PENGALAMAN PERIODIK IELSP TAHAP 2


PENGALAMAN PERIODIK IELSP TAHAP 2

(DOWNLOAD POSTINGAN INI DALAM WORD 2007)

Sebagaimana di tahap pertama saya telah bercerita tentang apa itu IELSP dan dimana serta bagaimana mendapatkan informasi yang memadai tentang IELSP maka sekarang saatnya berbagi tentang proses dan hal-hal penting apa saja yang perlu kita perhatikan dalam mengisi formulir pendaftaran IELSP.

1. Perhatikan dengan seksama apakah kalian sudah mengisi formulir yang tepat. Maksudnya karena disetiap application form itu tercantum batch/cohort yang menunjukkan gelombang IELSP. Gelombang terakhir IELSP adalah cohort 7 maka maka sekarang adalah gelombang atau cohort 8. Untuk melihat cohort tersebut kalian bisa melihat di halaman pertama formulir pendaftaran IELSP tercantum cohort 8-2011. Kalian bisa mengapload formulir pendaftaran dalam bentuk doc. Ataupun PDF.

2. Segala instruksi telah secara gamblang dijelaskan di dalam application form. Dan juga untuk persyaratan lainnya kalian bisa membaca di postingan saya sebelunya yang berjudul INTERNATIONAL ENGLISH LANGUAGE STUDY PROGRAM (IELSP) FREQUENTLY ASKED QUESTIONS”.

3. Ingat dalam mengisi kolom ORGANIZATIONAL ACTIVITIES kalian bisa mencantumkan semua kegiatan organisasi dan aktivitas-aktivitas sosial atau kegiatan voluntir yang kalian lakukan selama di kuliah baik itu intra kampus maupun extra kampus. Yang paling penting lampirkan semua bukti berupa setifikat atau penghargaan agar bisa menambah bobot nilai dari berkas kalian. Pengalaman organisasi adalah salah satu aspek yang menjadi pertimbangan untuk beasiswa ini karena salah satu tujuan jangka panjang beasiswa ini selain belajar bahasa inggris dan kebudayaan Amerika adalah mencari future leader dari seluruh wilayah Indonesia. Ingat juga setiap orang mempunya potensi leadership oleh karena itu program inilah tempat kalian mengembangkan bibit-bibit tersebut.

4. Selain aktifitas keorganisasian adalah penting juga mencantumkan daftar-daftar publikasi seperti karya ilmiah kalian yang pernah diterbitkan ataupun artikel-artikel kalian yang diterbitkan dimedia cetak.

5. Bagian terpenting dari application form adalah personal statemen, your response on the most pressing issue in your country dan your long term career aspiration. Ketiganya sangat penting oleh karena itu gunakanlah bahasa yang lugas dan tegas untuk menjelaskan argument kalian dalam ketiga kolom tersebut. Ingat hindari bahasa yang romantic, heroic dan melankolis baik dalam membuat ketiga essay maupun dalam interview nanti (jika kalian dinyatakan lulus berkas maka akan mengikuti proses interview sebagai tahap akhir seleksi).

6. Oh ya dalam mengisi application form ini sebaiknya dengan mengetik komputer agar nampak rapi coba bayangkan jika kalian menggunakan tulisan tangan, jelek pula kayak cakar ayam dan jumlah formulir yang terkumpul bisa mencapai dua ribuan dari seluruh Indonesia bisa-bisa petugas yang melakukan review terhadap berkas kalian akan ilfil melihat tulisan cakar ayam yang sangat sulit untuk dibaca maka mereka bisa saja mengesampingkan berkas kita. Ini sebagai langkah terburuk oleh karena itu langkah teraman adalah mengetiknya dengan komputer untuk memudahkan staf IIEF untuk menyeleksi berkas kalian.

7. Yang paling penting dalam merespon essai-esai yaitu bagaimana kalian akan benefit bagi negara kalian maupun bagi pemerintah Amerika serikat yang telah member kalian duit selama kalian dalam program IELSP baik sebelum keberangkatan mulai dari Pre Departure Orientastio atau PDO hingga keberangkatan kalian di Amerika nanti. Di sinilah kesempatan kalian untuk memperlihatkan kekuatan argumentasi dalam membuat essai yang meyakinkan bagi lembaga donor beasiswa sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penyeleksian para applicant-aplicant IELSP dari seluruh Indonesia.

8. Ingat juga bahwa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan hindari mengirim berkas kalian sehari sebelum deadline pengumpulan formulir aplikasi. Kendala teknis diluar dugaan kita bisa saja terjadi seperti delay pesawat (bagi mereka yang diluar pulau jawa) yang akan mengakibatkan berkas formulir kalian tidak samai tepat pada waktu yang telah ditentukan. Sekali lagi IIEF tidak menerima berkas yang datang setelah deadline yang telah ditentukan.

9. Untuk cohort 8 ini feature aplikasinya lebih memudahkan dengan format PDF yang bisa langsung di sini tanpa harus mengkonversinya ke dalam format doc. Lucky you guys.

