INDONESIA ENGLISH LANGUAGE STUDY PROGRAM (IELSP) BATCH IX/Cohort 9 “Frequently Asked Questions” Deadline 10 Januari 2011


“Frequently Asked Questions”

1. Apakah IELSP itu?

Indonesia English Language Study Program adalah program beasiswa yang menawarkan kesempatan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris di universitas-universitas di Amerika Serikat selama 8 (delapan) minggu.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris peserta, khususnya dalam English for Academic Purposes. Selain itu, peserta akan memiliki kesempatan untuk mempelajari secara langsung kebudayaan dan masyarakat Amerika Serikat karena peserta akan mengikuti program immersion dalam kelas internasional dimana mereka akan bergabung dengan peserta lain dari berbagai bangsa dan negara. Dalam program ini, peserta tidak hanya akan belajar Bahasa Inggris, namun juga akan mengikuti berbagai program kultural yang akan memberikan pengalaman yang sangat berharga.

2. Siapa yang berhak mendaftar?

IELSP terbuka untuk mereka yang berumur 19 – 24 tahun dan masih aktif sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5 keatas) di perguruan tinggi mana pun di Indonesia dari berbagai jurusan. Pendaftar juga harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik yang ditunjukkan dengan nilai TOEFL® baik International TOEFL® atau TOEFL® ITP minimal 450. Peserta terpilih juga harus bersedia untuk meninggalkan kuliah di tanah air selama 8 minggu karena akan mengikuti kursus intensif di Amerika Serikat selama waktu tersebut.

3. Apa saja persyaratannya?

– berumur 19 – 24 tahun, dan

– aktif sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5 keatas) di perguruan tinggi manapun di seluruh Indonesia (BELUM DINYATAKAN LULUS/MENEMPUH SIDANG KELULUSAN)

– memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik yang ditunjukkan dengan nilai TOEFL® baik International TOEFL® atau TOEFL® ITP minimal 450 (bukan Prediction Test)

– memiliki prestasi akademik yang baik

– aktif dalam berbagai kegiatan atau organisasi

– memiliki komitmen penuh untuk segera kembali ke tanah air segera setelah program ini selesai

– tidak memiliki pengalaman belajar di Amerika Serikat atau negara lain selain Indonesia

– memiliki sifat-sifat: aktif, mandiri, bertanggung jawab, percaya diri dan berpikiran luas.

– Menguasai komputer

4. Bagaimana cara mendaftar?

Untuk mendaftar, dapat mengambil formulir di kantor Indonesian International Education Foundation (IIEF), Menara Imperium Lt. 28 Suite B, Jl. HR Rasuna Said Kav 1, Jakarta 12980. Formulir juga dapat di-download dari website IIEF di http://www.iief.or.id. Formulir boleh di fotokopi.

5. Dokumen apa saja yang harus disertakan dalam formulir pendaftaran?

Pendaftar harus melampirkan dokumen-dokumen berikut dalam formulir pendaftaran yang telah dilengkapi:

– 1 (satu) buah pasfoto berwarna ukuran 4×6

– 1 (satu) buah fotokopi Kartu Identitas (KTP)

– 1 (satu) buah surat keterangan resmi dari universitas bahwa yang bersangkutan masih aktif terdaftar di universitas tersebut

– transkrip nilai dari semester 1

– 1 (satu) buah fotokopi Ijazah SMA (tidak perlu diterjemahkan)

– 1 (satu) buah fotokopi Daftar Nilai Ujian SMA (tidak perlu diterjemahkan)

– 1 (satu) buah Surat Referensi dari dosen di universitas – menggunakan form khusus yang terlampir dalam Formulir Pendaftaran. Form Referensi yang telah dilengkapi harap dimasukkan kedalam amplop tertutup dan disertakan bersama Formulir Pendaftaran yang telah dilengkapi. Surat Referensi dari Dosen Matakuliah Bahasa Inggris lebih baik.

– 1 (satu) buah fotokopi nilai TOEFL® (International TOEFL® atau TOEFL® ITP)

6. Apakah yang dimaksud dengan TOEFL® ITP?

Institutional TOEFL® adalah paper-based TOEFL® yang berskala institusional atau nasional yang biasanya banyak dipergunakan untuk melamar pekerjaan atau melamar beasiswa di dalam negeri. Materi yang di test terdiri dari: Listening, Structure dan Reading.

Bagaimana jika hasil TOEFL® ITP belum diumumkan ketika mengirimkan aplikasi?

Tes TOEFL® ITP harus dilakukan sebelum tanggal dateline tetapi hasil TOEFL® ITP dapat disertakan setelah tanggal dateline. Kemudian pada aplikasi di halaman 4, diisi dengan pilihan bahwa masih menunggu hasil TOEFL® ITP (I am currently still waiting for my TOEFL® score) dan dicantumkan tanggal, bulan dan tahun ujian serta test center tempat ujian TOEFL® ITP.

Dimana sajakah tempat ujian TOEFL® ITP?

Untuk informasi mengenai tempat ujian TOEFL® ITP dapat menghubungi Indonesian International Education Foundation (IIEF) di no telepon (021)-8317330 atau email: testing@iief.or.id

7. Apakah fotocopy nilai transkrip dan surat aktif kuliah harus di terjemahkan dalam bahasa Inggris?

Fotocopy nilai transkrip wajib dilegalisir tetapi tidak harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Surat aktif kuliah tidak harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris tetapi disertai cap dan tanda tangan dari pihak universitas.

8. Formulir dapat diisi dengan tulisan tangan atau diketik?

Pengisian formulir aplikasi sebaiknya diketik tetapi diperbolehkan diisi dengan tulisan tangan.

9. Formulir ditujukan ke mana?

Formulir yang telah dilengkapi dan disertai oleh dokumen persyaratan dialamatkan ke:

IELSP

Indonesian International Education Foundation (IIEF)

Menara Imperium Lt. 28 Suite B

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1 Kuningan

Jakarta 12980

(harap menuliskan IELSP di sudut kiri atas amplop)

10. Kapan batas waktu pendaftaran?

Untuk Gelombang IX, formulir yang telah dilengkapi dan disertai oleh dokumen persyaratan harus diterima olehIIEF paling lambat tanggal 10 Januari 2011.

