TIPS MEMBUAT ESAI UNTUK FORMULIR APLIKASI IELSP


TIPS MEMBUAT ESAI UNTUK FORMULIR APLIKASI IELSP

(download postingan ini dalam word 2007)

 

Hal terpenting untuk mengerjakan sesuatu adalah terpatrinya dalam pikiran kita bahwa sesuatu yg akan kita lakukan itu adalah MUDAH, tanpa bermaksud memandang rendah atau menganggap remeh suatu hal. Demikian dilakukan untuk memberikan motivasi kepada kita sebelum melakukan sesuatu. Tentunya hal tersebut juga pantas tuk kita lakukan ketika hendak menulis sebuah esai. Tak terkecuali esai tuk IELSP.

Kata-kataku pribadi berbunyi seperti ini “menulis esai tuk IELSP itu sebenarnya relatif mudah”. Hal ini bukan tanpa alasan. Bagaimana tidak, panitia seleksi IELSP telah memberikan “guideline” yang sangat jelas didalam formulir aplikasi tentang apa-apa saja yang harus kita tulis di esai tersebut. Memang sangat sepeleh mengatakan itu mudah dikarenakan telah adanya instruksi tertulis disetiap “box” esai. Tapi apa yang sulit dikatakan mudah adalah merangkai-padankan jawaban dari instruksi tersebut kedalam paragraph-paragrap yang utuh. Tentunya hal pertama harus dilakukan adalah memahami dengan baik instruksi yang diberikan dan kemudian tulis semua kemungkinan jawaban yang menurut kalian menarik tuk merespon esai tersebut. Setelah itu barulah dimasukkan kedalam paragrap.

Terlepas dari instruksi yang ada di formulir aplikasi IELSP secara pribadi saya ingin berbagi “personal perspektif” dalam membuat esai tuk IELSP. Tentunya apa yang saya “share” disini bukan standar umum yang ditetapkan dalam penilain panitia seleksi dan saya pribadi juga tidak mengetahu kriteria penilain panitia seleksi IELSP. Ada baiknya “sharing” ini dijadikan salah satu referensi tuk menulis esai IELSP yang berarti bukan satu-satunya referensi yang harus kalian pertimbangkan, okay????

Sebelum saya mulai, saya harus tegaskan bahwa aspek yang paling penting dari sebuah esai adalah originalitas. Kalaupun kita memerlukan data pendukung dari berbagai sumber tuk memperkuat esai kita maka bahasakanlah data tersebut dalam bahasa kita, artinya jangan hanya mengcopy-paste data dari sumber lain.

Saya mulai dari “box” pertama dulu yaitu perihal “background” yang ada di halaman 3 formulir aplikasi IELSP. Pada bagian ini kalian akan bercerita tentang diri pribadi dan keluarga kalian. Tentunya tuk menulis tentang diri kita apalagi tentang keluarga kita akan memakan ribuan lembar bahkan berjilid-jilid bukau apabila hanya mau menceritakan tentang diri kita. Saya pribadi bisa menulis ratusan lembar jika hanya berbicara mengenai diri sendiri mulai dari berbicara tentang telinga, mata, hidung, hobi, makanan favorit dll. Tapi tentunya bukan itu informasi yang panitia seleksi harapkan. Informasi yang mereka cari dalam form ini adalah informasi yang menggambarkan diri kita sebagai seorang yang memang pantas untuk diberi kesempatan berpartisipasi dalam program IELSP. Informasi apakah itu? Tentunya kalian yang lebih tau diri kalian sendiri. Secara umum disini kalian bisa memperkenalkan diri mulai dari nama, asal, kuliah dan umur (optional karena sudah ada di personal information) dan tidak usah membicarakan hal lain yang menurut kalian panitia IELSP tidak akan mau tahu tentangnya spt hobi, warna favorit dll. Trus kalian bisa menggambarkan kondisi keluarga kalian seperti apa. Ingat tetap memberikan informasi yang kira-kira panitia IELSP butuhkan tuk meyakinkan mereka tuk memilih kita dalam program IELSP; Jangan memberikan informasi yang mereka tidak butuhkan! Ok???

