TIPS-TIPS INTERVIEW IELSP


TIPS-TIPS INTERVIEW IELSP
(PENGALAMAN PERIODIK IELSP TAHAP 3)

(download postingan ini dalam word 2007)

Hai guys saya kembali lagi setelah lama tidak memposting tulisan tentang IELSP. Pada postingan pertama saya bercerita tentang apa-apa saja yang mesti dilakukan dalam mengerjakan application form IELSP. Tentunya kali ini sesuai dengan momennya yaitu IIEF telah menetapkan siapa-siapa saja dari pelamar IELSP tahun ini yang dinyatakan lolos berkas maka saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran seperti apa proses interview IELSP. Sebelumnya saya ucapkan selamat ya buat kalian yang sudah dapat konfirmasi dr IIEF.

1. Bagaimanakan proses interview IELSP????
Proses interview IELSP hampir sama dengan proses interview pada umumnya yaitu sebuah tes lisan face to face yang bermaksud untuk melihat seberapa besar potensi seorang applicant.

2. Apakah interview IELSP menggunakan bahasa inggris?
Di sini saya perlu tegaskan bahwa interview adalah bukan tes kemampuan bahasa inggris dan seperti yang saya sebutkan diatas bahwa tujuan tes interview ini untuk melihat seberapa besar potensi pelamar beasiswa IELSP. Memang dalam praktek umumnya interview IELSP dalam bahasa inggris dikarenakan interviewernya yang memiliki latar belakang pendidikan bahasa inggris atau mereka yang fasih berbahasa inggris tp sebenarnya tes tesebut bukan tes kemampuan bahasa inggris.

Kalau kalian bisa melaksanakan interview dalam bahasa inggris akan lebih baik lagi dikarenakan beasiswa ini adalah beasiswa belajar bahasa inggris yang dimana kalian nanti akan belajar dilingkungan berbahasa inggris selama dua bulan. Kefasihan bukan sesuatu poin penting jika interviewnya dalam bahasa inggris tapi seberapa berbobot jawaban-jawaban kita untuk pertanyaan yang diajukan penginterview. Tes kemampuan bahasa inggris tuk beasiswa ini bertolak pada score toefl kita jadi jangan anggap tes interview IELSP adalah tes kemampuan bahasa inggris karena bukan itu poin utama dari interview.

3. Apakah interviewnya sangat formal???
Jawabannya: TIDAK! Asalkan kalian memakai baju yang rapi sudah bisa mengikuti interview tersebut.

4. Logikanya tes interview itu untuk memvalidasi berkas kita atau dengan kata lain untuk membenarkan apa yang kita katakana di application form. Jadi harus sinkron.

Ketiga hal tersebut diatas adalah frequently asked questions yang selama ini saya dapatkan mengenai interview IELSP. Selanjutnya saya langsung saja untuk tips-tips interview IELSP:

1. Beberapa hari menjelang interview baca kembali berkas formulir IELSP kalian karena umumnya dasar pertanyaan yang muncul dalam interview adalah apa yang kita tulis di application form. untuk itu jangan sama skali memberikan jawaban yang berbeda dari apa yang kalian tulis dalam application form. Jika kalian menjawab berbeda dengan apa yang kalian tulis maka akan menimbulkan beberapa kesan negatif seperti : APA YANG ANDA TULIS DI FORMULIR ADALAH BUKAN HASIL PIKIRAN ANDA SENDIRI KEMUNGKINAN DIBANTU OLEH ORANG LAIN, atau BISA JUGA ANDA DICAP TIDAK KONSISTEN KARENA RESPON YANG ANDA BERIKAN BERUBAH-UBAH. Jadi skali lagi jika pertanyaan penginterview berasal dari berkas maka jawablah sesuai yang anda jawab, anda bisa menambahkan poin-poin tambahan jika mau tapi tentunya setelah menjelaskan poin-poin yang anda tulis di formulir IELSP.

Wah kok jadi formal banget ya pake kata ANDA hehehhe, ok dah saya ganti kembali menjadi KALIAN. Oh ya biasa juga muncul pertanyaan-pertanyaan tambahan sesuai dengan alur interview anda. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini tida bisa diperkirakan karena bisa saja muncul berdasarkan jawaban-jawaban yang kita keluarkan. Biasanya pertanyaan tambahan seperti ini untuk mengecek seberapa paham kalian terhadap argument-argumen atau jawaban yang kalian berikan kepada penginterview.

2. Pertanyaan-pertanyaan seputar leadership kemungkinan bisa muncul apalagi ditengah kondisi carut marutnya bangsa ini yang mencari sosok calon pemimpin masa depan yang ideal otomatis penginterview lebih menyukai seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan. Tapi itu tergantung juga dari background penginterviewnya apakah dia seorang yang konsern terhadap leadership atau tidak. Tapi secara umum pertanyaan interview IELSP akan focus terhadap apa yang kita tulis di application form.

3. Pertanyaan-pertanyaan yang sangat sering muncul yaitu : APA TUJUAN KALIAN MENGIKUTI BEASISWA INI, APA YANG AKAN KALIAN PERBUAT SETELAH PULANG DARI AMERIKA, BAGAIMANA PROGRAM INI MEMBERIKAN MANFAAT KEPADA DIRI KALIAN DLL. Jenis-jenis pertanyaan seperti semuanya terinclude dalam essay yang kita buat.
4. Jaga kesehatan dan tidur yang cukup pada saat malam sebelum interview. Kondisi muka yang ngantuk akan menimbulkan kesan negatif dari penginterview jadi usahakan tidur yang cukup biar fresh saat interviewnya.

5. Apa lagi ya? Ingat lokasi interview kalian dan waktu penyelenggaraan interview. Jangan sampai telat menghadiri interview.

Pusing nich mau nulis apa lagi, oh ya kalau kalian butuh info yang spesifik tentang interview di beberapa kota di Indonesia lebih lanjut kalian bisa add di facebook beberapa alumni IELSP angkatan saya : ADI IRAWAN (JEMBER/JAKARTA), IAN AHONG GURUH, UMMI HAAJIROH MUSTAJAB (JOGYA), RINA ARIYANTI DEWI, PANDU GUNAWAN, KRISTION MASTION (BANDUNG), ASRI KAROLINA (PALEMBANG) MOHAMAD FATHI (JAKARTA) , NIKMAH HARIATI (BANJARMASIN), NOOR HAYATI (SAMARINDA), NOOR SITI HANNA (PEKALONGAN), BETHSEBA AYU (MEDAN), DONALD MICHI KASETTY (MANADO), SUSAN KURNIATY MOKOAGO (GORONTALO).

Kalian bisa mengubungi mereka jika mau menanyakan info spesifik bagaimana interview IELSP dilaksanakan di kota mereka. Misalnya yang dr jogya bisa hubungi mas Ian atau mba Ummi, Makassar bisa menghubungi saya tentunya dan RAHMAN LIMEWOOD. Dengan bertanya ke mereka kalian bisa mengetahui seperti apa karakter interviewer di kota tersebut jadi kalian bisa mempersiapkan segala sesuatunya agar bisa siap dalam interview nanti. Di Makassar penginterview dari angkatan pertama hinggi cohort 8 ini masih tetap kok jadi sangat membantu jika anda menanyakan hal tersebut kepada alumni-alumni IELSP yang ada di kota kalian.
ADD aja mereka dif b dengan mengetikkan nama mereka seperti yang saya ketik diatas dan perkenalkan diri kalian bahwa kalian adalah calon penerima beasiswa IELSP cohort 8 yang akan menjalani proses interview. Mereka akan dengan senang hati kok menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian. Saya sarankan untuk mengirimi mereka pesan pada saat telah mengadd mereka di fb agar mereka bisa mengenali siapa kalian..OK ok OK

Satu lagi, interview adalah seleksi terakhir jadi berusahalah dengan keras melewati tahap ini dan do your best. Harapan saya cuman satu kalian semuanya bisa menjadi peneriman beasiswa IELSP cohort 8 tahun ini..amin..

Sekian dulu ya kalau ada pertanyaan lebih lanjut silahkan komen aja di postingan ini atau hubungi nomer saya yang ada dipostingan sebelumnya..OK OK OK..

Good luck guys..

Salam Hangat,

Haeril Halim,, Grantee IELSP Cohort 6, Ohio Summer, Ohio University.

*DOWNLOAD APLICATION FORM DISNI

** MAU MEMBACA POSTINGAN INI SAMBIL OFFLINE? DOWNLOAD FILENYA DALAM BENTUK WORD 2007 DISINI

 

About these ads

278 thoughts on “TIPS-TIPS INTERVIEW IELSP

  1. betul parner temanku anak kosmik yang lulus batch terakhir, tidak ada satu pun pertanyaannya dalam bahasa Inggris, yang saya liat hari itu dia salah menjawab, tetapi dia pertahankan argumennya, walaupun di belok-2 kan sama pewawancara. dan alhamdullilah dia lulus ke U.S.A(saya nguping wawancaranya, hehehehe…!!!

    • hehhehehe km nguping toh hehhehe..iya parner kan tujuan interview bukan melihat kemampuan bahasa inggris tp tuk melihat potensi diri serta bagaimana kita berargumen..

  2. Thankz ya infox. aq udah dtlfon ntuk ikut test interview td siang. tp saking snengx jd agak lupa sesuatu. mas yg nelfon tuh ngomong tgl 11 ato 12 nov ya? bgi info dong bwat yg ikut test interview d samarinda

    • wah kalau info ttg jdwl n brp org yg ikut interview sy tdk tau sama skali, sy kan cmn alumni jd cmn bisa memberikan tips2 klo info ttg spt itu hanya panitia seleksi IELSP dr IIEF yg tau..

      selamat ya semoga interviewnya berjalan lancar, sy tunggu kbr berikutnya..

      good luck..