11. Apakah saya harus sudah memiliki paspor dan visa Amerika Serikat sebelum mendaftar?

Seseorang tidak perlu sudah memiliki paspor dan visa Amerika Serikat untuk bisa mendaftar. Jika terpilih, peserta akan diberikan waktu untuk mengurus paspor. Visa Amerika Serikat akan diurus oleh IIEF sebelum keberangkatan. Perhatian: Penerima beasiswa dijadualkan untuk berangkat ke Amerika Serikat pada bulan Juni dan Oktober 2011 (catatan: keputusan hasil seleksi tidak dapat diganggu gugat).

12. Apakah ada biaya tertentu yang harus saya bayar dalam program beasiswa ini?

Program ini merupakan beasiswa penuh, dan peserta tidak dipungut biaya apapun. Penerima beasiswa akan ditanggung seluruh biaya kecuali biaya pembuatan paspor.

13. Kemana saya harus bertanya untuk mendapatkan informasi?

Untuk informasi dapat menghubungi:

Indonesian International Education Foundation (IIEF)

Menara Imperium Lt. 28 Suite B

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1 Kuningan Jakarta 12980

Telp: 021 – 831 7330,Fax: 021 – 831 7331 (pada jam kerja)

Email: scholarship@iief.or.id

DOWNLOAD APPLICATION FORM DISINI

163 thoughts on “INDONESIA ENGLISH LANGUAGE STUDY PROGRAM (IELSP) BATCH IX/Cohort 9 “Frequently Asked Questions” Deadline 10 Januari 2011

  1. aslm…
    Mas Haeri mau nanya dikit boleh mas?
    Gini mas, Alhmdulillah saya lulus tahap pertama IELSP gelombang VIII tapi sayangnya g lulus ampe tahap wawancaranya. Soalnya temen saya yang sama2 wawancara ama saya di telpon lg ama IELSP tanggal 26 November kemarin sedang saya tidak, nah saya pengen tahu pengungumannya emang cuma lewat telepon ya mas, kita g bisa ngechek scr online y?
    Nah ini beberapa pertanyaan saya mas, mohon maaf bila banyak,
    1.Trus saya pernah tinggal di luar negeri dari umur 1,5 tahun hingga mau naik kelas 2 SD mengikuti ayah saya belajar di Jerman
    Yang ingin saya tanyakan dipersyaratan dicantumkan belum pernah memiliki pengalaman belajar selain di Indonesia, apakah pengalaman saya waktu kecil ini berpengaruh pada penilaian mas?
    2. Klo saya baru aja apply IELSP gel VIII boleh g saya apply lagi untuk yang gel IX?
    3. Sepertinya saya selalu gagal di tahap wawancara, saat SMA juga saya mengikuti program AFS dan lolos hingga tahap 3, yaitu wawancara. Tetapi saya gagal pada tahap tsb, padahal itu merupakan tahap terakhir. Kira2 menurut mas interview beasiswa seperti ini poin penting apa aj yang mesti saya kuasai,karena selalu gagal pada tahap tsb…
    Terimakasih, sangat menyenangkan bisa ketemu blog ini banyak informasi2 yang sangat bermanfaat,,,
    Sukses terus buat mas haeri atau dipanggilnya mas haim??

    • wkslm..Halo Alpinia…salam kenal ya, panggil sj sy Haeril, klo panggil halim itu nama bapak sy hehhe..

      oh ya, ttg pengumumannya, iya yg dihubungi hanya yg lulus, tuk mengecek infonya IIEF akan mengupdate di website tp kira1 2-3 minggu setelah pengumuman gitu..sy senang km tetap semangat untuk ikut cohort 9 nanti..moga bisa lebih baik di cohort 9..amin,,

      untuk pertanyaan:

      1. ini memang yg menjadi pertanyaan bagi sebagian besar org bagi yg pernah tinggal di luar negeri dan mereka yg pernah dpt beasiswa lain di luar negeri. sy sudah menanyakan hal ini ke iief dan mereka bilang bahwa gak papa2 dftr aja, klo aturan point tersebut bisa fleksibel krn masing2 program beasiswa mempunyai tujuan yg berbeda dengan program lain oleh krn itu mereka manyarankan tuk dftr aja..gak papa kok km dftr aja itu tdk akan berpengaruh dalam penilaian..

      2. jawabannya BOLEH SEKALI. Silahkan dftr, n tunjukkan ke IIEF bahwa km seorang mhsw yg pantang menyerah n slalu berusah mendapatkan impian km..

      3. jgn pernah menjudge diri km sendiri bhw km slalu gagal di interview krn itu akan menjadi sugesti secara tdk langsung, tanamkan pemikiran positive bhw km akan menjalani interviewnya dengan sukses dengan syarat belajar dr pengalaman interview masa lalu. inti dari interview itu adalah kecocokan apa yg kita tulis di berkas dengan apa yg kita ucapkan pd saat interview.. tuk tips interview IELSP km bisa baca postingan sy di link ini

      https://haerilhalim.wordpress.com/2010/11/05/tips-tips-interview-ielsp/#comment-365

      di link itu banyak teman2 yg dftr cohort 8 kemarin dan beberap diantaranya lulus IELSP..km bs sharing dengan mereka jg dengan memberikan komentar di postingan tersebut..

      selamat n sukses ya tuk IELSP cohort 9 nya..klo ada pertanyaan jgn ragu tuk bertanya..OK

  2. Assalammu’alaikum.makasih kak infonya. heru makin semangat nih untuk belajar dari kesalahan kemarin. sukses buat kak haeril ya

  3. asslamu alaikum kak😦
    sayangnya aku ga lolos menjdi participant😦 aku kecewa banget kak….kirakira ada kemungkinan lolos ga yah kalo aku ikut yg cohort 9 ??🙂 makasih atas tips-tips nya yang sangat berguna kak, cuma mungkin belum rejeki aku😦

    • halo Yovita..ayo tetap semangat ya tuk cohort 9 ini..

      kemungkinan lolos akan tetap ada dan terbuka sebesar2nya..intinya tetap berusaha sj n do your best…ok

      good luck ya..silahkan bertanya jika masih ada pertanyaan..ok

  4. Halo Kak Haeril, infonya bagus sekali, saya pun berminat untuk mendaftar program IELSP🙂

    by the way, saya pernah dengar bahwa applicant harus membuat esay sebagai salah satu instrumen penilaian tapi saya kok ga melihat esay tersebut ada dalam dokumen pendaftaran ya? apakah pada saat submit form pendaftaran memang ga perlu menyertakan esay dan esay adalah “umpan balik” setelah pendaftaran? mohon info tentang esay ini ya kak.

    makasih sebelumnya, kak.