Pada kotak kedua yaitu esai tentang “personal statement” atau ekuivalensinya dalam bahasa indonesianya motivasi mengikuti program IELSP. Esai ini harus berisi statemen-statemen yang logis dan bisa meyakinkan panitia seleksi bahwa memang alasan kita mengikuti IELSP adalah tepat adanya. Yang paling penting adalah statemen kita menunjukkan bahwa kita bukanlah orang yang egois yang mau ikut IELSP hanya untuk keuntungan pribadi seperti mau mendapat status di kampus sebagai mahasiswa yang pernah keluar negeri dan semacamnya. Tunjukkan bahwa kalian adalah seorang yang peduli akan pengalaman untuk menjadi pribadi yang lebih baik agar bisa berguna untuk orang banyak. Seperti apa keguanaan kalian nantinya tuk orang banyak setelah program IELSP maka itu tanggungjawab kalian memikirkannya. Pertama-tama tentulah kalian akan jelaskan kondisi kalian saat ini seperti apa dan dengan kondisi seperti itu memang kalian membutuhkan pengalaman atau skill yang bisa kalian dapatkan dari IELSP yang tentunya akan dipergunakan untuk orang banyak. Sekali lagi argument kalian harus realistis jangan ABSTRAK. Kemukakan dengan sejelas-jelasnya argument kalian. Ok??????

Yang ketiga adalah tentang “most pressing issue”. Dalam kotak ini sebutkan isu-isu apa yang lagi “hot” di Indonesia dan tentunya sebuah isu itu bisa menjadi masalah bersama. Nah disini peran kalian menyebutkan solusi praktis dari masalah tersebut. Sebutkan peran apa yang kalian bisa ambil menyikapi isu tersebut. Yang ingin dilihat disini adalah bagaimana memberikan solusi praktis dari sebuah masalah sebagaimana tujuan beasiswa ini adalah mencari “future leader” yang bisa memecahkan persoalan yang akan dihadapi bangsa ini. Sebutkan dengan jelas solusi praktis apa yang akan kalian lakukan dalam ide tersebut! Temanya terserah mau isu tentang apa, asalkan isu tersebut masih hangat dan perlu dicarikan solusi. Apapun isunya buat esainya menarik dengan gaya bahasa mempesona kalau perlu yang bisa membuat takjub panitia dan mengambil kesimpulan tuk memanggil kalian interview.

Nah yang terakhir adalah esai tentang “long term career aspiration”. Bagian ini masih ada hubungannya dengan personal statemen tadi yaitu apa-apa saja yang akan kalian lakukan setelah pulang dari program IELSP cuman bedanya disini harus lebih konkrit lagi. Sebutkan cita-cita kalian apa dan hal-hal apa saja yang kalian butuhkan tuk mencapai cita-cita tersebut (tentunya dalam hal ini melalui program IELSP salah satunya). Gambarkan jenis cita-citamu dan bagaimana IELSP berkontribusi besar untuk mencapai cita-cita tersebut. Ingat jangan menyebutkan cita-cita egois yang hanya mengambil keuntunga pribadi saja tapi tunjukkan bahwa niat kalian tulus untuk membantu masyarakat kelak.

Saya ras cukup tuk postingan ini, dan harus saya ingatkan lagi adalah ORIJINALITAS yang paling penting dalam sebuah esai. OK?????

GOOD LUCK

SALAM HANGAT,

HAERIL HALIM
ALUMNI IELSP COHORT 6, OHIO SUMMER 2009

 

** MAU MEMBACA POSTINGAN INI SAMBIL OFFLINE? DOWNLOAD FILENYA DALAM BENTUK WORD 2007 DISINI

56 thoughts on “TIPS MEMBUAT ESAI UNTUK FORMULIR APLIKASI IELSP

  1. Assalamu’alaikum ka. syukron ats masukan yg amat brhrga ini. alhmdulillah ana udh bwt esainya, tggl disatuin jd prgraf cntik. ana emg hobi nulis dgn bhsa Indonesia, syangnya blm trllu brpngalamn dlm bhsa Inggris.
    oiya slma ini sy msh sy bingungkn ka, ka2 prnh nulis di artikel sblmnya, kalau qt gak boleh nulis essay dgn kata2 yg heroic, romantic n melankolis. tp dr artikel sumber lain, mnyebutkn bhwa, qt mnuliskn ttg diri kita, mmpromosikn diri qt sbaik mgkn agr juri trtarik mwawancarai qt. Yg bener yg mana yach? gmna cranya qt nGASIH tau sm juri scra bangga ‘ini loh diriku’, dgn ttp brtndak low-profile di hdpn org lain? kalo scra prbuatan mgkn sy udh lakukn, tp klu dlm essay n wawancra gmna ka?

