Summari Program Tafsir Al Misbah Mengenal Surah Al An’Anm Episode 22 Ramadhan


Hi, guys, pha kbr? Moga puasa kalian lancar-lancar saja. Mmm episode 23 ka ini menyinggung soal kondisi masyarakat jahiliyah. Berikut adalah beberapa point penting yang menarik untuk kita diskusikan bersama:

1. Dalam surah Al An’Anm Allah SWT juga mengingatkan kepada seluruh manusia akan kepastian ancamannya dan tidak ada seorangpun yang dapat menghindar darinya serta akan mempertanggungjawabkan segala perbuatan yang mereka buat selama di dunia ini. Orang musyrik tetap menolak ancaman tersebut dan merasa dirinya paling benar. Orang musyrik mengkalaim apa yang dilakukannya itu benar.

2. Sesungguhnya zalim itu tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya. Tidak membayar utang berarti tidak melakukan sesuatu tindakan hutang piutang secara tepat dan akan menempatkan salah satu pihak sebagai pihak yang dirugikan.

3. Sesungguhnya banyak dari orang kafir juga mengakui Allah cuman dalam sebatas perkataan saja bukan atas kehendak hati nurani mereka. Mereka juga tidak konsisten dalam hal tersebut. Contohnya: ketika musim panen tiba mereka membagi hasil panen mereka kepada anak yatim yang mereka maksudkan akan rasa syukur kepada Allah dan juga tidak lupa mereka membagikan kepada penjaga berhala-berhala yang mereka pertuhankan. Pada saat musim paceklik tiba dimana hasil panen agak menurun, mereka menghilangkan pembagian hasil panen kepada kaum miskin atau anak yatim piatu tetapi tetap memberikan pembagian kepada penjaga berhala-berhala mereka.

4. Pada zaman Jahiliyah , penanaman hidup-hidup terhadap bayi perempuan dilakukan oleh sebagian orang kafir arab dengan alasan takut diperkosa, takut hidup melarat karena perempuan di waktu itu dianggap rendah posisinya karena tidak bisa mencari uang.

5. Lebih parahnya lagi, ada sekelompok binatang tertentu yang mereka larang untuk kaum perempuan. Ada juga binatang-binatang tertentu yang ditetapkan tidak bisa dipakai pergi haji. Bahkan mereka menetapkan binatang-binatang khusus untuk dimakan oleh penjaga-penjaga berhala mereka. Sungguh mereka telah menghinakan sesama manusia pada waktu itu dan mereka mengada-ada sesuatu dengan mengatasnamakan tuhan.

Sekian..wassalam.

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s