Summari Program Tafsir Al Misbah Mengenal Surah Al An’Anm Episode 23 Ramadhan


Berikut adalah poin-poin penting program tafsir Al Misbah Mengenal Surah Al An’Anm episode 23 Ramadhan:

1. Sesungguhnya di dunia ini selain kontestasi antara kebaikan vs keburukan, ternyata juga terjadi kontestasi keburukan vs keburukan. Hal ini diperlihatkan oleh orang-orang zalim karena kerakusan mereka, mereka saling membohongi satu sama lain untuk mendapatkan keuntungan. Mereka telah dilengahkan oleh kehidupan dunia yang tidak nyata.

2. Tingkatan tahu itu ada dua yaitu

• Tidak tahu karena belum ada petunjuk. Orang-orang ini contohnya mereka yang hidup pada zaman “patrah” atau zaman transisi antara nabi Isa dan nabi Muhammad. Contoh sederhana kita tidak bisa memaksakan seorang anak SD untuk mendefenisikan tentang neoliberalisme karena mereka belum mendapatkan pelajaran tersebut di sekolah maupun di rumah.

• Tidak tahu karena tidak mau tahu. Mereka yang telah diberi petunjuk Al Qur’an tapi tidak mau mempelajari Al Qur’an. Contoh sederhana, seorang mahasiswa yang tidak lulus berkali-kali pada sebuah mata kuliah karena ketidakmauan mereka untuk belajar padahal dia sudah dilengkapi denga buku penunjang dan internet dimana mereka bisa mendapatkan pengetahuan tentang mata kuliah tersebut. Atau dengan cara yang singkat mahasiswa tersebut bisa bertanya kepada dosen atau mereka yang mengetahui mata kuliah tersebut dengan baik.

3. Tuhan tidak menjatuhkan siksa kepada suatu penduduk negeri jikalau mereka memperbuat suatu perbuatan keji karena ketidaktahuan mereka yang termasuk kategori tidak tahu yang pertama diatas.

4. Alasan Allah mengirim nabi dan rasul adalah untuk memberikan bimbingan serta pengetahuan tentang apa yang sebaiknya dan terlarang untuk umat manusia lakukan.

5. Periode dalam kehidupan manusia itu senangtiasa mengalami perubahan. Sebagaiman dahulu ada orde baru kemudian berganti menjadi reformasi dst. Sebagaimana ada susah pasti juga aka ada senang.
6. Sesungguhnya kesenangan juga itu ada batasnya.

7. Segala entitas di dunia ini hanya merupakan 1% dari keseluruhan entitas yang ada di akhirat nanti. Sebagaimana panasnya api didunia itu sesungguhnya hanya 1% dan 99% lainnya itu Allah simpan di neraka buat mereka yang zalim. Begitupun juga dengan kebahagiaan di dunia Allah cuman memberikan kita 1% dan Allah simpan 99% lainnya untuk mereka yang beriman kelak di surge nanti.

Sekian..wassalam..

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s