“ATURAN PAJANGAN YANG MELANCARKAN SILATURAHMIKU” by Haeril Halim


Saat itu senin siang, terbersit ingin tuk menjenguk seorang teman yang terkena musibah di RS wahidin Makassar. Dia terkena luka bakar dan begitupun jg istrinya yang mengalami hal yang sama dengan dengan suaminya walapun luka yang dialami istrinya bisa dikategorikan serius dibanding suaminya (semoga ALLAH memberikan sang teman kesabaran dalam menjalani musibah yang dihadapinya serta diberikan kesembuhan dengan segera. Agak sedih kalau mau membahas apa yang dialami oleh sang teman ini, tp ada hal lain yang ingin saya utarakan di sini selain apa yang dialami oleh temanku tersebut.

Malam itu sehabis sholat isya berangkatlah saya ke wahidin bersama kakak saya. Dikarenakan suatu hal, saya mempersilahkan kakak ku tuk masuk duluan menjenguk teman tersebut. Sejam kemudian baru saya menyusulnya masuk. Sejam setelahnya saya masuk di wahidin mencari kamar PALM no 1. Mmmmm agak bingung juga mencari ruangan soalnya luas skali. Saya melihat tiga orang satpam yang sedang bercerita satu sama lain di depan pintu masuk rumah sakit. “ah aku ada akal, tanya satpam aja”, ujarku. Tapi niatku tuk bertanya hilang seketika bukan karena mereka galak atau apa, tapi di sebelah satpam-satpam tersebut tergantung tulisan “jam besuk 9 pagi -9 malam” wah begitu kuliat jam wah ternyata sdh jam 10 malam brarti tidak bisa masuk kalo gitu. “aduh gimana ya”, tanyaku bingung. Ingin aku memberanikan diri bertanya ke mereka apa masih bisa masuk, eh takutnya di jawab “emang kamu tidak punya mata”, haahhahahaha kan malu pastinya. Ingin aku menelpon kakak yang lagi di dalam takut suara handphone kakak ku mengganggu pasien di dalam ruangan. Ingin pulang? Sayang juga dah jauh-jauh datang malam lagi mana hujan rintik lagi. Ah cuapek dech hehehhee…

Selama 5 menit terdiam akhirnya sy memutuskan tuk bertanya ke satpam tapi bukan dengan pertanyaan yang tadi “apa masih bisa masuk pak”, tapi dengan pertanyaan “pak ruang PALM di mana ya?”. Di dalam hatiku mencoba menebak apa ya kira-kira yang di jawab satpam itu, apakah mereka akan bilang jam besuk sudah habis? Hahahahaahha ternyata si satpam menjawab dengan ramah “oh ruang PALM, anda lewat sini (sambil menunjuk pintu masuk yang bertuliskan daftar jam besuk tadi), trus belok kiri mentok itu sdh ruang PALM”. Alhamdulillah senang rasanya bisa masuk.

Saya tertawa sejenak bagaimana ada dua fenomena yang berbeda, di satu sisi jam besuk sudah habis yang dipertegas oleh papan info jam besuk itu dan yang satunya lagi kebaikan hati sang satpam. Sungguh kontras tapi menolong jg sih karena bisa menyambung silaturahmi dengan kawan yang lagi sakit. Apakah hukum atau atauran yang dibuat hanya untuk pajangan saja ya? Apakah kalau kita diijinkan oleh para pembuat aturan (yang punya otoritas) tuk melanggar kita mau melanggar aturan tersbut walaupun itu jelas-jelas melanggar? Tentunya pengalamanku ini kalau bukan alasan silaturahmi maka mungkin yang terjadi sebaliknya. Apakah kalau para pihak yang punya otoritas melanggar hukum kita juga mau ikut-ikutan melanggar? Apakah kita mau terima kalau ada yang iming-imingi kita lulus PNS, Polisi, masuk Universitas dll dengan syarat harus ada “uang kinerja” bagi promisers yang notabene sudah jelas-jelas melanggar aturan? Yang jelas fenomena langgar melanggar di negeri kita tercinta ini masih bukan sesuatu yang yang memalukan, itulah masih banyak yang suka melanggar dan banyak yang mengambil keuntungan dari seseorang yang melanggar…mmmm think about it guys…thanks

Sekian Wassalam…

Haeril Halim, 23 tahun, Alumni Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin 2010, Grantee IELSP 2009 Ohio University Amerika Serikat, Asisten Pengajaran bahasa Inggris pada MKU dan jurusan Sastra Inggris Unhas.

*Tulisan sangat dadakan sifatnya serta non-ilmiah dan hanya untuk dinikmati sebagai bahan refleksi untuk lebih baik lg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s