    • ^^

      Seneng banget pas baca blog nya kak^^
      Kebetulan lagi dlam proses buat ngurus ini^^

      Tipsnya ngebantu banget..

      Hmm..
      jadi interviewnya itu gak pake bahasa inggris ya ditanyanya???
      Klo kita yang ngejawabnya gomana???
      Harus pke bahasa inggeris kah???

      Makasih ya kak^^

  3. thanks so much for the info.
    saya juga baru dapat tlfon dari IIEF kmren sore, dan katanya tes interviewnya akan diadakan pada hari kamis depan tanggal 11 november jam 8 pagi.

    • wah selamat ya km udah lolos seleksi berkas..sukses tuk interviewnya semoga bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IELSP tahun ini..amin…

      • aminnn, makasih ka, moga aja tes interviewnya nnti bisa berjalan dengan lancar..
        gudluck juga buat teman2 yang mau tes interviewnya nnti,, cayooooo.. :)

  4. makasiy kak,, buat iNfo’a…
    tapi… aku punya sedikit masalah,, berhubung tgl 11 aq sedang ke luar kota, maka mba’Vivi yang dr IIEF mengatur jadwal biar aku diwawancara lewat telp tgl 11 nnt…
    hmmm, apa keadaan spt ini bisa mempengaruhi penilaian???
    atau,, mungkin ada tips yang bisa kka berikan buat sy???
    terimakasih sebelumnya kak…

    • wah slamat ya agnes km udah lulus berkas,,,

      oh ya menurutku interview via telepon tdk akan mempengaruhi penilaian tp yg jelas kalau interview langsung kan bisa lebih confident lg kan face to face dengan interviewer..

      kalau memang udah buat kesepakatan buat interview gak papa dijalani saja, kemarin ada beberapa tmn jg yg interview via telepon kok n mereka lulus..jgn khwtr asalkan km menjawab dengan baik pertanyaan pada saat interview insyaAllah bisa lulus..usahakan jangan menjawab beda dengan yg km tulis di berkas ya n klo mau nambahkan jawaban selain dr berkas gak papa asalkan sifatnya sebagai penambah untuk lebih mempermantap jawaban km,,,

      sukses ya buat interviewnya semoga interviewnya lancar n bisa menjadi salah satu grantee IELSP cohort 8..amin…

    • Hi Alie, di dalam postingan ini sy telah jelaskan tes interview IELSP itu spt apa n apakah dlm bahasa inggris atau bahasa indonesia, mohon postingannya dibaca ulang ya..

      oh ya untuk pengumuman setelah interview itu sekitar 3 mingguan, ntar akan dihubungi via telepon..

      slamat ya udah lolos berkas dan sukses tuk interviewnya…

  5. kak, thanks infonya……. berapa banyak sih kak yang di ambil untuk diberangkatkan ke US untuk cohort 8 ini ?? alhamdulillah aku juga lolos seleksi berkas. interviewnya tanggal 12 jam 8 pagi …

    • wah slamat ya Dwi..

      oh ya IELSP tdk mengenal sistem kuota spt itu jd tdk bisa diprediksi..biasanya kalau banyak yg berkualitas maka banyak jg yg akan dipilih oleh karena itu tunjukkanlah kualitas kalian agar IIEF memilih lebih banyak penerima beasiswa IELSP tahun ini…

      good luck ya…

  6. wah slamat ya Dwi..

    oh ya IELSP tdk mengenal sistem kuota spt itu jd tdk bisa diprediksi..biasanya kalau banyak yg berkualitas maka banyak jg yg akan dipilih oleh karena itu tunjukkanlah kualitas kalian agar IIEF memilih lebih banyak penerima beasiswa IELSP tahun ini…

    good luck ya…

  7. Tp kak klo interviewer yang satunya bener2 ga related sm berkas yg kita kirim… :(
    Taun lalu sy gagal pas interview… Wish me luck y buat interview kali ini ;)

    • iya memang ada spt itu, sy jg wkt itu mengalami hal yg sama yg ditanyakan bukan tentang berkas tp mslh leadership, itulah sy bilang pertanyaan akan ditanyakan tergantung juga dr background penginterviewnya, klo dia fokus ke leadership kyk aq kemaren pasti dia akan menguji kapasitas leadership kita,,intinya siap sj dengan segala bentuk pertanyaan n khususnya tentang berkas krn umumnya interviewer berpatokan dr berkas..

      insyaAllah bisa lolos interview kali ini, just do your best Nanda..OK

  8. salam kenal

    saya alhamdulillah lolos untuk waawancara tgl 11

    mau tanya ttg wawancara, saya agak sedikit takut karna agak” lupa detail ttg apa yang saya tulis di essay,kira” akan dikasih lagi ga berkas kita pas wawancara..atau mungkin dia ngasih tau ttg apa yang saya tulis…

    agak ceroboh sih,saya ga meng-copy berkas saya sendiri…karna baru pertama kali…^^

    • Halo Winda selamat ya udah lolos berkas..

      IIEF gak akan ngasih copy berkas saat interview.. km gak usah mengingat detail apa yg km tulis km cukup paham tentang apa yg km sudah tulis di berkas. sy yakin wlpn tanpa berkas pasti msh ada dikit gambaran umum tentang apa yg km tulis kan..

      Sukses ya tuk interviewnya n sy tunggu kbr selanjutnya..OK

  9. Kak,, mau tanya..berkas itu dinyatakan Lolos apa aja sich? soalx saya ga dpt panggilan utk wawancara..berarti ga lolos seleksi berkas ya kak?/

    oya Kuota utk per universitas ad g kak?

    Gmn ya kak spy bisa tau kesalahan2 berkas kita smpai ga bisa lolos ke tahap interview?

    • klo ttg itu menjadi hak IIEF n sy tdk tau sama skali,,,

      tentang kuota, IELSP tdk menggunakan sistem kuota..

      yg ditelpon hanya yg lolos berkas…

      km sabar aja siapa tau aja hr ini km dpt telpon atau besok..tunggu aja ya…ok

      tetap semangat!

    • Halo Wulan,

      kalo semarang angkatanku gak ada Wulan gak tau klo angkatan lain..cb km search aja di google alumni IELSP semarang,,,OK

  10. wah info’a keren..thanks bgt mas.
    oh ya, sya mau curhat sekaligus nanya nih..he
    sya sekarang lagi super duper was2, crita’a gini, kemarin jam 3 sore ada tlpn dari iief tapi ga sempet saya angkat coz saat itu sya lagi tidur siang. sya tau itu tlpon dari iief karena sy tlpon blik no’a pas udah bangun, pas ditlpon balik dia blang dari iief, tapi dia ga ngsih info2 apa2, cuma bilang gini “kamu peserta ielsp ya? nanti saya hubungi lagi”.
    sya bingung n takut kalo gara2 saya tidak angkt tlpon iief sya dicoret dari daftar kandidat.
    sampai saat ini sya blum ditelpon lagi nih. menurut kalian sya mesti tlpon nomor iief lagi atau nunggu ditelepon iief? kalo nunggu kira2 bakal ditelpon lagi ga ya >.<
    oh ya, cuma peserta yg lolos berkas doang kan yang dapt telpon dr iief?
    sebelumnya salam kenal ya semua, saya ibal dari kota Serang-Banten.

    • Hi Ibal…

      oh ya km berdoa aja moga IIEF nelpon balik n ngasih informasi tentang interview..

      biasanya kalo kasusnya seperti itu kalian masuk dftr tunggu krn biasanya klo IIEF nelpon pasti lgsg ngasih selamat n jdwl interview…

      km optimis aja kan udah dijanji mau ditelpon balik ma IIEF kan, so tetap semangat..

      gak mungkin gara2 gak diangkat km dieleminasi, mereka org profesional kok, trust me!

      saran sy km gak usah nelpon nanti menimbulkan kesan tidak sabaran, tunggu aja..

      yg ditelpon dr IIEF cmn mereka yg lolos berkas..

      selamat menunggu telpon dr IIEF ya n sy tunggu kbr selanjutnya…

      Semangat!

  11. @ mas Haerul
    alhamdulilah mas, barusan sya ditelepon sama iief, kali ini lewat telepon rumah bukan hp.
    tadi dikasih tau tanggal interview dan tempat’a, nanti tanggal 11 di lembaga bahasa internasional UI.
    sekarang sy mesti nyiapin dan “mengamalkan” tips dari mas.
    thanks info’a mas, sangat2 bermanfaat..trimaksih banyak!
    btw ada yg bareng ga tempat&waktu interview’a?
    (pas nulis ini sya masih gmetar, seneng campur aduk ^_^)

  12. wow…banyak nih yg mau interview buat cohort 8
    aku juga tadi pagi baru di telpon, katanya interview tgl 12 pagi
    terus2 googling, eh ktm blog ini, thanks bgt info2nya
    doain lolos ya…
    buat yang lain yg juga mau interview tgl 11-12 besok…
    good luck for us ya…. :)

  13. alhamdulillah, saya juga dpt panggilan td pagi utk interview tgl 12 di LBUI salemba..seneng bgt sampe nangis gara2 teman saya ditelp lebih dulu dr saya, tdnya pesimis ga ditelp..hehe
    blognya bermanfaat sekali mas..makasi ya mas
    wish me luck for the interview :)

  14. @helsa
    tempat tes’a sma, tapi beda hari, kalo sya dapet hari kamis tanggal 11.
    asal sya dri Serang-Banten. jadi rencana’a sya mau numpng nginap dirumah sodara di jkt, maklum dari Serang ke Jkt jauh bgt..
    @anggie
    wah kamu bareng helsa nih, asl dari Jkt jg ya?