    • halo jg..

      oh ya essaynya ada kok di dalam application form (yang dalam kotak itu) lihat halaman 7 n 8..buat semenarik mungkin ya, panduannya ada kok di box itu..

      good luck ya..silahkan bertanya lg jika masih ada pertanyaan..ok

  5. Nice blog! Aq jadi inget sepupuku yang ikut gelombang pertama program ini. He got a lot of experiences, even he just stay for about 8 weeks.
    Hope you get the opportunity to be CCIPer ’11. See you in US! ^^

    • hi Chita..makasih tuk kunjungan baliknya ke blog sy..

      iya wlpn cuman 8 minggu tp pengalaman yg didapatkan serasa 2 tahun n unforgetable for sure…

      amin, makasih tuk doanya semoga bisa menjadi salah satu grantee CCIP 2011..

      oh ya aq udah add di fb, diconfirm ya..thanks..

    • beraangkatnya bertahap mulai dr juni, juli n agustus..

      gak papa kok nunda kelulusan demi IELSP wortedlah klo ukurannya itu pengalaman yg akan didapatkan..

      aq jg kemaren nunda kelulusan gitu krn lulus ielsp pas mau nulis skripsi..

      good luck ya..

    • tipsnya, klo listening beri perhatian yg lebih ke speaker ke dua krn biasanya pertanyaan itu selalu menanyakan apa yg speaker ke dua mksd..

      klo structure bagian A itu mencari pilihan yg tepat sedangkan klo bagian B itu mencari yg salah ingat, dalam mengerjakan bagian B begitu dpt jwbn yg salahnya gak usah mencari kemungkinan jwbn yg benarnya apa krn menghabiskan wkt, tugasmu hanya mengidentifikasi bagian mana yg salah…

      trus klo reading baca dulu soalnya trus baca artikelnya, nah dalam membaca artikelnya kan kadang nemu jawaban gitu jadi langsung di jwb aja..ada bbrp pertanyaan implisit jadi harus dipahami dengan baik..

      ok good luck ya..

  6. blog yg sangat membantu….
    makasih ya mas…
    btw,, aku pengen bgt dapet kesempatan u/ belajar di luar negeri….
    i’ll try do my best to get this scholarship…
    wish me luck….
    :))))

  7. mas, beruntung banget aku nemuin blog ini, ak tertarik bgt buat ikut tapi aku adalah lulusan diploma 3 yang skrg lagi ekstensi sarjana S-1 di semester pertama (dari 5 semest yang harus aku selesaikan), nah..apakah mhsswa eksteni seperti aku diperbolehkan ikut? kalo boleh, minimal semester berapa ya aku bisa ikut?
    oia, mas..satu lagi..untuk setelah cohort 9 ini (cohort 10) kira2 kapan ya?terimakasih sebelumnya😀

    • halo dewi..

      oh ya bs km boleh dftr kok, beasiswa ini ditujukan bagi mereka yg masih berstatus mahasiswa (minimal semester 5 keatas) brarti harus belum mengikuti sidang skripsi..km dftr skrg aja tuk cohort 9 ini deadline 10 januari 2010..tuk cohort 10 belum ada infonya..

      good luck ya..

  8. kak Haeril, selamat malemm
    kak aku mau tanya dunk kak,..tips-tips nulis essay yang menarik,..
    kemarin aku dah daftar cohort 8, tapi gak lolos,..
    padahal dokument ku dah lengkap,..jadi aku pikir mungkin karena essay ku yang kurang menggigit..
    hehehehe
    tak tunggu infonya ya kak
    terimakasihhh

    • esay yg menarik itu ada 2 aspeknya yaitu keindahan bahasa n bobot argumen yg ada..jadi perbaiki keindahan bahasanya (bukan grammarnya tp bukan brarti tdk grammatikal) n kekuatan argumennya…

      ok good luck ya

  9. a wonderful blog. Saya dapat ikut cohort8 dan ingin mengikuti cohort9. kalo boleh tahu, apakah program ini ditujukan lebih khusus bagi mahasiswa dari jurusan sastra? (saya berasal dari jurusan kedokteran dan kebetulan 2 orang yg lolos dari daerah saya dari jurusan sasing). Kemaren cukup kecewa tidak lolos.

    • beasiswa ini tdk mengkhususkan tuk jurusan tertentu, peluang akan diberikan kepada siapa sj yg mendftr asalkan memenuhu syarat pndftrn..

      jgn kecewa, kegagalan di cohort 8 kemarin brarti kemantapan tuk mencoba lg di chort 9 ini..ok

      good luck ya..

  10. mas haeril,,,,saya mau tanya…btw mas haeril lulus IELSP yg cohort brapa ? wktu itu mas brangkatnya kpn? trus tiba k tanah air lgi kpn ?
    -ada biaya lain gak mas klo qta lolos slain biaya buat paspor?
    -klo waktu yg cohort 8 kmren, deadline-nya kpn ? trus brangkatnya kpn ? kira2 utk cohort 10 ada jeda wktu brapa bulan stlah cohort 9 ?
    -BTW TOEFL yg hrus di lampirin itu hrus dua2nya, yg internasional jg dan yg ITP jg atau yg ITP aja ? BTW tuk buat international toefl dmana aja? bisa sama d tempat yg buat ITP ?
    Prosedurnya tuh qta d kasih uang saku atau di biayain slama dsana ?
    thanks ya mas !

    • halo..

      oh ya sy alumni IELSP cohort 6 brgkt juni pulangnya agustus 2009..
      semua biaya ditanggung kecual passport, cohort 8 kemarin deadline 18 november klo gak salah trus cohort 9 in deadline 10 januari, tuk cohort 10 sy blm ada kbr ttg itu..

      tuk toefl gunakan ITP sj kan murah dibanding international, tp klo mau pake international jg gak papa..ada banyak kok tes center yg melaksanakan toefl tergantung aja daerah km dmn..search ada di internet gtu..

      waduh tuk masalah uang saku mending kita bicarakan setelah lulus nanti ya..

      just do your best aja tuk tahap awal ini..ok

      good luck..