Kayaknya saya sudah berbicara terlalu banyak. Sampai di sini dulu sharing tentang pengisian formulir aplikasinya semoga info dan sharing diatas bermanfaat buat kalian semua calon-calon aplicat IELSP yang akan berjuang untuk merebut beasiswa yang prestigius ini. Saya yakin setiap kerja keras akan membuahkan hasil oleh karena itu keep doing your best untuk mendapatkan kesempatan langka ini..okeh..Kalau masih ada info yang kurang jelas maka jangan ragu-ragu tuk menghubungi saya di email haeril_halim@yahoo.com dan di nomor hp 08981553616…okeeeeeh…

Cheers,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

DOWNLOAD APLICATION FORM DISNI

*MAU MEMBACA POSTINGAN INI SAMBIL OFFLINE? KLIK DISINI TUK MENDOWNLOADNYA DALAM BENTUK WORD 2007

20 thoughts on “PENGALAMAN PERIODIK IELSP TAHAP 2

  1. thanks Puput atas kunjungannya. Senang bisa berbagi info ttg IELSP..oh ya ttg pengertian ekskul dan organizational activities secara akademik mgkn sy kurang bs menjelaskannya secara normatif namun apa yg sy pahami adalah tdk semua ekskul itu pengalaman organisasi krn ada kegiatan ekskul yg kemungkinan dilaksanakan bukan atas arahan organisasi. Intinya keduanya berbeda namun untuk IELSP keduanya merupakan aspek penilaian yg mempunya bobot tersendiri. Org yg banyak melakukan apa2 pasti bedakan dengan yg diem aja tanpa buat apa2..intinya the more you do the more you experienced..OK..good luck..

  2. Thank you Brother Halim. I am now applying for Cohort 8 and need some guides in composing essay of it.
    So I just googling and, voila! I found you here.😆

  3. Assalamu’alaikum ka.. Bisa tlg berikan tips2 penting atau paling urgen utk mengisi Formulir IELSP… kmudian kasih contekan, apa2 aja prtnyaan inti dr juri saat wwancra. Supya sy bisa brlatih dr skrg utk mngikuti IELSP Cohort 8 thn dpn. Tlg dikirim infonya ke email sy.Maksih… sebelumnya.

    • Wkslm..halo Yuli..makasih tuk minatnya pada IELSP..skrg sudah semester brp? sudah memenuhi semua syarat2 IELSP kan?

      oh ya postingan ini tentang tata cara mengisi formulir IELSP, oleh karena itu baca ulang postingannya lalu praktekkan mengisi application form berdasarkan postingan di atas trus kalo msh ada yg kurang jelas silahkan bertanya lg dan maaf sy tidak bisa memberikan contekan dan semacamnya…sy yakin km bisa membuatnya tanpa contekan..

      tuk tips2 interview Yuli bisa baca di postingan sy yang berjudul “TIPS-TIPS INTERVIEW IELSP”…

      sebagai info tambahan COHORT 9 deadlinya 10 januari klo gak salah, tuk info lebih akurat km bisa cek di websiter http://www.iief.or.id.

      GOOD LUCK YA!

  4. bang.haeril… PUJI TUHAN .. SAYA LULUS BEASISWA IELSP COHORT 8,, TERIMAKASIH BUAT TIPS2 NYA… JITUUUU BANGET……

    MAKASIH.. MAKASIH..

    SALAM KOTA MEDAN

  5. mas saya mau tanya jika berkas2 kita diterima trus kita akan melakukan wawancara dikota mana?
    tolong beri tips bagaimana caranya membuat essay yang bagus mas?

    terima kasih

    • halo fifi..

      wawancaranya ada diberbagai kota kok, biasanya diikutkan di kota terdekat..

      esainya harus baik dan logis tentunya buat yg realistis jg yg ngambang gitu harus jelas argumentnya..ntar aq rencana buat postingan ttg membuat esai ditunggu aja ya soalnya sy lg trip di pulau jawa gak sempat buat esai,,,hehehhe

      good luck ya fifi..

  6. asslm..
    hehe, iya yah knpa sy mnta contekan. wong di kmpus sy sring ngasih lihat tgs rmhku ke tmn2, hehehe.
    mksudx cntoh sngkat gitu ka. tp gak mslh, sy akn coba ikut cohort ke-IX ini. tadi mgrib, sy udh sms ka2. sy yuli dr Palu. makasih ats masukanx.
    ok sy akn baca lg artikel ini dgn sksama, prtnyaan mnysul bolh kan! insya Allah gagal atw tdk sy akn sharing ksni lg, insya Allah sukses (mskipun msh mmpi)! amin
    wsslm..

    • wkslm..halo Yuli..insyaAllah km bs just do your best..silahkan bertanya jika setelah baca postingannya ada yg kurang jelas..ok

      good luck..

  7. halo mas haeril,
    slm kenal?
    mau nnya,
    ielsp ini tiap taun gk?
    katanya tiap 3 taun skali,
    kalo iy, ntar sy keburu lulus.
    tiap cohort itu jeda brp bln ya?
    thx.

    • halo salam kenal jg…ielsp tdk ada ketentuan bhw sekali, dua atau tiga kali setahun so tunggu sj infonya klo sdh buka akan aq update di blog ini….ok..good luck..

  8. terima kasih telah berbagi, saya banyak mendapat penceerahan. saya sedang melengkapi berkas diperlukan. mohon do’anya semoga Allah merodhoi saya untuk mendapatkan IELSP cohort 10, aamiin…
    salam kenal, Lina Nurfadhila

  9. alhamdulillah nemu blog ini🙂
    oh ya, di bagian achievement/prizes dan courses/training, yang dicantumin saat masih kuliah aja, atau dari SMP ato SMA juga ??

    makasih ya ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s