  15. @icha
    wih ternyata ada yg udah interview duluan, crita2 dong.. kalo boleh tau ditanyain apa aja?
    pas kamu interview ada berapa kandidat’a? banyak ga?
    @helsa
    siip!

  16. Spt kata mas haeril, pertanyaan seputar yg kita tulis di application form… Mlg ada 5 ruangan kalo ga salah, satu ruang 20 peserta

  17. periode ini kayanya yg keterima interview banyak bgt, temen2ku jg banyak yg keterima, apa emang kayak gitu dari dulu? saingannya ketat bangett

    • ayo tetap semangat, persaingan adalah seni dan yg mampu bermain indah dengan seni akan mendapatkan keindahan seni berkompetisi..oh ya beasiswa ini tidak menggunakan jatah, jadi kalau tahun ini banyak yg lolos berkas brarti peserta IELSP nya banyak yg berkualitas cayooo tunjukkan bahwa kalian pantas menjadi penerima beasiswa IELSP cohort 8..

      good luck

  18. makasi banyak bwt infonya ya ka..
    alhmdlh sy jg udh ditelpon
    interview tgl 12 bsk di lbui ui salemba
    bwt smuanya yg interview ditmpt yg sama, sampai ktmu dsna…
    i wish we all luck guys…

  19. @ mas haeril
    tdi siang sy udah interview. semua tips dari mas haeril bener2 mantap. kepake semua!
    @ icha
    emang sesuai kayk yg mas haeril bilang.
    @ helsa
    sama persis kayak pengalaman mas haeril n icha.
    kalo sy interview’a pertama-tama pake bhasa inggris tapi seterus’a pake b.indo (disuruh interviewer’a). good luck ya!
    @ all
    good luck semuanya, sekalian minta doa’a y! ^_^

    • Halo Cencen..

      oh ya umumnya interview cuman satu hari, tp ada jg yg dua hari, tergantung dr banyaknya peserta yg akan di interview,,,itu menjadi hak prerogatif penginterview mau melaksanakannya dalam sehari, dua hari ataupun tiga hari tp normalnya hanya sehari…

      Sukses ya semoga bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IELSP cohort 8 tahun ini..amin..

      Cayoooo..

  20. Alhamdulillah lia juga ditlp sama IELSPnya
    besok wawancaranya di Setiabudi Bandung jam 9

    Bismillahirahmanirahim,.
    cuma bisa berdoa dan berikhtiar semaksimal mungkin,.
    semoga besok bisa mempresentasikan kemapuan dan pola pikir maksimal di depan interviewernya,.
    semoga beasiswa IELSP Cohort 8 ini menjadi rejeki lia dari Allah,.
    dan menjadi sala satu Berkah dari Allah yang akan sangat bermanfaat untuk masa depan lia,.

    ingin mempersembahkan satu aja kebanggan buat MAMA tercinta
    dan bisa menjadi penyemangat dan contoh yang baik buat adik tersayang,.
    i love my family so much,.

    Bantu doa ya mas Haeril,.
    untuk lia dan teman2 yang sudah mau berusaha,.

    Makasih banyak juga,.
    bolgnya mas Haeril ini insyaAllah sangat bermanfaaat,. :jempol

  21. Makasih info dan tips-nya kak… Waaaa…. Deg-degan banget nih interview tanggal 15 besok… Kalau njawabnya grogi sambil gemeteran ngaruh juga ga ya kak…??? Trus saya kan ndak begitu lancar kalau ngomong inggris, bisa minta pakai bahasa Indonesia ndak ya…??? Ngaruh juga ndak tuh…??? Interviewer-nya dari IIEF semua ya kak…??? Ada orang asingnya ndak yang ng-interview…???

  22. Assalaamu’alaikum. terima kasih banyak atas informasinya, Kak…semoga memberikan banyak manfaat.Alhamdulillaah saya lulus berkas dan akan interview tanggal 15, semoga diberikan Allaah yang terbaik.Aamiyn.

  23. @ibal
    iya, gw juga interviewnya campuran bahasa inggris indo..
    good luck too…we just wait for the result now…
    @uwais
    bisa pake bhs indo kok interviewnya, gak masalah, gak ngaruh sama penilaian..
    good luck for the interview..just be yourself..
    @all
    buat smua yg akan interview, good luck ya… :)

  24. Hai temen2,
    Ikutan nimbrung ah..
    Alhamdulillah gue juga dapet telp dr IIEF jakarta, bsk senin interview d Univ. Sanata dharma Jogja. Adakah yg juga interview bsk senin?? Bingung ni mau prepare ny gmn.. :-D

      • @Uwais
        Ak dari Farmasi, univ. muhammadiyah surakarta. Kamu?? kata ny kak ian yg ikut cohort 3 tergantung maksimal mgkn 30 menit. oia ni no hp ku 085726204260, call me y, sapa tau kl ak nyasar bisa minta bantuan mu..hehe, ni baru berangkat dr solo.
        ak jam 9

  25. Hi uwais,selamat ya.good luck
    kalau heru 15-20 min.dan jangan lupa baca koran ya.wawasan umum juga ntr ditanya.kalau heru tentang gayus

    Salam hangat
    heru junaidi
    banda aceh

    • Halo Cencen..oh ya interview normalnya hanya sehari tp bisa jd lebih dari sehari tergantung dari banyaknya peserta yg mengikuti interview..

      sukses ya tuk interviewnya..

  26. @all: senang melihat keceriaan dan semangat kalian semuanya…sukses ya semoga kalian semua bisa bisa menjadi penerima beasiswa IELSP cohort 8..amin..

    Keep in touch guys n keep up your spirit, Buktikan bahwa kalian semuanya pantas menjadi bagian dari keluarga besar IELSP..OK

  27. @Fairus: Siipppp… Ntar tak call deh… Ternyata yang interview di Jogja bukan cuma yang kuliah di Jogja tho…??? Hehehehe…
    @Heru: Mantaaaappp… Makasih yaa… Salam hangat kembali dari kota Gudeg… :)
    @All: Semoga sukses bersama kita semua…. :)

  28. Sepertinya dua hari dh interviewnya.. Dari luar jogja jg ternyata ad yg interview di jogja.. Brarti bnyak emang :D
    makasie mas heru,semangat semuanya!
    Semoga Allah mengijinkan kita brangkat semua.Amien..
    *interviewq pas idul adha.Dapat jam 8.30 pula, harus buru2 nie..

  29. @Cencen, wah,pas idul adha?semangat yaaa.amiien.moga kita semua bs jumpa di jakarta nanti

    Salam hangat
    heru junaidi
    banda aceh

  30. Wah akhir ny interview ny udah selesai, lega rasany..tinggal nunggu pengumuman.
    @uwais: gimana nih interview ny tadi?
    @kak haeril: makasih kok atas semua ny :)
    @all: salam kenal semua ny…

  31. Lapor agan-agan… Baru selesai interview nih… :D
    Aku interview-nya full english nggak boleh pakai bahasa Indonesia sama pak Alip… T_T
    Untung ndak ditanya macem2…. Ditanyainnya tentang kehidupan sehari-hari sama future plan… Hehehehehe…
    @cencen: Amiiiinnn,… Semangat yaaa….!!! :)
    @fairus: Wehhh… Agak2 ngadat neh njawabnya, moga aja lolos deh…
    @mas haeril: Makasih banyak atas semuanya ya mas…. :)
    @all: Semoga yang komen di sini ketularan mas haeril, hehehehe, bisa lolos dan kita semua berangkat ke rumahnya om Bill Gates…!!! Yeaaahhhh…!!! :D

  32. Hi …saya Riska dari palu
    kemarin saya lulus berkas..dan sudah di interview..yg interview dari makasar
    kayaknya bule deh..soalnya logatnya kebule2an gitu..
    kalo boleh tau..apa benar pewawancara dari maksar adalah bule?
    trus ibu itu mewawancara dalam bhs indonesia…sama skali gak pake bhs ing..katanya:silahkan jawab dgn bahasa ind.atau bhs ing?
    krna bhasa ing sy kurang lancar maka sy jawab dgn bhasa ind..
    hmm…kira2 ga papa tuh yaa???

    Btw salam kenal yaa…buat teman2 yg juga lagi ikut seleksi ielps batch 8..sukses yaa..moga2 qt bs sama2 ke amerika…hehee:P

    • Halo Riska..

      di makassar tdk ada penginterview yg bule, klo ada bule pasti itu dr IIEF jakarta.

      sebenarnya kalau disuruh milih mau bhs inggris atau indonesia sebaiknya pilih inggris krn kadang mereka mau melihat seberapa besar mental kita tuk ditantag berbahasa inggris, bukan melihat seberapa fasih kita berbahasa inggris..tp never mind selama km menjawab semuanya dengan lancar dalam bahasa indonesia tdk jadi masalah..

      di makassar hanya ada dua penginterview namanya ibu ETTY BAZERGAN n pak ALWY RACHMAN..

  33. Dear all,
    salam kenal.
    Saya Ansar. Sebenarnya sy jg sdh interview tgl 7 Nov kmrin di malang.
    tp sy bru smpat mngikuti perkembangan blog ini :D

    terima kasih kak haeril sdh ngasi tips2 nya,,
    sayang,sy gak smpat mmbaca tips nya sebelum sy interview..
    tp insya ALLAH sngt bermanfaat bagi tmn2 yg lain..
    hehe.

    Buat semua,
    semoga kt smua bisa sama2 berangkat ke US yah..amiinn..