      • tuk yg cohort 8 kmren brangkatnya kira2 bulan apa ?
        trus klo yg cohort 9 ini brangkatnya bulan apa ?
        beda cohort beda brangkatnya ya ?
        thanks

      • oh ya tahapan tesnya itu pertama ngirim berkas trus klo lulus berkas dipanggil interview, klo lulus interview baru dinyatakan sebagai penerima IELSP..

        tuk cohort 8 bergkt februari nanti, trus cohort 9 brgktnya bertahap dr juni hingga agustus..infonya ada di blogku..

  11. Met Pagi,mas haeril… Nama saya Dian.
    saya berminat sekali dengan Scholarship ini..
    dan saya sekarang sedang proses melengkapi berkas.. *mohon doanya*…
    tp ada yg sy sdikit bingungkan nih,mas…
    tentang surat rekomendasi dosen..
    apakah gpp kl surat rekomendasinya qt sndiri yg buat dan dosen qt tnggal ttd..
    soalnya saya minta dosen saya untuk membuatkan, tp beliaunya bilang “gpp..kamu saja yang buat,nnti bapak ttd..”, bgitu..
    Apakah tidak papa kl saya minta ke lebih dari 1 dosen tapi dengan format surat yang sama?
    Mohon bantuannya, Mas Haeril…
    terima kasih atas ilmunya nih…
    Nice Blog…😀

    • iya gak papa aq jg dulu spt itu soalnya dosennya malas gtu..ehheeh

      bisa minta lebih dr satu dosen asalkan jgn dengan bunyi rekomendasi yg sama harus beda redaksinya..

      good luck ya Dian,,

  12. ya harus beda dong hehhe…klo sama dmn logikanya hehehe..

    ok sukses ya, just let me know if you stll have a question in the future..ok

  13. Udah lama ga Buka blog bang Haeril, Apa kabar bang Haeril?
    Gara2 nungu telpn dari IIEF ga nongol2 sy jadi males buka2 site yg nyakut masalah IELSP..heheh
    Tapi kemaren2 sy dapet info kalo IELSP buka lagi, jadi langsung deh masuk blog Bang Haeril yang Mantep banget.😀 Spirit sy muncul lagi.🙂
    Oh ya bang, sya punya pertanyaan nih.
    1. Bagi yg udah pernah ikut daftar tapi pengen coba ikut lagi kira2 masih punya kans besar buat lolos ga? takutnya malah ngambil yg fresh baru nyoba pertama kali, kita2 yg udah pernah nyoba dianggap sudah basi dan tidak qualified (karena sudah di test pake interview dan hasilnya gagal) T^T
    2. Masalah Form. Aplikasi nih, kira2 Form Aplikasi yg sy pernah buat mesti dirubah lagi atau tidak perlu dirubah (mungkin cuma edit2 dikit)?
    3. Kalo sy lolos lagi sleksi berkasnya, bakalan di interview sama orang yang sama ga?
    Udah segitu dulu deh, masih banyak tapi lupa..hehehe
    Sya pengen berjuang mati2an kali inih Bang, coz katanya denger2 beasiswa IELSP ini yg terakhir, tahun depan ga bakal ada lagi.. (CMIIW)
    Btw thanks ya Bang Haeril!🙂

    • alhamdulillah kbr baik…km gmn? kuliah lancr kan?

      iya IELSP cohort 9 lg nunggu km tuh tuk disapa, ayo cepat rampungkan berkasnya..

      tuk pertanyaan:

      1. IELSP tetap membuka peluang yg sama besarnya bagi setiap pendaftr n tdk membedakan pendaftr baru ataupun lama, so jgn khwtr peluang km masih tetap sama dengan yg lainnya.. intinya belajar dr pengalaman kemarin n perbaiki apa yg seharusnya km perbaiki biar lebih mantap lg cohort ini, ok????

      2. usahakn tuk rubah esainya ya ntar dikirain malas lg cuman copy paste gitu dr application sebelumnya lg, right?? buat esaimu semenarik mungkin sehingga panitia IELSP penasaran tuk memanggil km tuk interview lg..

      3. klo di mks penginterviewnya tetap sm gak tau klo ditempat lain, bisa sj org yg berbeda lg klo penginterview sebelumnya ada halangan atau gmn…

      iya belum ada kejelasan apakah tahun dpn IELSP masih buka lg, intinya manfaatkan setiap kesempatan yg ada, jgn disia2kan harus tetap fight till your best comes out!

      I am confident that you’ll make it brother, just do your best! keep asking if you need any help after this…ok???

      good luck..

      • Bang kalo form tentang “Background” dan “long term career aspirations” gmana? Kan sy msh tetep punya cita2 future carrier yg sma😀, mungkn redaksi penulisannya saja yg mesti dirubah kali ya Bang, bener ga?🙂
        Hmm harus mulai meracik ramuan yg jitu nih, tp bentar lagi udah mau UAS Bang, banyak tugas kuliah numpuk.😥
        Tapi tetep semangat! Pokoknya kali ini harus bisa!!!!!
        Makasih ya bang, sy jd lebih bersemangat buat fight, kayak tim garuda semalem, fight terus sampe detik2 penghabisan..hehe

      • ya klo future karirnya jgn dirubah cita2nya, mksdku bahasanya diperindah gitu, klo emang km rasa substansinya yg kemarin udah ok ya gak usah dirubah, poles2 aja dikit biar nampak klo km berusaha tuk perbaiki aplikasi km..klo background yg gak mgkn berubah lg, maksdnya km nambah info dibackgroundmu yg membuat panitia IELSP merasa harus memilih km..jgn berikan info yg tdk mereka butuhkan..ok

        ayo semangat garuda!