    • wkslm…iya mempromosikan kemampuan diri tdk harus dengan heroik, romantik dan melankolis kan.. seumpama km mau memberitahu juri bahwa km orgnya “brtanggungjwb”, gak usah mengatakan “i am a responsible student”, klo dalam budaya indonesia terkesan arogan tp cukup mengatakan bahwa km sambil kuliah aktif organisasi, kerja sambilan (mengajar dll), menulis artikel tuk media, membantu dosen dalam aktivitas penelitian atau self-research dan semuanya berjalan dengan baik dengan hasil yg baik pula. kalimat tersebut kan sdh mengindikasikan bhw km seorang yg bertanggungjwb terhadap segala tanggungjwb yg km emban..pendapat ini sebenarnya sangat pribadi tp itu pendapat sy tentang deskripsi diri. dengan kata lain untuk menggambarkan diri kita lebih baik menggunakan kata kerja ketimbang ajektif krn ajektif itu digunakan oleh orang lain untuk menggambarkan diri kita (he is a responsible student) n penggambaran diri sendiri dengan ajektif menurut sy kurang “menyenangkan ditelinga budaya kita…

  2. Assalamu’alaikum

    Mantaaab bro, akhirnya keluar juga tulisan yg sangat dibutuhkan para pemburu beasiswa…para peminat Beasiswa IELSP semakin hari semakin banyak dengan bertambahnya alumni beasiswa ini. namun sayang dari sekian alumni bro Hairil lah yg paling produktif membagikan ilmu yg didapat bro…

    sedikit tambahan dari penanya di depan yg menanyakan cara menyatakan keunggulan kita dalam MotLet (Motivaation Letter). menurut pengalaman saya (hehe, pengalaman baru secuil) dan artikel2 yg saya baca kita tidak jangan menuliskannya dengan bahasa yang ‘normatif’ misalnya ‘saya bertanggung jawab’ …’saya berdedikasi’ ‘saya tepat waktu’….semua orang bisa membahasakan seperti itu. para juri akan lebih menghargai jika kita menyatakannya dengan bukti2 real, misalnya; instead of saying ‘saya bertanggung jawab’ you better say ‘I was ever entrusted by my lecturer to summarize a book and to submit it on Sunday..I did it on time and the lecturer thanked me”…ini lebih menunjukkan sesuatu yang real dan akan lebih dihargai oleh juri meskipun merupakan hal kecil. jadi lebih baik membahasakannya dalam bentuk ‘KATA KERJA dibanding KATA SIFAT yang tampak arogan.

    Demikian, semoga bermanfaat
    KEEP GOOD WRITING

  3. hi mas! terima kasih banget buat sharing tentang esainya, sejujurnya saya juga lagi pengen banget buat bisa dapet kesempatan buat ikutan acara ielsp ni..boleh minta emailnya? boleh dikirim email kosong atau pake nama mas ke email saya di putrimandara@hotmail.com? terima kasih banget..

  4. Terima kasih kak atas tulisannya, sangat bermanfaat untuk persiapan saya nanti. Sembari menunggu usia 19 tahun ..hehehe🙂

  5. postingan ndi Haeril tentang IELSP sangat2 berguna, saya pernah mencoba kontak alumni IELSP cohort 8 tapi sama sekali enggak pernah di tanggepin, FB’pun gak di approve..arggghhh, betapa sumbingnya dia..:)
    Saya coba apply untuk cohort X, may be that’s for first and last, soanlya tahun depan insya’alloh lulus:D
    Once again…very useful posting from very kindly person🙂
    di approve ya friend request’nya..
    salam kenal!

    • Halo Septian salam kenal jg ya.. Sdh menjadi tanggung jwb sy secara moral untuk berbagi info tentang IELSP sebagai alumni. Klo ada pertanyaan silahkan komen di blog ini atau via fb jg boleh..ok..good luck..