    Ansar
    Surabaya
    *Asli Bugis* Hehe

  34. haii semua..berguna banget blog ini :)
    oh iya..berarti cuma aku doang yang dari Palu ya ?? salam kenal untuk semuanya ya :) semoga kita semua bisa lolos untuk beasiswa ini :D Amien..gud luck for us :)

    • ASslm.. Yovita…slm kenal.. sy tw qmu psti ank Ekonomi untad palu. klu sy ank fkip palu, n baru nyoba ikut IELSP cohort 9 ini. Oiya, knpa dr kmrn2 qmuw sllu blg klu cm qmuw dr palu satu2nya yg lolos brkas n diminta intrview? buktinya shbt qt Riska dr Fisip udh kepilih jd psrta IELSP cohort 8 satu2x dr palu. n di blog ini, Riska udh komentar lho, di atas komntarmu ini.
      oiya, info dr Budi ank bhsa Inggris, qmu blm lolos intrview yach..?. n nyoba di cohort 9 jg…
      klu gitu kali ini qt sm2 brjuang yach tmn…!
      boleh sharing kan, ni noq: 082133102157… nnti sms yach…

  35. Aku brusan interview, beliau punya list hal hal tertentu. Kita suruh menjelaskan.. Beliau yg pilihkan. Tadi q kbagian percaya diri dan motivasi,poin 3 dari belasan poin yg bliau plihkan.. Trus tanya aktivitas sehari2 sama nguasai ksnian tradisional apa aj. Kurang puas krna beliau tidak menggali lbh dalam lg. Gk sampe 10menit.Singkat bgt kok. Y mudah2an aj dh :D

    • halo Cencen..

      iya memang interviewnya jg tergantung dr penginterviewnya..aq dulu sampe sejam malah krn digali sampai keakar2nya..menurutku penginterviewnye belum paham tentang IELSP kenapa menanyakan soal penguasaan kesenian tradisional secara beasiswa ini bukan pertukaran pemuda yg akan melakukan pertunjukan budaya di Amerika nanti..akan ada pertunjukan budaya tp bukan itu intinya krn tujuan utamanya adalah belajar bahasa inggris dan merasakan atmosfir pendidikan di universitas amerika…

      tujuan jangka panjang beasiswa ini adalah mencari future leader….

      selamat ya sudah menjalani interview n selamat menunggu pengumuman..OK

    • iya lama sekitar sejam soalnya yg interview sy itu budayawan jdnya pertanyaannya banyak seputar leadership gitu…menurutku klo di interview soal pengetahuan budaya lokal atau kesenian tradisional gak masalah tp klo sampe ditanya soal penguasaan kesenian tradisional yg kurang relevan menurutku..

  36. ka…
    sy udah diinterview hr jumat lalu..
    alhmd berjalan lancar walaupun akhirnya sy harus nunggu 7 jam sampai dipanggil bwt interview.. hha
    itu memang pertanyaannya tiap interviewer beda2 ya ka??
    soalnya, sampil nunggu+sambil tanya2 sama yg udah interview, pertanyaannya beda2 dan ketentuan jwbnya jg beda2…
    dan katanya akan ad interview lg ka setelah ini jika dihub..
    wish me luck ya ka…
    and i wish u all luck guys

    • halo sari..selamat ya km sdh interview..

      hehhehheh sama sy jg dulu nunggu hingga 7 jam soalnya peserta paling akhir n interviewnya sejam malah..ckckckck

      iya pertanyaan biasanya berbeda2 tp dengan substansi yg sama disitulah kepiawaian penginterview, klo ada penginterview menanyakan pertanyaan itu itu2 mulu kpd semua peserta brarti dia kurang kreatif…

      oh ya interview adalah tahap akhir jd tdk akan ada seleksi setelah interview yang ada hanya pengumuman via phone bagi mereka yg dinyatakan lolos IELSP…

      sure, wish you the best of luck semoga bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IELSP cohort 8..amin…

      sy tunggu kbr berikutnya ya..OK

  37. Hi semua,selamat idul adha ya.mohon maaf lahir bathin.moga kita lulus semua yaaaaa

    salam hangat
    heru junaidi
    banda aceh

  38. Hi Guys, selamat idul adha ya buat kalian yg merayakannya, mohon maaf lahir batin…

    moga kado idul adha kalian semua adalah telepon dr IIEF desember nanti insyaAllah..amin..amin..amin..

  39. Aku punya pengalaman sendiri ni,, Ceritanya kmaren pas aku mau interview hampir ga jadi malahan., soalnya aku salah ruangan. seharusnya aku ada di ruangan lain, bukan diruangan yg aku tunggu. karena pengumumannya di papan itu kurang informatif & cukup bikin bingung. padahal aku udah nunggu hampir 4 jam. Aku mulai resah,. di jam2 trakhir kok aku gak dipanggil, interviewernya bilang namaku gak ada di listnya, padahal di papan pngumuman ada.,. Setelah konfirmasi lagi, ternyata ruangan itu emang bukan ruangan tempat aku di interview., trus aku lari deh ke ruangan yang seharusnya., ternyata sluruh proses interview tlah selesai., interviewernya jg dah pulang., aku tanya sama koordinator tempatnya.. katanya itu ksalahanku.. besok suruh lebih teliti & jangan diulangi lagi., huah., trs koord. nya bilang., “ya kami ga bisa berbuat apa2 lagi., kami jg ga bisa jamin besok kamu bs ikut interview lagi..” huaahh., mentalku langsung down berat., aku langsung mikir .,. aku telah gagal., sedih sekali., ibarat terpaksa menyerah sebelum bertanding., padahal aku datang sebelum jadwal yg ditetapkan., rasanya buruk sekali hari itu.,

    tapi, aku tetap mencoba menenangkan diri.. dan berusaha berpikir positif., nah aku telfon dah ke IIEF jakarta,. pertama bilang suruh telfon 10mnt lagi karena lagi sibuk., setelah mencoba telpon lagi .,lama gak dinagkat., coba lagi., setelah berkali kali akhirnya diangkat., dan langsung disambungkan ke bagian IELSP., akhirnya aku jelaskan semuanya., dan Mbak Cici(mbak dari IIEF Jakarta) bilang dia akan menanyakan ke atasannya dan akan menghubungiku nanti., akhirnya dia menghubungi ku dan bilang aku suruh datang saja di interview hari kedua dan menemui interviewernya yg kmaren gagal ketemu di jam terakhir., ternyata aku masih bisa interview., wah., bersyukur sekali bisa dpat 2nd chance,. aku kira aku dah ga bisa interview sama sekali,. ternyata masih bisa., dan aku datang pada hari itu,. aku lihat namaku juga sudah tertulis di list interview di ruangan yg sama., dan kali ini aku gak boleh salah ruangan., akhirnya di interview juga deh., kalo gini kan mending,. karena sudah di interview.. daripada ga lolos karena gagal interview.,., huah sangat menyedihkan.,., sekarang tinggal nunggu hasil.,.,., cukup lega dah., :)

    semoga hasilnya lulus., ^^

    • halo Aveef..

      wah pengalamanmu sungguh perjuangan konsekuensial yg luar biasa…intinya belajar dr kesalahan kan,..

      selamat menunggu hasilnya klo gtu..semoga bisa lolos menjadi salah satu penerima beasiwa IELSP..amin..

      sukses ya…

  40. Selamat hari Raya Iedul Adha 1431 H bagi yg merayakan.
    amiin kak haeril,smoga kami bs lulus IESLP dn bisa mnjdi hadiah terindah di momen idul adha ini..amiin..
    Aveef : wow,unforgettable experience psti yah. unik, dan jarang2 ada org yg mengalaminya. Let God do the rest..smoga kt smua bs lulus..amiin

  41. Selamat Idul Adha 1431 H…
    Doakan aku ya teman2..kmarin udah interview di Sanatadharma Jogja…
    I hope I can get the CHANCE..untuk ms haeril,thx for the tips..tinggal nunggu hasilnya…^^

  42. bang.haeril dan teman2.. aq sedih banget.. pas interview teman2 qu ada yang pake bahasa.inggris semua dan ada yang campur bahasanya (indo-inggris).. sedangkan aq mayoritas bahasa indonesia.. abiesss aq lupa bahasa inggrisnya pengemis…
    hiks…..
    pulang interview aq cuma bisa murung bersedih.. hmmmm aq pasrah ngareppp mukjizat aja… udah waktu wawancara qu paling sedikittt, teman2 qu rata2 hampir 1 jam, qu cuma 30menit…

    YA.. WES LAHHH yang penting aq udah usaha.. GOOD LUCK FOR US… SEMANGAT…

    • halo Cory, DON’T BE SAD! interview itu bukan tes bahasa inggris spt yg sdh sy sebutkan di postingan diatas..so BHS INGGRIS n LAMA WAKTU INTERVIEW itu bukan faktro yg menentukan, tp adalah faktor yg penting ARGUMEN yg kita keluarkan saat interview..DAN LAGI, km tdk sendiri, abang jg dulu interviewnya bukan dalam bahasa inggris tp FULL BAHASA INDONESIA. jadi klo ada interviewer yg mengukur nilai interview hanya semata berdasarkan kefasihan bahasa inggris maka mesti ditraining lg tuh interviewernya…ckkckkck…

      so TENANG, TETAP BERDOA n yang paling penting TETAP OPTIMIS..OK

      WISH YOU ALL THE BEST POKOKNYA,…

  43. bang.haeril… PUJI TUHAN .. SAYA LULUS BEASISWA IELSP COHORT 8,, TERIMAKASIH BUAT TIPS2 NYA… JITUUUU BANGET……

    MAKASIH.. MAKASIH..

