismail dri lampung, sy tertarik degan program ni….. kira2 langkah awal yg harus sy lakukan pa ya ? soalny sy baru tahu program IELSP hri ni. terimakasih

    • halo ismal..

      langkah pertama yaitu perbaiki niat n komitmen tuk mengikuti program ini, jika kedua hal tersebut sudah mantap maka hal lainnya hanya pelengkap sj..yang paling penting untuk km lalukan adalah mengisi application form sebaik mungkin (give your best) dan jangan sampai ada salah syarat yg tdk terpenuhi, baca kembali general requirementnya trus lengkapi semua berkas yg diminta..

      silahkan bertanya jika masih ada pertanyaan..ok..good luck

  24. Assalamualaikum kak. saya chusnul huda dari IAIN Walisongo Semarang.
    kak saya boleh minta artikel tentang study di ohio university seperti apa?
    ya kegiatan di sana gtu kak. trimakasih

    • wkslm..halo chusnul..

      artikel apa mksdnya chusnul? aq rencana membuat postingan tentang pengalaman selama di sana tp belum sempat krn lg di trip di pulau jawa nich hehhehhehe insyaAllah begitu nyampe di mks minggu dpn sy buat artikelnya..

      ok..good luck ya chusnul

  25. Alaiksalam….

    Saya mau tanya, semangat apa yang antum bawa, ketika menjalani proses awal hingga akhir?

    karena saya merasa sudah semangat, yakin, akan tetapi kesempatan itu didapatkan teman saya yang notabennya “tidak begitu bisa bahasa inggris”, itu orang yang menilai lo bang….hehehe

    apa ikhtiar saya kurang keras juga ya bang? hehe

    • wkslm…halo berbicara tentang semangat, motivasi n demotivasi semua itu hanya attribute tuk menyenangkan n tdk menyenangkan kita..

      yg harus ada ada diri adalah kemauan tuk berusaha apapun hasilnya ambillah pelajaran tuk lebih baik kedepannya…adapun rejeki org berbeda2 tp bukan itu fokusnya intinya tetap berusaha n jgn menyerah aja…

      bhs inggris bukan ukuran utama dalam IELSP msh bnyk faktor lainnya spt pengalaman organisasi, kekuatan esay serta performa saat wwncr…

      kegagalan di cohort 8 seharusnya km jadikan kemantapan tuk mencoba n lebih baik lg di cohort 9 ini..ok tetap semangat ya..

      good luck..

  26. Kakak, mw tny, biasanya brapa minggu y stlh deadline pengumpulan berkas trs kl lolos berkas ditlp? Ini saya uda dftr ada 11 hari, tp blm dpt kbr apa mngkn emang g lolos begt, maksh kak…

  27. Assalamualaikum

    saya. Fya..makasih y mas buat info2nya

    saya udh ngirim berkas2 buat cohort-9..tp blm ada panggilan ya mas..
    Belum ada pngumuman atau emg saya ga lolos ya mas?
    Hhehehe…

    Makasih mas

  28. hello there…
    sy t’tarik dgn blog kk, but syang.y sya br buka blog ini stelah sya sudah melalui thap interview mgu kmrin.😦
    dan sya mrasa ksulitan saat menghadapi thap interview itu..
    speechless..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s