  14. Assalamualaikum,
    mas saya telat dapat informasi, saya pengen ikut, mudah2an masih bisa, lagi usahain buat TOEFLnya,
    untuk sertifikat yang disertain itu semua sertifikat yang kitra dapet walaupun dari SD atau yang didapat selama masa kuliah aja ya?

    minta saraan dong biar lulus di tahap berkas,

    terima kasih sebelumnya

    • wkslm..halo ani..

      intinya tuk lulus tahap berkas itu harus memenuhi semua persyaratan IELSP (baca apa2 sj persyaratannya di blog), trus kerjakan aplikasinya dengan teliti, esainya buat semenarik mgkn sehingga panitia seleksi berminat tuk memanggil km interview. tuk sertifikatnya kebanyakan klo mulai dr SD, masukkan yg sejak kuliah aja krn itu prestasi terdekat yg bisa memberika gambaran tentang siapa diri kita..

      good luck ya!

      • mas ternyata test toeflnya baru ada lagi tanggal 29 Januari😦
        kira2 saya masih bisa ikut nggak walaupun testnya tanggal segitu?
        makasih

      • wah lama skali klo 29 jan…mmmm kirim aja tanpa toefl dan sebutkan di halaman 4 application form klo km toeflnya tgl 29..sebenarnya sangat jauh tp gak papa dari pada application formnya gak terkirim, nothing to lose jg kan..klo rejeki pasti km dipanggil interview..

        selain itu coba cari dites center lainnya apakah ada yg toefl sebelum 10 jan, atau paling tdk seminggu setelah deadline! bnyk kok tes center di berbagai kota, pasti di kotamu jg bnyk tdk hanya satu..ok

        good luck

  15. salam kenal mas haeril, thanks udah nulis banyak soal IELSP

    anyway, teman2..ad yg udah dapet kabar dari iief buat interview ielsp cohort 9?

    saya masih menunggu, mudah2an mendapat kabar baik…

    • oh ya biasanya pengumumannya lwt telpon itu 2 hingga 3 minggu setelah deadline..just wait..insyaAllah bisa lulus berkas..amin..

      good luck…

    • iya syg banget km gak bs ikutan..berdoa sj IELSP akan berlanjut..tunggu aja infonya..subscribe aja disini nanti begitu ada info baru ttg IELSP maka akan otomatis masuk ke email km..ok

  16. Mas haeril..sekarang sudah tanggal 24 januari, deadline 10 januari.. Deg-deg an nunggu seleksi berkas.. Belom dipanggil2. Nanti kalo udah dipanggil, saya minta tips wawancara yah mas. +ya, aku mau tanya tentang pngalaman ke LN. Soalnya di bbrp blog yang ngebahas ini, rata2 yang dpt itu yg blm pnh ke LN.. Dan pas wawancara ditanyain, udah pernah ke LN brp kali, mobil ada brp.. Apa itu mempengaruhi banget yah mas?

    • kok wwncaranya nanyanya spt itu??..gak mgknlah..tugas pewawancara ini menanyakan seputar berkas n paling ada bbrp pertanyaan lain yg muncul sesuai jawaban yg kita keluarkan..

      biasanya baru akan dipanggil setelah 2 atau 3 minggu gitu..jd tunggu aja ya..

      memangnya sdh pernah LN negeri? dalam rangka apa? klo ditanya spt itu bilang aja setiap program membawa visi n misi masing2, yakinkan bhw program ke LN yg km ikuti kemarin itu berbeda visi misinya dgn IELSP..gitu menjawab yg lebih cerdas heheheh…bilang jg salah seorang alumni pernah menanyakan hal ini ke IIEF n IIEF bilang bhw gak papa asalkan program yg pernah diikutinya itu beda visi n misinya…

  17. temen2 saya sudah dihubungi ielsp untuk hadir ke tahap wawancara kemarin.
    Saya ga dihubungi, jadi agak putus asa,
    padahal udah berusaha buat sebagus mungkin essaynya..
    selamat buat yg lulus!

  18. Ehm,koq blom ada kabar y,jdi deg2an nh k’..
    Btw,gimana y k kalau casex kyk aq,
    1) kuliah di surabaya tp aq asalx dari Flores (provinsi NTT)..?? tapi mailing address aq masukin alamat kos,hehehe…
    2) aku banyk mengikuti seminar2 tpi non-sertifikat, mengurangi penilaian gak?
    Thx btw…

    • halo Riko..ya harus domisili tetap km klo km kuliahya di surabaya pasti harus pake alamat dmn km berdomisi skrg..kyk aq kan asal sulawesi barat cuman kuliah n domisilinya skrg di mks, jd aq pake alamat mks..

      gak papa, asalkan km benar2 mengikutinya aja, klo pengalaman organisasi baiknya melampirkan copi dr SK pengangkatan atau semacamnya biar lebih valid..

      tunggu aja ya moga aja besok km dpt telpon..ok

      good luck..

  19. assalamualaikum..
    salam kenal mas..saya fia..

    info2nya lengkap bgt ya mas…thank bgt nih..

    sebenarnya pengumuman cohort-9 udah ya mas??

  20. mas, saya ikut IELSP cohort 9 dan syukur banget lolos utk interview. kmrn tgl 1 udh interview via tlp. kira2 kapan yah dgr kabar hasil seleksi interview nya?? apa via tlp jg??

  21. Maaf mas.. saya mau tanya, saya baru tahu kalau nama saya ada di pengumuman cohort 9 yang national selection.. baru tau barusan saja.. kebetulan ada nama teman saya jugag, saya tanya dia sudah di interview malah. saya kog tidak dapat kabar apa-apa ya? apakah pengumuman nya via email atau telepon??

    Thx bgt ya mas..

    • oh ya Irma apa km yakin nama km ada di list? coba liat dengan seksama, kalau memang datanya bener (nama, kmpus dll) silahkan hubungi IIEF divisi scholarship IELSP..aq udah tanyakan ke IIEF barusan n mereka menyarankan agar km lebih proaktif untuk bertanya ke IIEF..ok..good luck..mohon hubungi IIEF sesegera mungkin ya soalnya seleksinya masih berlangsung n sebentar lg akan slesai..ok..good luck..

  22. tau ga alasan kenapa ada interview by phone?? soalnya banyak kendala dalam interview by phone.. ga semua daerah punya sinyal yang bagus.. saya contoh kemaren, suaranya agak putus2, jadi ya ada bbrapa pertanyaan yg kurang paham dan akhirnya jawabnya ngasal aja..