    SALAM KOTA MEDAN

    AKU BANGGA PUNYA ABANG SEPERTI ABANG HAERIL.. YOU ARE THE BEST BROTHER THAT I HAVE KNOWN
    THANKS

    • alhamdulillah, abang eril senang banget mendengarnya…SELAMAT YA CORY KM TELAH MENJADI BAGIAN DARI KELUARGA BESAR IELSP YANG TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA..abang bangga dengan usaha keras km..skali lg selamat ya…kalau selama proses pengurusan nanti sebelum keberangkatan ada yg cory mau tanyakan feel free tuk tanya ke abang..km jg bisa sms ke abang tuk jawaban yg lebih cepat (08981553616)…mulai dari sekarang jaga kesehatan ya hingga keberangkatan km nanti..OK…

  44. Hi semuanya how are you doing guys??? gmn apa ada yg lain selain Cory yg udah dpt konfirmasi kelulusan dr IIEF??

    wish you all the best pokoknya..ok..keep spirit!!!

    still keep in touch ya guys,,just for your information ielsp cohort 9 sudah buka, deadlinenya 10 januari, tolong infonya disebar ke tmn2 lain ya..thank you ya sebelumnya..

  45. alhamdulillah,,
    sy juga LULUS,,
    trmksh sm kak haeril atas semngat yang luar biasa,
    dn masukan yg bgitu bermanfaat.
    sukses selalu !!
    bagaimana ini dg yg lain?

    • @ansar
      wah selamat…
      udah ada pengumumannya ya?dari daerah mana?
      yang di bandung kapan ya…
      harap2 cemas euyy….

      anyway,dapet pengumumannya dari mana?
      di telpon langsung spt waktu diundang wawancara ya??
      atau liat di website nya??
      tapi ko di websitenya ga ada ya???

      mohon pencerahannya gan… :beer

  46. halo semua, salam kenal y…
    congrat buat yg udah d telepon.
    kaya ny daerah jakarta, jabar sama jogja belum ada yg d telp y??
    harap2 cemas nunggu pengumuman yg d jogja :D

  47. sy dr surabaya (jatim)
    iya,sy ditelpon lgsg sm IIEF nya pas hr jumat kmrin.
    pngumuman resmi blm ada di website.
    tp list 72 org pnerima,sdh dikirim ke email masing2 kyknya.
    tetap smangat rek!!

  48. Selamat ya bagi yang dapat call dari IIEF udah lulus Cohort 8, btw yang tes di jogja udah pengumuman belum ya??? deg2an nih, belum dapat calling ato emang belum lulus untuk saat ini…semoga diberikan yang terbaik. Aamiyn…
    Kak Haeril dan teman2 mohon doanya ya…thanks

  49. Hehehehehhee…. Gak ketrimaaaaaa… Ayo berusaha buat Cohort 9…!!! Yeeeeaaahhhh….!!! :D

    Oya, hasil dah bisa dilihat di web IIEF, tapi koq cuma 40 ya…??? Adminnya salah nyetting tabel HTML-nya kali yeee…??? hehehehehehe…

  50. Assalam bang…
    Cohort 8 kemarin rupanya belum menjadi takdir ane buat berkelana ke US…
    but that’s ok.sekarang siap lagi buat cohort 9 deadline 10 januari 2011.semangatttttttt!!!! Pantang menyerah mengirim berkas dan nunggu telepon…..!!!! amiiiiiiiiiiiiiiiiiin.

  51. @ bang haeril : OK bang ntarrr klo cory ada kesulitan.. adk sms or telp abang yaaa

    @ teman2 : pengumumannya langsung di telp.. CAIYO…..

    • seleksinya ada diberbabagai kota kok, biasanya diikutkan do kota terdekat..iya di surabaya ada kok tp gak tau lokasinya di mana..ntar klo lulus berkas dikasi tau tempat tesnya di surabaya dmn..

      good luck ya..

    • aktivitas utama itu belajar intensive bhs inggris selama 8 minggu, plus program2 lainnya yg bs meningkatkan kemampuan bhs inggris. klo weekend ada trip spt kunjungan wisata gitu ttg budaya amerika dll. di wkt senggang kita jg bisa lakukan cultural performance, sharing pengetahuan budaya dll..

  52. dear bg haeril,
    terimakasih telah menshare ilmunya.

    mau bertanya.
    waktu di interview bang haeril ditanya punya keahlian seni traditional kah?

    *apakah memeiliki talent dibidang seni traditional suatu keharusan dalam program ini.
    *di re-comment diatas jg menyebutkan bahwa diwaktu senggang melakukan cultural performance.

    jadi kalau yg tidak berbakat dibidang seni..sudah pasti tak memiliki harapan ya…

    terimakasih atas jawabannya.

    • gak ditanya ttg itu kok soalnya tujuan utama beasiswa ini bukan cultural performance biasanya mereka hanya menanyakan pengetahuan budaya kita ya kembali lg tergantung dr background penginterviewnya..

      tentang diwaktu senggang itu sangat optional kalau grup kalian mau melakukan cultural performance thta’s fine klo tdk jg tdk apa.

      sy tegaskan ini adalah beasiswa belajar bukan pertukaran pemuda atau semacamnya yg hanya fokus dibidang seni so jgn khwtr sy jg dulu gak punya kemampuan dalam bidang seni..ok

      good luck

  53. ALHAMDULILLAH kak. heru baru aja dapet telpon lulus tahap berkas.lanjut wawancara tgl 5 februari. mohon doanya ya kak

    salam hangat
    heru junaidi
    Banda Aceh

  54. Assalamualaikum, kak Haeril….

    Salam kenal, saya Veterina dari bandung…
    kemaren malem kebetulan nemu blog ini dan saya baca pengumuman interview 2-3 minggu setelah deadline berkas dan ini sudah 2 minggu…saya yakin Allah memberikan yang terbaik dan alhamdulilah hari ini tadi saya ditelp untuk interview hari Jumat, 4 Februari….
    mohon doanya kak….

    • wkslm.,halo veterina salam kenal jg ya..btw, selamat ya sdh lolos seleksi berkas,,wish you all the best..just do your best.,ok

  55. ass.. .
    hai kak haeril, saya icha… setelah nunggu2 selama 2 minggu, alhamdulillah akhirnya kemarin saya ditelp untuk interview tgl 3 februari… mohon doanya ya kak… terima kasih buat tips2 interviewnya. wish me luck :)

    salam kenal
    icha, Bandung

    • halo kanya..maaf sy kurang tau tentang prosedur penelponannya, soalnya itu yg tau cuman panitia IELSP..yg sy tau itu telponnya akan berlangsung bbrp hari, so tunggu aja ya..

      good luck..

  56. Assalamualaikum, mas haeril, alhamdulillah saya juga dpt tlp untuk interview tanggal 4 feb, mohon doanya ya :) makasih banget buat informasi dan semuanya :D

    doain saya ya :D

  57. aslmkm kak haeril.
    Pemberitauam yg lolos itu cm lwt tlp ya kak? Kmrn itu hp saya lg eror,tdk bs terima tlp,tp org2 yg tlp saya blg hp saya tdk ada yg angkat. Saya takutnya di telp oleh IIEF kmrn.. Terima kasih kak..

    • wkslm..klo emang IIEF nelopn n km tdk available kemarin pasti akan dicoba hingga bisa..tunggu aja senin nanti krn besok sabtu n minggu kantor IIEF tutup..

      good luck..

  58. halo kak haeril,, saya kemarin sdh ditelp lolos ke tahap wawancara cohort 9…
    ini adalah pengalaman pertama ikutan interview…. bisa beritahu ga pertanyaannya selain seputar yg ditulis di form,, apalagi? hehe… takut pertanyaan2 yag beranak-cucu euy… (udah deg2an H-5hari)
    terima kasih sebelumnya..

    • halo Cyntia..selamat ya sdh lolos berkas..oh ya secara umum spt yg sy sebutkan di postingan ini, tentunya pertanyaannya bisa dalam bentuk lain dengan mksd yg sama, sekali lg it depens on kreatifitas penginterviewnya..jenis pertanyaan apapun itu gak masalah yg penting adalah bagaimana km mengerti pertanyaan n bagaimana memeberi jawaban yg tepat sesuai dengan pertanyaan penginterview..dibawa nyantai aja klo tegang bs buyar semuanya..ok

      good luck..

      • wah bnyk macam intinya pertanyaan yg orientasinya tuk kepentingan org banyak n membutuhkan solusi praktis bukan solusi teoritis yg abstrak..

