INGIN MENJADI MESSI, ROSSI DAN OBAMA


Ada begitu banyak abstraksi angan dan cita-cita yg ada di kepala kita. Kadang angan tak bisa kita defenisikn secara tepat akibat benturan ketidaktahuan mengenai defenisi cita-cita. Secara awamia, angan dan cita itu beda-beda tipis tapi dalam ranah defenisial mereka adalah dua hal berbeda secara praktikal. Ketika melihat kepiawaian “adonan” bola Lionel Messi di lapangan maka seketika itu juga saya ingin menjadi messi. Melihat keakraban Valentine Rossi dengan arena balapan moto gp menginstruksikan adrenalinku tuk segera membayangkan tuk menggantikan Rossi pada saat itu juga, masalah Rossi marah atau tidak itu urusan belakangan. Ada juga obama yg sangat piawai beretorika dengan permainan symbol-simbol “hope” nya juga menambah inginku menjadi seperti Barrack Husein Obama. Ah makin banyak kumelihat makin banyak kuingin seperti apa yg kulihat. Yg menjadi persoalan ketika seorang teman mengetahui keinginanku tuk menjadi Messi, Rossi dan Obama dengan serta merta mereka pasti mengatakan “ah kamu ini ngawur”. Sejenak kupikirkan “iya juga ya mungkin saya ngawur”. Tapi kemudian saya terpikir kalo Rossi bisa kenapa saya tidak? Toh Rossi juga manusia biasa sama seperti saya, darahnya merah, hirupnya udara jg dan banyak kesamaan lainnya sebagai manusia biasa. Hal tersebut membangkitkan lagi spiritku tuk menjadi Messi, Rossi dan Obama.

Ah gara-gara Messi, Rossi dan Obama di dalam diriku terjadi konflik bahwa saya berada di penghujung antara mempercayai diriku bisa atau tidak menjadi Messi, Rossi dan Obama. Segera ingin kuminta pertanggungjawaban kepada ketiga orang tersebut tatkala bertemu dengan mereka. Apa yg salah ditengah keyakinanku tuk bisa menjadi Messi, Rossi dan Obama itu timbul jg prasangka bahwa iya juga mugkin saya lagi ngawur. Ah sungguh tidak enak berada dalam konteks seperti ini.

Telah lama konflik itu berlangsung dan tak ada perubahan apapun yg terjadi bahkan tak sedikitpun ciri Messi, Rossi dan Obama kumiliki tapi kenapa keyakinan itu masih tetap meyakinkan saya???? Waktu demi waktu saya sadar bahwa memang tidak ada salahnya ingin menjadi Messi, Rossi dan Obama dan omongan “ngawur” yg mungkin pasti terucap bagi orang lain jika mengetahui aku ingin jadi Messi, Rossi dan Obama tersebut adalah kurang tepat atau bisa kukatakan tidak sepatutnya terucap kepada siapapun juga khususnya kepada para “pengejar mimpi” karena dalam konteks ingin jadi Messi, Rossi dan Obama tidak cukup hanya berangan-angan dan membayangkan indahnya menjadi seperti mereka tapi kita harus juga menghargai proses menjadi Messi, Rossi dan Obama. Ketidaktahuanku atau ketidakinginanku tuk menghargai atau menjalani proses menjadi Messi, Rossi dan Obama adalah aspek yg sangat penting yg tidak saya laksanakan dan tentunya hal ini menempatkan inginku jadi Messi, Rossi dan Obama tersebut hanya berada dalam ranah angan-angan bukan cita-cita. Apabila kedua aspek tersebut yaitu “aspek ingin menjadi” dan “aspek berusaha menjadi” disatukan barulah akan menghasilkan apa yg kita sebut cita-cita. Jadi jangan pernah mengatakan saya bercita-cita menjadi sesuatu jika tidak ingin menghargai proses menjadi sesuatu tersebut….Sekian wassalam…

Salam Hangat,

Haeril Halim. Hasanuddin University Alum. ‘10 Grantee IELSP batch VI priode juni-agustus 2009 Ohio University, Athens, Ohio, U.S.

6 thoughts on “INGIN MENJADI MESSI, ROSSI DAN OBAMA

  1. Tulisan anda memberi inspirasi sekilas kepada saya bahwa menjadi seseorang hendaknya punya dampak bagi dirnya dan orang lain.

  2. Halo Bung Anto..Makasih atas kunjungannya. Iya manfaat timbal balik menurut sy mutlak bung jika kita ingin menjadi manusia seutuhnya kan salah satu fitrah manusia jg adalah hidup bermasyarakat jadi setidaknya apa yg kita lakukan punya manfaat buat orang selain diri kita..

    • Assalamu ‘alaikum wr.wb.
      Tulisan yang sangat inspiratif K’.
      This is the first time I visit your blog, and your blog looks very interesting!
      Are you often access this blog?

      • wkslm..makasih naskar dan makasih jg tuk kunjungannya ke blog ini…

        iya sy rutin kok akses di blog ini dan setiap ada tulisan baruku pasti sy update, ada bbrp tulisan sy sdh buat tp blum sempat upload di blog ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s