    • biasanya di daerah km tdk ada interview, dengan kata lain pendftr dr daerahmu jumlahnya sedikit..klo pertanyaanya kurang jelas mesti minta diulang pertanyaanya biar asal tdk menjawb n mereka pasti mengerti jika saat interview km ngasih tau ke mereka bhw jaringannya jelek jd pasti dikasi toleransi tuk mengulang pertanyaan..

  23. Hi halim..
    Sangat menarik banget infonya..lu mau tanya ne..proses seleksi IELSP biasanya memakan waktu berapa lama ya??

    Terima kasih and salam kenal

    • oh ya biasanya dr deadline ke pengumuman lolos berkas itu 2-3 minggu, dan begitupun sebaliknya pengumuman setelah interview…

      good luck..

      • kak, salam kenal,ni aku pipit, ini sudah 3 minggu sejak interview tapi kok belum ad pengumuman lolos dari kampusku.satu pn blm ad yang ditelp. gmn ya?ap kakak tau,kl boleh ak minta alamt twitter nya.thx u

  24. Selamat atas terpilihnya teman-teman se-tanah air yang dinyatakan lolos seleksi IELSP cohort 9-2011.
    Semogia akan semakin banyak bermunculnya Kak Hairil – hairil lainnya yang bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan yang lainnya.

    Check it out. Here:
    http://iief.or.id/download/FINAL%20Selection%20IELSP%20Cohort%209.pdf?bffb50aa225ef1ad5922abce89767fff=cfdcb7f96c1e2a44150a231322322a24

    Wish me luck at batch 10 ( Hehe… insya Allah kalo masih ada programnya. Semoga…)

  25. selamat buat yg terpilih.. =)
    hiks.. hiks.. sedih juga ga kepilih..
    tahun depan gabisa ikutan.. cuz udah tingkat 4..

    ka, klo ada info2 beasiswa n program2 gini.. share ke saya ya.. =)
    thx
    ______________________
    windywidowati@gmail.com

  26. taunya telat😦

    kalo seandainya saya mau ikut yg tahun 2012 tp kemungkinan bulan Mei 2012 sudah lulus apa dimungkinkan untuk mengikuti program ini?
    misal selama melakukan pendaftaran saya blum sidang kelulusan..

    seandainya ga bisa kira2 ada program beasiswa ke luar ngegeri lainnya yg bisa saya ikutin ga?
    trimakasih🙂

    • tdk ada jdwl rutin bhw setiap setahun atau dua tahun sekali tuk program ini….untuk info cohort 10 belum ada kabar..nanti begitu ada info sy update di blog jd silahkan subscribe di blog ini……syarat beasiswa ini minimal semester 5 n maksimal belum ujian sidang skripsi…..oh ya di blog ini jg bnyk info beasiswa silahkan baca aja di folder fellowship mudah2n ada yg cocok….good luck ya

  27. Halo Bang!!
    Saya ingin tanya gelombang X itu kapan dibuka pendaftarannya?

    mengenai persaingan, kira-kira berapa orang yang diterima dan berapa yang mendaftar sebelum seleksi berkas..??

    Supaya saya punya gambaran
    Mohon informasinya ya Bang…
    Terima Kasih

  28. makasih banyak ya mas atas infonya ..
    saya mau tanya ,berarti nilai toefl 450 itu didapat dari toefl itp ya ?jadi harus ikut tes yg diadakan iief sendiri bukan badan lain ?
    makasih🙂

    • sama2..iya score 450 itu harus ITP..IIEF itu penyelenggara toefl ITP di Indonesia dan di beberapa daerah ada bbrp institusi yg diberi wewenang untuk melaksanakan ITP, soalnya itu dipesan di IIEF..asalkan toeflnya ITP itu pasti dr IIEF, jd dimanapun km toefl gak masalah asal toeflnya itu ITP…ok..good luck…oh ya sebelum ikut toefl harus yakinkan dulu ke lembaganya apa benar itu ITP TOEFL apa gak…ok again good luck….

    • wsklm..halo vta..gak ada jadwal rutin tuk program ini tergantung kesediaan dana yang ada dr sponsor..insyaAllah akan buka lg cohort 10 cuman belum ada kbr kapan kepastiannya..tunggu aja ya n sering2 aja berkunjung ke website http://www.iief.or.id tuk liat info terbaru ielsp..ok..good luck

      • O iya mas kemarin saya baca2 blog anak yang mau daftar program ini dan ternyata program ini lebih di khususkan untuk anak yang tidak terlalu mahir bahasa Inggris ya?
        Padahal aku anak sastra Inggris mas

      • informasi itu kurang tepat kok..baca aja eligibilitasnya dengan baik klo memenuhi syarat yg diminta brarti km eligible tuk beasiswa ini…ok..good luck..

      • Masalahnya itu info dari anak yang ikut ILESP trus lolos sampe waktu wawancara. n waktu berakhirnya wwawancara dia di bilangin pewawancaranya kalau dia terlalu kuat dan pinter gitu
        yah tapi aku bakalan tetep coba

  29. tanya kak.
    supaya lolos harus aktif di banyak organisasi n pegang jabatan penting ya?
    pengalaman dari temen2 yg udah lolos gmn, apakah mereka para aktivis?

    • tdk semua tmn2 yg lolos itu aktivis so jika km punya pengalaman sedikit dalam organisasi maka silahkan dfr n berkompetisi dengan yg lainnya…selain organisasi msh bnyk kriteria lainnya n jika km merasa kurang dalam organisasi maka make sure that km kuat dalam kriteria penilaian lainnnya..tuk lebih jelasnya liat eligibilitas yg diminta..ok..good luck

    • wkslm..terakhir tahun lalu gelombang 9, nah belum ada kbr soal gelombang 10..sering2 aja cek di website iief atau subscribe di blog ini sj biar nanti akan dpt update info terbaru IELSP…ok…

  30. wah udah buka ya yang X
    Thanks buat infonya mas
    btw kalo mau download formnya di mana ya??
    soalnya ya g di web Iief nya gag bisa

  31. hy brother,, really glad when i found your blog,,
    hope this is the anwer for my wish in this holly month,, coz i heard all our wish will be come true if we are mean on it,,
    mas, gw anggi, from pekanbaru, but now Im in bogor, Im joining local scholarship,,,
    like this, I ever try to join this program last year, but Im not pass it,even for first step,, and i thought it because of my essay, not a good essay any way,
    so I wanna ask u
    1st. is our ITP score influence the for appraisal?
    2nd. how to make a good essay?
    3rd. how could u pass it? do you have any special thing to do? or in your mind, what thing made u pass it mas??

    i think thats all,,

    sincerely

    Anggi_Bogor

    • hi anggi..