  59. salam knal bg haeril n tmn2 mua.. :)
    saya rahmi dari padang
    alhamdulillah saya kmren ug dpt telp lu2s berkas n interview tgl 3 feb
    mohon do’anya
    moga lancar2 j interviewQ bsk…^_^

    oy kak sy mo nanya kak
    kmrn tu sy breng ma senior sy ngirim berkas kak
    tp senior sy gg da ditelp ma pihak IELSP kak
    senior sy angkatan 06 kak
    wkt cohort 8 kmren ug gg dpt telp kak

    apa yg dlu2sin hanya ankatan 07 kbawah kak?
    sy ug gg tega m senior sy kak
    cos kmi sma2 bjuang nguruz2 bhkn mpe ngirim brkasnya pun kt breng :(

    • halo rahmi selamat ya udah dapat telpon..gak ada aturan kok ttg IELSP lebih prefer angktan muda atau sebaliknya,..ya itulah yg namnya kompetisi pasti ada yg lolos ada yg tidak..intinya IIEF fair kok dalam menilai n mereka sangat profesional pastinya.. seleksinya memang ketat n ibarat memilih yg terbaik diantara yg terbaik..

      good luck ya tuk interivewnya..sy tunggu kabar selanjutnya..ok

  60. haloo ka Haeril..
    Saya mayang dr bandung, alhamdulillah lolos buat interview tanggal 3 feb..
    mau tanyaa kak.. kan aq nulis essay lumayan panjang, nah gak mungkin kalo aq bakalan jawab total sama persis sama essaynyaa.. apa itu ngaruh ya kak?
    makasiiiiih ^^

    • halo Mayang..selamat ya udah lolos berkas..oh ya asalkan ingat intinya aja n jg penginterviewnya bisa sj merubah bentuk pertanyaan dengan mksd yg sama dgn apa yg km tulis di form, oleh karena itu cermati pertanyaan dengan baik krn bisa sj sebuah pertanyaan diubah kedlm bberapa bentuk tp tetap membutuhkan satu jawaban yg sama..so pahami pertanyaannya n berikan jawaban yg tepat..jwbn jgn bertele-tele krn biasanya muncul pertanyaan balik yg kritis dr statement2 kita yg sebenarny tdk perlu diucapkan..jwb seefision mgkn jwbnnya..JGN SEKALI-KALI MENGHAFAL JAWABAN YG ADA DI ESAI YG TERPENTING ADALAH MEMAHAMI APA YG KM TULIS DI ESAI..

      good luck…

  61. wah….aku jd terinspirasi nih abiz baca blog ini….sy harap sy juga bisa ke abroad deh kyk qt kak…..Hunting Fulbright FLTA>>>> tp sy harus belajar TOEFL dulu b4 apply, soalnya hasil ITP TOEFL ku tahun lalu cuma 450…hiks, hiks, hiks……
    wish me luck brow, I do hope I can….^_^

    • gak papa sama aja kok, jawab aja penginterviewnya dengan baik..tdk ada pembedaan antara yg lewat telpon maupun interview langsung semua peluangnya sama..ok

      good luck..

      • Kak.. kalo memang peserta yang diwawancara baik lewat telvon dan tatap muka langsung itu sama saja.. jadi memang hanya jawaban kita saja yg dinilai ya kak? menurut kakak ada faktor lain yang menjadi bahan penilaian? melihat jumlah peserta interview cukup banyak..

      • iya peluangnya sama kok..klo interviewnya lwt telpon pastikan jwbn km tepat spt yg ditanyakan n argumenntnya harus jelas to the point..pastilah bnyk pertimbangan lain selain interview, kekuatan berkas jg akan jd pertimbangan spt esai, pengalaman organisasi dll..intinya skrg do your best tuk interviewnya..ok..

        good luck..

  62. Assalamu’alaikum ka Haeril.. Saya Nisa dari bandung, alhamdulillah udah dapettelpon utuk diinterview tgl 4 Feb. Ka, saya dari jurusan pendidikan bahasa inggris, saya pake score taun kemarin, skornya 510. Apakah jadi pertimbangan juga nilai yang pas-pasan utk yg dari jurusan bahasa inggris?? Satu lagi ya ka.. Ketika ditanya manfaat apa yang bisa didapatkan dari program ini, ka Haeril jawab apa? makasih banyak sebelumnya.. senang bisa gabung di blog ini…:-)

    • wkslm..halo nisa selamat ya sdh lulus berkas…oh ya asalkan sdh nyampe 450 sdh aman kok, lagian iief tdk membedakan pesertanya dr jurusan mereka,. intinya peserta sdh memenuhi syarat yg ditetapkan..

      klo bicara soal manfaat, berikan jawaban yg menunjukkan bwh setelah pulang nanti km akan bermanfaat untuk org banyak dalam bidang apapun ini…intinya IELSP membuat km percaya diri melakukan semua aktivitas setelah balik dr amrik nanti..intinya sepulangnya harus bisa bermanfaat buat lingkunganmu..ok

      good luck..

  63. AlhamduliLlah… Tadi pagi ditelpon juga untuk wilayah Jogja dan sekitarnya…
    Semoga dikesempatan kedua ini bisa berhasil… Mohon doanya teman-teman semua… ^_^

  64. aku aja cuma dapat score toefl 477, hahahaa
    tapi dpt panggilan wawancara kok.
    Jadi kalo toefl score nya di atas 450 udah qualified kok. Bukan begitu kak haeril?

    • Heheee.. aq juga gak jauh dr kamuu.. yaa lebih dikit laah.. ampe setres.. tapi ternyata temenku yg scorenya 500 ke atas malas gak lolos.. berarti memang score toefl jelas bukan pertimbangan utamaa kaaaan?? hhee

  65. halo kak haeril, hai semua… alhamdulillah akhirnya sy dipanggil jg utk interview di jogja tgl 5 feb. Kak haeril, apa klo ditelp tp gak sempat diangkat pasti akan dihubungi lagi ya? soalnya sy sempat dihubungi 2x, tp yg kedua tdk sy angkat. Ada apa ya? Mnrt tmn yg jg ditelp 2x, tadinya telp prtama dia dijadwal tgl 5 jam 8.15, tp telp yg kedua ada perubahan jdwl mjd jam 7.30. apa kira2 sy jg mngalami perubahan jdwal? Mksh.

    salam,
    nadhif-solo

    • halo nadhif..selamat ya sdh dpt panggilan interview dr iief…klo ditelpon gak diangkat maka akan dihubungi lg pastinya..standby aja di hp nya terus ya..klo lokasi dan jadwl interviewnya biasanya sama aja klo memang disatu kota, tp tuk mastiin km telpon ke iief tuk kepastiannya aja siapa tau aja salah..klo di mks sih jdwlnya seragam jd semua peserta diseruh dtg pada wkt yg ditentukan trus nunggu giliran interview tp gak tau klo di jogya..

      good luck ya..

  66. ass…k’ haeril…sy Suwandi dari STAIN Palopo, td siang sy dapat tlp dr IELSP untuk interview hari sabtu tgl 5 lwat HP. ka’ klo interviewerx biasanya native speaker ato orng Indonesia. katax HP sy harus aktif dr pagi sabtu. sy 2 orng dengan tman seklas yg mengirim berkas kami tadi dapat telpon dua-duax. memang kmi mengirim berkas satu nasib dan perjuangan bahkan tes tofl itpx sama jg. Tp ka yng buat aku deg2kan apa sy bisa lolos krn skor TOEFl kmi hampir sampai standar minimum? dan aq deq2kan krn klo tmanku yng stu lancar klo speech english. klo interviewx nati apa sy jawab bhasa indonesia supaya lebih detail>???mohon ka’

    • wkslm..halo suwandy..selamat ya sdh dpt panggilan interview..biasanya sih yg interview org indonesia yg bhs inggrisnya pasti sdh fasih..soal skor toefl itu bukan pertimbangan utama asalkan tdk jauh kebawah dr nilai standar..kembali lg mshw bnyk faktor lain yg dinilai, km dipanggil interview berarti ada sesuatu yg mereka liat dr km so just do your best tuk interviewnya..soal toefl km sdh aman kok buktinya sdh ketahap interview…klo interview via telpon jwbn km harus jelas n tepat n perhatikan pertanyaan penginterview dengan baik jgn sampai salah memahami pertanyaan…ntar klo penginterviewnya pake bhs inggris jwb aja pake bhs inggris klo pake bhs indonesia balasnya pake bhs indonesia jg,.

      ok good luck ya..

      • Selisih TOEFL yg tdk jauh dr standar itu gmna ka Haeril?
        Soalnya TOEFLq kurg, blm sampe 450, tp mndekati 440.
        Apa msh bs dipertimbangkan, soalx PD banget kalo dgn prestasi, yg udh sy buktikan dgn berbagai piagam2 penghargaan. cm itu hrpn satu2 sy, selain TOEFL.
        mohon jawabnnya,

  67. Waaah ternyata udah ada panggilan buat interview IELSP, sayang banget, saya kayaknya ga lolos, sampe saat ini belum ada telepon. -.-”
    Mungkin Interview kemaren bakal jadi satu2nya pengalaman interview beasiswa IESLP.
    Ga papalah, mungkin jodoh saya ditempat laen. Ya ga bang? hehehee (Tetep semangat kalopun kecewa..lol)

      • Saya dari Serang-Banten. temen2 sya yang sedaerah dan sekampus sudah dapet telpon semua, cuma saya yang belum (mungkin emang ga lolos..hhehee)
        Tapi ya sudah lah…bukan jodoh saya mungkin bang.. :D

      • tetap semangat ya Ibal,,msh bnyk kesempatan lain kok..belum rejeki disini berarti kemantapan tuk nyoba lg kesempatan lain baik itu IELSP atau beasiswa lainnya..ok..

        good luck..

  68. aku baru selesai interview nih kak.. deg deg an rasanya :)
    pertama tama disuruh ngonng pake bahasa inggris, trus pertanyaan ke 2 samapai selesai pake bahasa indonesia…. Hmmm mudah-mudahan dapat hasil yg terbaik.

    • @nadhif

      1. family background
      2. organization
      3. the most pressing issue in indo
      4. why i apply at IELSP?
      5. the hardest moment in my life

      itu aja kok yg ditanya, sekitar 15 menitan…. Pertanyaan pertama disuruh jawab pake English.
      Pertanyaan kedua sampe abis pake bahasa indo. hehe

      Good luck yah buat kamu.

  69. hai semua salam kenal,
    hari ini saya interview di LBI Salemba. (Hari ini interview hari ke-2 di Salemba)
    ada 4 ruangan – masing² ruangan terlist 15 orang. (Ada dari Jakarta, Cirebon, Bogor, Depok, Tangerang)

    **Phenomena nyata, kenapa didominasi kaum hawa ya, apa kaum adam KURANg berminat kah (dari satu ruangan hanya satu dua saja kaum adamnya :D) ***

    untuk ruangan interview saya*nomor 303* di Interview oleh seorang wanita senior (sepertinya expatriat)
    berdasarkan pengamatan saya
    (karena saya menunggu didepan pintu **persis kayak customer service** :d )

    satu orang diinterview kurang lebih 10 menit (tidak tau setelah saya berapa menit **saya urutan ke – 8 **)

    pertanyaan tiap orang bervariasi – **tetap berlandaskan pada apa yg kita isi di form application tentunya **
    -ada yg diberi pertanyaan Setelah Lulus Mau Kemana – Mau ambil S2 dimana
    -klo saya ditanya lebih ke family background and kegiatan sosial yang dilakukan sama tujuan ikutan
    scholarship ini

    ###hopeless untuk hari ini..yg lain full English..saya campur aduk ga jelas>> :(( ##

    buat yang udah di interview atau yang akan di interview ..semangat ya…
    Semoga Sukses dan sehat selalu.

    *oia buat bang haeril, terimakasih untuk tips² nya , seenggaknya walau baru lulus tahap berkas, saya udah punya banyak teman baru dan informasi baru disini**
    May God Bless you always.

    cheers/yana

  70. halo semua. saya kedapatan interview hari 1… dan agak kaget juga ternyata agak beda dari essay..
    1. langsung ditanya latar belakang keluarga.. bahkan detail.. nanya kuliah naik apa, seberapa sering nyetir, siapa yang membiayai kuliah (semenjak bapak saya meninggal). Malah waktu itu saya keluar negeri, padahal ke KL aja demi menghadiri kakak saya wisuda, saya ditanya “ini siapa yang membiayai perjalanan?”, oh ibu nya kerja di ******* ya? *kaya syok gitu* tapi akhirnya saya jelaskan, kalo ibu saya udah pensiun dan saya dapat beasiswa untuk kuliah.

    2. Di essay saya tulis personal issue di indonesia, tapi yg ditanya lingkup kecil. terus, contohnya apa. cara nanggulanginnya gmn? terus tanggepan orang gimana? terus saya bilang, korupsi. contoh korupsi waktu, dosen yang suka telat, pembuatan ktp yg mahal, dsbnya. terud beliau tanya “anda pernah telat ga?” saya bilang ga. karena saya ga mau ucapan sama perilaku todak selaras.

    3. yang agak bingung, saya ditanya “bagaimana anda menyelesaikan suatu masalah atau keadaan yang buruk, tapi dengan mengaplikasikan ilmu anda?”

    serius pas ditanya ini saya bingung setengah mati, jawaban pertama melenceng. terus diingetin, akhirnya bener deh jawabannya (kayanya)
    habis saya pikir, masalh sosial yang diselesaikan dengan ilmu keteknikan apaa? bingung banget sebenernya. tapi Alhamdulillah walaupun sempet melenceng sedikit ya ada juga jawaban ahaha

    4. big achievement, obstacles nya apa, dan gimana cara menghadapi nya?

    5. ada salah satu term kuliah, yang nilai IP saya jeblok, kenapa? saya malah keceplosan saat itu bilang ga ada semangat belajar. tapi akhirnya saya sadar kalo itu salah, dan saya usaha, bangkit lagi, dan alhamdulillah berhasil. yaaah ini silly banget, terlalu polos. menyesal jawab gini :(

    6. mau jadi apa 10 tahun ke depan? kontribusi buat indo apa?

    7. kontribusi buat sosial yg pernah dilakukan apa?

    haaaah apalgi saya sempet blank pas ditanya dalam bahasa inggris, terus nanya “consider artinya apa yah mis, saya lupa?” eh terus jadi langsung bahasa indonesia.. :((

    ga tau deh.. tapi pas selesai, saya ketawa2 aja.. legaaa.. nothing to lose.. kalo ga dapet juga berati saya harus skripsi tahun ini mungkin ehehhee.. tapi ga nungguin pengumumannya juga sih, ehehe.. goodluck semua. makasi kak haeril tips nya :D

  71. hallo mas haeril…………
    thanks a lot for the tips………..
    Kebetulan saya lagi persiapan tuk menghadapi interview IELSP cohort 9 neh…. next monday!
    saya dari Banjarmasin , dan ini adalah kesempatan kedua saya karena kemaren di cohort 8 saya mandek di tahap interview!
    Mohon do’anya ajha deh…………. postingan and saran2 diatas benar2 bikin saya semakin semangat…..!
    Never give up!

    • halo nurul..good luck ya just do your best..ok..saran sy klo bisa latihan wwncr, ajak salah satu teman sebaga penginterview..itu akan membantu..good luck..

      • Yupz,,,,,,, mas haeril…… alhamdulillah, hari ne test interview sudah dijalani dgn lancar….. moga hasilnya sesuai harapan saja…..

        benar sekali mas….. kebetulan kemaren da “someone” yg lulus cohort 7 yg mau jdi interviewer n memang sgt membantu sekali, hampir semua prediction question yg kami buat ditanyakan…..!

        Aaaaaaaaaah… lega sekali akhirnya selesai…….

        Sekarang cuma kekuatan do’a sebagai senjata…… yang penting i already did the best I could….! masalah hasil….. Tawakkaltu ‘alallah!

  72. hello all!!!
    sy belind dr jogja..baru baca semua komenan temen2..waw..bermanfaat sekali..
    belind insya Allah interview besok buat cohort 9th nih..mohon doanya ya..
    buat kawan2 yang juga daftar cohort 9 dan akan wawancara, gooduck ya..semoga bisa berangkat ke US bareng2 kalian..

    salam kenal.. :D

  73. Ass…slam knal smuanya..kembali sy menulis d blog yg penuh inspirasi ini>>bahwa sabtu kmarin benar sy dapat tlp dr reviewer yg dipersiapkan khusus ole IELSP. Pas jam 12.10 WITA skitar it kyaknya sy d telpon dan memang wktu itu sy already di atas meja menunggu deringan telpon> tiba2 ad nomor baru yg musuk…langsung tman-tmn menjingkir krn sy g mau diganggu saat interview. ppas sy bicara tangan sy mengutak atik tombol hp untuk merekam percakapan kami. Wuwww…….mesti suda ad persiapan info2 dr blog in sputar pertanyaan>>>tetap ajah tegang>>banget>>>>tp rasa tegang itu memacu adrenalin sy untuk terus menjawab pertanyaan dr reviewr. Pertama it reviwer pake bahasa indonesia tp sy kombain jawabannnya Englsh n Indnesia> pertama it sy disuru cerita tntang latarbelakang diri sy,,,,,n sy certa sekitar 7 menit klo g salah yg jelas disini sy curhat tntang perjalanan hidup sy>>kmudian masalah sosial yg ad dsekitar sy>>>>wu….aq langsung jawab bahwa permasalah sosial itu tntang Education…krn masih banyak the next generation yg tdk mendapat sentuhan pendidikan terutama daerah asal sy yng merupakan daerah terpencil>>>yg jla sy menjelaskan secara detil Issue ini>>kmudian masalah jiwa kepemimpinan yg sy miliki >>sy jlaskan bahwa jiwa kepimpinan itu sy mulai dari skrang dlm diri sy, kluarga, teman2. kemudian mau jd ap 10 tahun akan datang…Kegiatan sosial yg pernah sy lakukan jg ditankan yg jlas sy pux cerita tntang aktivitas sosial>>jg ditax rencana klo lolos IELSP..sy jawab berniat unk sgra kmbali ke my beloved country Indonesia u sharing dengan tman2 pengalaman2 yg didapatkan dr sana agr mereka termotivasi unk menjadi penerus pd periode berikut>>>>maaf…….pd pertengah interview sy panggil mbak… revierx..gmana ini ap berpengaruh??…sy g sadar lagi krn terlalu asyik>>>kira-kira kapan bisa kita lihat pengumuman yg real berangkat ke USA?bgi tman2 yg mu knal am aq>>>add aq di FB “wandy plplogi”” sy tunggu..terutama ka haeril…..Minta almat FBx ya wslam…mhon doax smua smoga lulus.

  74. assalamu’alaikum n pagi smua…
    udah ada di situs IIEF nama2 kkandidat yang akan diseleksi scara nasional atau dgn kata lain kandidat yg lolos sleksi brkas, n hrus brjuang interview sbaik mgkn! ada 639 org lho… tmn2 yg ada nmax slmt brjuang yah!
    ini nih linkx:
    http://iief.or.id/download/IELSP%20Cohort%209%20Applicants%20-%20Pass%20for%20National%20Selection%20to%20website.pdf?bffb50aa225ef1ad5922abce89767fff=cfdcb7f96c1e2a44150a231322322a24

    • alaikumaslam yuli and salam kenal.

      waow banyak ya yang lolos
      kalau melihat cohort 8 kan yg keterima beasiswanya sekitar 72 orang (kalau gag salah).
      hmm berarti perbandingannya hampir 1 : 10
      jadi dari 10 orang bisa 1 orang yg lolos
      terus barti dalam satu ruangan interview kemarin bisa jadi 1 sampai dua orang yang lolos ya..
      **cuma asumsi**

      gud luck All…

  75. asslamualaikum semuanya… :)
    kemarin aku juga udah diwawancara.. wah agak beda dari paper :'( aku kaget banget waktu itu…mana wawancranya malam jam 10 lagi..by phone pula …hmm..aku ragu kyknya.. tapi semoga bisa ..AMIEN..yg lain juga berjuang yah :D

    • Iya>>.sepi lma g ad koment dr tman2>>>apa mereka dalam keadaan deg-degkan…tunggu pengumuman>>> bang haeril….kira-kira brapa lama masa menunggu pengumuman setelah slesai interview??