      1. ITP adalah salah satu bagian penilaian dalam proses seleksi IELSP (liat standart yg diminta)
      2. see my post on how to make IELSP essay in this blog (go to folder IELSP)
      3. kriteria kelulusan adalah berkas yg mantap n hasil interview yg bagus..itu kuncinya..ok..

      good luck ya

  32. assalamualaikum mas haeril,mas saya mau bertanya,
    kebetulan nilai akedemik saya agak kurang itu karena saya kuliah sambil bekerja,apakah nilai akedemik itu benar2 menjadi pertimbangan mas,karena sya sangat berharap bisa join dan mencoba untuk mengapply berkas saya,,,,terima kasih mas,maaf seblumnya…

    • gak usah khwtr soal nilai kuliah selama tidak terlalu buruk2 amat nilainya dftr aja, krn nilai itu cuman salah 1 penilaian n msh bnyk faktor2 lainnya yg lbh penting…good luck ya

  33. Assalamu’alaikum, haeril…
    saya mau tanya tt interview IELSP. Kiri2 kalo diinterview pake bahasa apa? bahasa inggris or indonesia…
    trims

  34. salam kenal bang,,aku alfian dari makassar,mau nanya nih tentang beasiswa iief ini.,interviewnya diadakan dmn yah??di jakarta atau di kota participant nya??terus yang ditanyain pas interview itu apa??

    • halo alfian salam kenal…sy jg dari makassar hehheheh..klo km dftrnya dr makassar maka interviewnya di unhas..yg ditanyakan saat interview itu umumny tentang apa yg kita tulis di berkas..coba baca postinganku judulnya “tips2 interview ielsp”, masuk di folder IELSP yg ada disebelah kiri layar monitor…ok..good luck ya

  35. satu lagi nih,kebetulan saya belum punya sertifikat toefl,rencana baru mau ngambil sekarang,.ada tdk recomend t4 kursus di mksr yg ngeluarin sertifkat toefl ITP??katanya jg sastra inggris Unhas sering ngadain tes toefl yahh,itu ITP atau cm prediction test?

    • tuk makassar, bisa di ELI pettarani, samping yamaha, trus di ELC, Pusat bahasa unhas..3 lembaga itu yg sering adakan toefl itp..

    • iya dalam bahasa inggris, klo dosennya tdk tau bahasa inggris terjemahkan surat rekomendasi tsb n tetap gunakan form yg ada dihalaman terakhir aplication form..good luck

  36. halo kak haeril salam kenal.. saya bram , lagi mencoba jalur ke 10 nih.. mohon doa dan bantuannya ya kak. oiya syarat untuk lolos berkas apa ya kak ? makasih🙂

    • hao brar salam kenal..oh ya syaratanya esainya harus bagus n semua persyaratan yg diminta harus dipenuhi..ok..wish you all the best tuk cohort 10 ini..ok

  37. Ass mas,sy vivin.sy pnh baca d sebuah blog lain yg juga mbahas beasiswa ielsp ini,ktny ipk itu wajib minimal 3,ap bnr?&surat rkmndsi sebaikny dr dosen bhs inggris,sdgkan sy mhs kdoktern yg d kmpus g ad dsen pngjr bhs ingg.mhon info mas,thanks

    • wkslm..syarat2nya jelas kok di artikel ini, “memiliki prestasi akademik baik”, “bukan wajib minimal 3″…so statement tsb kurang tepat..baca dengan seksama info resmi dr IIEF aja ya di postingan ini..tuk surat rekomendasi tdk harus dari dosen bahasa inggris, yg harus itu rekomendasinya dalam bahasa inggris coba perhatikan kutipan dr artikel ini “Surat Referensi dari Dosen Matakuliah Bahasa Inggris lebih baik.”…dibaca dengan seksama ya infonya..ok..good luck

  38. ass. mas haeril..saya Aulia dari jogja. Saya berniat untuk mendaftar Ielsp cohort X november ini, Tetapi saya pernah menjadi peserta Student exchange ke Malaysia 1 thn g lalu. dan apakah itu bertentangan syarat yg menyebutkan ”tidak memiliki pengalaman belajar di Amerika Serikat atau negara lain selain Indonesia”….terimakasih mas

    • menurutku coba sj, itu nanti jd urusan panitia krn msh bnyk kan aspek2 lainnya yg dinilai..ok..tdk ada salahnya kan mencoba setiap ada kesempatan, at least bisa dpt pengalaman..ok

  39. malem mas,
    wah, info dari si mas lengkap banget ya,
    mau nanya ni mas, kalau udah semester 9 masih ada chance untuk lulus gak mas?
    tapi masih belum sidang, lagi bikin TA mas,
    trus, ada trik kusus buat lulus gak mas??
    makasih sblumny mas,
    mudah2an si mas sukses selalu,,

    • IELSP minimal semester 5 n maksimal belum ujian sidang, so you are eligible menurutku…tips2nya baca di postinganku aja ya di folder IELSP..ok..good luck

  40. assalamualikum bang haeril..
    aku mau nanya tentang toefl, aku udah pernah ikut te toefl itp waktu SMA tahun 2009 scorenya lebih dr 450.
    itu masih bisa digunakan ngga bang di cohort 10 ini?
    mohon dibales ya bang. trimakasih🙂

    • klo gak salah setahun validitas toefl, tp tuk lebih yakin silahkan tanya ke IIEF ya skalian tanya biayanya brp…ok..nomor telpon iief ada di websitenya kok..good luck..

  41. Mas Haeril. mao tanya nih saya tertarik sekali dengan program ini karena saya ingin sekali mengalami belajar di USA dan memperdalam bahasa Inggris saya yang acak2an. Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:

    1. Saya pernah ikut Exchange di jepang selama 1 tahun namun dlm persyaratan dlm program ini katanya buat orang yg belum pernah belajar di luar negeri. Namun saya di jepang itu belajar bahasa dan budaya Jepang, sama sekali tidak berhubungan dengan Bahasa Inggris. Apakah bisa tidak saya mendaftar? ataukah perlu saya cantumkan?