      • dengar2 kbr awal maret baru ditelpon…so sabar aja..good luck ya buat kalian semua..jgn lupas kasi kbr,,ok

      • waow PENGUmumannya sebulan berarti.

        mungkin candidate interview kemaren sangat qualified banget kali ya..
        jadi bingung nentuinnya..heheh

        wishing best for us..:D

  76. Wah, iya pngmumannya kali ini lbh lama, pdhl cohort 8 kmrn 3 minggu udh diumumkan. Mdh2an aja cohort 9 ini kuotanya lbh byk ya, jd lbh bsr peluangnya.. Amin3x..

  77. Aamien….. Buat temen2 yang dah ditelpon langsung update beritanya ya…. Moga kita dapat berita yang baik… Good luck buat qt semua…:-))

  78. Mas, aku kemarin ikut wawancara Cohort 9. Karena saking groginya sampai amburadul bahasa inggrisku. Tapi aku berusaha santai dan bersahaja gitu. Aduh gimana yah, kayaknya ga akan masuk de :( #pesimis

  79. Wawawawawawawawawawawaaaaawwwwwwww…
    Teman-teman di Bandung dan Bengkulu sudah ada yang ditelepon… Giliran Jogja biasanya hari ke 2-3…
    Dheg dheg plasssss…
    Duh Gustiiii… Paringono lolos dan jadi hal yang baik…
    :D

  80. Hay bang Halim…
    Salam kenal..

    Perkenalin,namaq hendrik n aq kuliah di surabaya… blogx bgus bngt,such a great source of info,hehe..
    How’re all of you doin btw..??
    Udah ada kabar belum teman2? aku kemarin udah ditelpon dari IIEF,OMG,aq diucapin selamat,aq lolos IELSP cohort 9… wew,hati dagdigdug gak karuan,excited banget,thx IIEF…
    ..
    greatful bngt,thx a lot to God and smua yg dah dukung… Smoga teman2 lain jg dpt beritax, looking forward to meet you guyz…

    SIncerely…
    Hendrik

  81. Slmt bwt tmn2 yg udh ditelpon.. Kak eril, apa mgkn kakak tau, apa yg cohort 8 kmrn kbrngktannya jg 2 gelombang spt cohort 9 ini? Kl tdk, lalu knp cohort 9 ini ada 2 gel? Apa next time sdh tdk ada program spt ni lg? He.he*penasaran*
    Mdh2an msh ada hrpn utk ditelpon bgi yg blm ^_^

    • iya, sebenernya masih berharap bgt ini tiba2 dapet telepon buat yang gel ke 2,
      semoga aja, amin amin amin……

    • yg bilang dua gelombang siapa? cohort 8 sdh mau diberangkatkan bhkn sebagian sdh ada di amrik…tiap state akan diberangkatkan dengan jdwl yg berbeda,,denger2 pemberangkatan tuk cohort 9 ini bulan juni..

  82. halo semuanya..untuk kalian yg sdh dpt telpon dr IIEF selamat ya n selamat bergabung di keluarga besar IELSP..trus untuk tmn2 yg belum dpt telpon harus tetap semangat ya masih bnyk kok kesempatan lain n berdoa aja agar IELSP akan dibuka lg…ok..good luck..

  83. Thx k’ haeril..
    Wew,aq kemarin ditelpon ru diksh tau utk proses passport n di scan trus dikirm via email, n IIEF akan update trus kitax via email… utk tanggal keberangkatn, kata penelpon (maaf bngt aq lupa namax,my bad,hehe) belum ditentuin, tapi ada kmngkinan antara Mei atau Oktober (if im not mistaken), hohhoohoho…
    so, kita berdoa aja y teman2, semoga program ini masih dibuka lagi n buat yg belum ditelpon,jgn patah semangat,we have to have faith guyz;)

  84. ass….ka haeril terimakasih atas bantuan blognya…………..sya lulus IELSP 9. terimakasih banyak ya ka……………..> buat teman2 dr sul-sel….mhon contactx dong….kalian adalah teman baru saya>>>wasalam… Ni alamat FB n mail q : Fb> wandy plplogi Mail> wsuwandy80@yahoo.com.

  85. haii guys.. aku juga udah lolos untuk jadi peserta IELSP Cohort 9.. :) untuk temanteman yg juga udah lolos..congratz ya…

    kak haeril, is everything free?

  86. I’ll try for the 3rd time…
    Semoga yang kali ini nembus sampe ka Amrik…
    Mohon do’anya teman-teman semua…
    Makasih Bang Haeril… :)

  87. assalamualaikum bg haeril..saya mau coba IELSP cohort 10 ini. doakan saya lulus yaa, ini pertama kalinya saya apply beasiswa IELSP. gimana ya bg cara menulis essay yang tidak rancu? saya udah nulis essay nya, tapi setiap saya baca essay nya, ada aja yang keliatannya salah :(

    saya bener2 pengen lulus beasiswa yang satu ini :'( tapi kok jadi khawatiran sendiri ya hehehe

    oh ya bg haeril, gimana masalah surat rekomendasi? di form ditulis preferably dosen bahasa inggris, nah kalau saya minta rekom dari dosen bukan bahasa inggris gak apa apa kah? nah trus kalau saya minta rekomendasi dari coach debate saya dulu (beliau bukan dosen) bisa gak? soalnya beliau sangat mengerti kemampuan saya (kita udah lama kenal).

    gimana bg haeril? terima kasih ya atas perhatiannya :))

    • wkslm..halo Frida

      aq ada postingan mengenai tips2 membuat esai tuk IELSP, masuk aja di folder IELSP nanti akan km temukan disitu..^_^..gak harus dari dosen bahasa inggris kok, bisa km bisa minta sm siapapun yg penting si pemberi rekomendasi mengetahui kemampun km secara akademik n nonakademik..

      good luck ya

  88. ASS. mas Haeril saya mau tanya..
    1. saya pernah Syudent exchange ke Malaysa, kira2 saya masih bisa nggk ikut Ielsp?
    2. Pengisian form pake huruf kapital atau Aa?
    3. beberapa box di halaan 2 itu dilingkari atau di tick (centrang)

    makasih ya mas..

    • wkslm..

      1. untuk pertanyaan ini sy sdh jwb ya di komen km di postingan lain, jd dicek aja ya..
      2. terserah yg penting konsisten
      3. nanti setelah di print baru dicentang pakai pulpen…

      good luck ya

  89. assalamu’alaikum. mau tanya kak, bagaimana untuk kriteria nilai toefl, pasalnya nilai saya belum mencapai 450, apakah menjadi kriteria pokok? saya tunggu segera balasannya. ikut cohort 10 ne, mohon doa , smoga menjadi yang terpilih cohort 10…… amin

    • wkslm..amin ya Allah…oh ya asalkan selisihnya tdk begitu jauh dr 450 menurutku bisa dipertimbangkan asalkan faktor2 lainnya cukup kuat..toefl bukan satu2nya faktor penentu so no worry..good luck

  90. halo, salam kenal semua… mau tanya ka’.. nilai toefl blm sampai 450 bulan maret kmrin, november ne mau tes toelf lg muga mencapai 450. sebenarnya bagaimana pengaruh nilai toefl di penilaian berkas ? saya wartawan freelns dan tdk dbyr, msh mahasiswa dan banyk sekali kgtn baik tingkat daerah maupun pertukaran pemuda tingkat nasional… tq jwbanya

    • wkslm..amin ya Allah…oh ya asalkan selisihnya tdk begitu jauh dr 450 menurutku bisa dipertimbangkan asalkan faktor2 lainnya cukup kuat..toefl bukan satu2nya faktor penentu so no worry..good luck

      oh ya pengalamannya keren masukkan aja di aplikasi info2 tersebut..saran saya lampirkan CV biar panitia seleksi bisa mengenal km lebih jauh soalnya data diri yg ada di form kan sangat singkat gitu..good luck ya

  91. alhamdulillah td pukul 13.41 wib sy dihubungi sm mas2 gt dr iief.. Yg jd pusing adalah, nanti interviewnya gimana?
    Kalo melihat kakak2 di atas posting pengalaman2nya keren2&kelihatannya mudah..
    Tp kog.. Sy giman gitu..
    Mohon pencerahannya kakak-kakak..
    Tolong beri sy support..
    *takut ngecewain ortu&teman kalo sampai gak lolos tahap trkhir ini* :'(

    • intinya harus tenang n pahami pertanyaan dengan baik. interview itu memvalidasi apa yg kita sebutkan di berkas n siap2 sj dengan segala jenis pertanyaan yg muncul…jgn menjadi beban, santai sj..ok..good luck

  92. kak, menurut kakak, apakah hasil interview ini satu2nya penilaian akhir yg dipake iief untuk memutuskan pantas apa ga kita dpt beasiswa ini? maksud nisa setelah verifikasi berkas, kemudian interview apakah penilaian dr contain essay berpengaruh ckup besar.. i am feeling like i was ruining my interview :(

  93. hai semuanya… saya bakalan interview nih hari besok, tgl 12 jam 9 pagi… nervous banget…. doakan saya berhasil yaaa…. (medan)

  94. thanks Adriana… kamu lulus tahap wawancara juga ya? dr kota mana?

    anyway, artikel ini bagus banget… at least agak terang nih apa yang bakalan ditanyain besok..

  95. Besok pagi, 12 Desember 2011, saya wawancara. semoga lancar dan bisa lolos. Amiin!
    Thanks for this article! Those tips must be very helpful for the interview.

  96. Halo mau tanya, kan katanya di syarat tdk memiliki pglmn bljr dluar negeri. Kalo pernah bljr dluar wkt kecil krn ikut orgtua gimana? Sama kalo pernah exchange 2minggu, tp itu gak belajar formal. Gimana ya? Makasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s