    2. terus Mas, setiap tahun , berapa mahasiswa yang diterima dalam program ini ya?

    Terima kasih.

    Andez

    • 1. mmm menurutku bisa aja krn kan kemarin km bljr bhs jepang bukan bhs inggris..tp untuk lbh memastikan coba telpon ke iief, nomor kantornya ada kok di website..ok
      2. biasanya yg diterima itu sekitar 70 hingga 80 an…

      good luck ya

  42. Salam mas🙂
    mas, aq mau tanya hasil tes toefl’a harus disertakan pda tanggal 18 nov bersamaan dengan deadline pendaftaran atau bisa menyusul mas???
    dan batas’a sampain kapan mas??
    thank’s before🙂

    • bisa nyusul, udah liat kan di form ada bagian yg memfasilitasi kondisi ini? aq lupa halamannya tp intinya ada bagian yg menyatakan msh menunggu skor toefl gitu, dicentang aja n diisi data2 yg diminta..jgn lwt seminggu dr deadline krn proses seleksi berkasnya biasanya berlangsung selama 2-3 minggu aja..

      good luck

  43. halo bang,

    apakah nilai toefl yang tinggi adalah asalah satu syarat paling penting untuk mendaftar program ini..terkadang saya minder dengan anak toefl di atas 500, karena saya sendiri hanya ber toefl 500.??

    saya ingin sekali lolos program ini karena saya ingin belajar bahasa inggris secara intensive di amerika.

  44. oh ya di form pendaftaran kan ad kolom yang harus kita isi tentang kemampuan bhasa inggris kita..itu gimna mas?? kalo menurut orang lain seh aq udah bagus..menurut diriku aku masih parah..:(

    • isi menurut pendapatmu..^_^..you know yourself better ^_^..klo bisa ukurannya minimal good, jgn ada dibwah good..ok

  45. bang, kalo bagan, If you have no answers for certain sections, please write: NONE. gmn maksudnya? apa di setiap kolom aku tulis NONE bang?

    regards,

    Viko

  46. mas, saya citra dari palembang. saya sudah semester lima tapi umur saya 18 tahun, sedangkan dipersyaratan umur antara 19-24 tahun. Apa saya masih bisa ikut daftar?? trus saya pernah dapet beasiswa jenesys 2 minggu ke jepang, tidak apa2 kan kl saya ikut daftar? oh ya interview nya it di kota asal peserta atau ke jakarta mas?? terima kasih atas jawabannya.

  47. Bang letter of referencenya bisa pakai lembaran sendiri (dari universitas) tidak?
    apa pakai yang ada diform aja bang?

    mana sebaiknya ya? thx bang
    regards,

  48. assalamualaikum
    saya mau tanya kapan atau berapa hari pengumuman ielsp progam setelah deadline? the, bisa jelasin tentang test berkas dan wawancara itu? terima kasih.
    wasalam

    • wkslm..biasanya 2-3 minggu setelah deadline. untuk wwncr silahkan baca postinganku di folder IELSP, judulnya tips2 wwncr IELSP..ok..good luck

      • askum. kak mau tanya, formulir beasiswa yang saya tulis kapan hari itu footernya 2011, saya pake formulir yang cohort sebelumnya karena saya dulu pernah mangajukan ternyata tidak ada panggilan, dan di cohort 10 ini saya mencoba lagi. sedangkan saya baru tahu kalo beasiswa cohort 10 footernya pake 2012. apakah berpengaruh footer itu kak?apakah boleh pake formulir IELSP yang sebelumnya?. trims

      • kok bisa salah ngirim form? untuk pertanyaan itu aq gak bisa jawab krn yg bisa jawab hanya panitia seleksi,,mudah2n panitia menerima ya..amin

  49. perbedaanya kalo di formulir yang baru ada additional information sebelum reference. sedangkan di formulir yang dulu tidak ada. kira-kira diterima atau tidak kak?trims

    • kok bisa salah ngirim form? untuk pertanyaan itu aq gak bisa jawab krn yg bisa jawab hanya panitia seleksi,,mudah2n panitia menerima ya..amin..

    • kok bisa salah ngirim form? untuk pertanyaan itu aq gak bisa jawab krn yg bisa jawab hanya panitia seleksi,,mudah2n panitia menerima ya..amin.

      • askum. kak kira2 pengumuman IELSP setelah interview nunggu berapa lama?
        apakah setiap universitas diambil 1 orang?
        apakah tes toefl juga mempengaruhi kak?
        mohon balasannya. trims

  50. assalamualaikum..

    kk aku ikutan tes IESLP nih, sudah lulus tahap intervew d Universitas negeri.
    besok dipanggil buat tes TOEFL ITP, gimana ya supaya hasilnya bagus?
    TOEFL ITP sm gak kayak TOEFL prediction??
    terus tes terakhirnya apa?
    makasih🙂

  51. Hallo kx haeril. .
    ndah mau nannya nih..
    ndah lagi nunggu2 pndftran chort xi nnti. . skrg ndah masi smster 4,, Insya Allah, bntar lagi udh smster 5,, ndah juga tertarik bgt dpt bsswa ielsp ni,, krna impian trbesar ndah pngen bljar k luar ngri,,
    kx haeril,, katanya d form itu qt d suruh seunik mgkin. .
    kalo form itu, tepi2an ny qt hias2 kayak frame gitu qt bwt ukir2an gtu boleh gk? (soal ny ndah suka ngegambar2 gtu deh)
    apa kalo qt kasi ukiran2 gtu,, kesann nya jd gk formal atao gmn??mhon argumen ny yaa kkx..^^

    • Halo Ndah..gak usah diasi hiasan krn yg mereka nilai adalah kekuatan argumentasi yg ndah buat di form itu… unik maksudnya harus beda dari yg lain dalam berargumentasi..good luck ya

  52. Halo mau nanya nih. Kan syrtny blm pernah bljr dluar negri. Klo prnh bljr dluar wkt kcil krn ikut orgtua gmn ya? Sama prmh exchange 2 minggu tp gak belajar formal. Itu gimana boleh gak ya? Makasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s