  6. Halo ka salam kenal,
    makasih banget tips2 sangat berguna🙂
    saya boleh yah masukin alamat email kaka di kontak, dan nanti kalo ada pertanyaan bisa lewat email?
    oiya saya mau tanya, untuk space foto yg di application form, itu kita edit dalam bentuk soft copynya atau boleh ditempel setelah kita print? makasih yah ka,

    • halo salam kenal jg ya..sip2 silahkan masukkan sj n feel free tuk bertanya jika ada pertanyaan..untuk foto, tempel fotonya setelah di print, ingat ukurannya harus sesuai dengan ukuran yg diminta di aplikasi..ok..good luck

  7. mas, aku sekarang lg menyiapkan berkas buat ikut IELSP, tgl nunggu surat rekomendasi dari dosen. Mau numpang tanya, permanent mailing address yg diisi bukannya alamat asal ya??

    aku dri sulawesi tengah tp kuliah dan ngekost di jogja..aku hrus isi alamat apa?

    makasih..

    thanks juga buat info2 blognya sangat membantu

    • iya alamat dimana kamu berdomisili, so nanti klo ada surat menyurat mudah dikirimi surat. pake alamat domisili sj..

      good luck ya

  8. salam kenal ka hairil . .
    aku mau tanya ka tentang beasiswa ini . .
    sebenarnya poin terpenting dari beasiswa ini yang paling bisa menarik panitianya itu di bagian mana ka?
    soalnya kemaren itu ada kaka tingkat ku yang dapat bea siswa ini banyak berorganisasi, nah apakah punya banyak pengalaman berorganisasi seperti itu akan menjadi suatu nilai yang lebih untuk mencapai beasiswa ini?
    kalo memang ga pernah berorganisasi, di bagian tes mana yang harus di titik beratkan supaya bisa menjadi bahan pertimbangan panitia untuk memilih orang tersebut ka?
    oh ya terakhir ka, biasanya kuota untuk beasiswa ini berapa orang se-Indonesia?

    • halo salam kenal jg ya…

      semua point2 di requirement penting, tdk ada point mutlak..organisasi jg salah satu point penting tp bukan satu2nya point yg menentukan…klo gak ada pengalaman organisasi usahakan menonjol di syarat2 lainnya (liat persyaratan yg diminta)..

      biasanya sekitar 70-80 org setiap cohort…

      good luck ya

  9. hello Mas Haeril,
    mau nanya ni:
    1. Ada ukuran tebal aplikasinya ga? Dulu Mas Haeril total berapa lembar?
    2. Achievment Saya sedikit, aktif di organisasi, pernah jadi ketua ospek, administrator jurusan, dsb.

    Saran:
    Alangkah lebih baik lagi , mas memberikan contoh background itu baiknya seperti ini dan itu. Perlu berapa lembar, bilang begini begitu tu jangan. Ada kalimat konkritnya mas, biar lebih jelas. Hehe.. Maaf ya mas, sekedar masukan aja.🙂

    Oya, saya baru mau tes ITP hari kamis di salemba. Bisa minta tolong kirim email kosong ke furqanalfath@gmail.com , mau kontak lebih lanjut. terima kasih mas.🙂

    *ini pertanyaannya di bales diisini aja ya, biar pada baca juga.*

    • halo nocual..

      oh ya jgn pernah menghubungkan tebal aplikasi dengan penentuan lulus, sama skali itu bukan ukuran..so untuk tebalnya tdk usah pikirkan itu, asalkan sdh memenuhi semua persyaratan diminta aja itu sdh cuku,, sy jg belum pernah sama skali mendapatkan achievement sebelum mendapatkan IELSP so no worry, organisasi salah satu faktor penilaian, so good luck sdh memenuhi persyaratan ini.. sy memberikan gambaran yg secara umum sj itu tugas kalian untuk mengkongkretkannya..ok..disitulah letak pengalaman membuat esai ketika kita mampu mengkongkretkan instruksi2 abstract..ok…kirim ke emailku aja ya, ini emal sy: haeril_halim@yahoo.com

      good luck ya

      • bales disini aja de Aku mas, biar pada bisa baca.
        Terus Mas isi apa di achievementnya? Soalnya di link alumni lain dia masukin punya usaha apa, artikel artikel di web. dsb.

        Saya nanya tebal tuh takut lebay mas kalo dimasukin semua. Hehe.. Makanya butuh saran dan masukan.🙂 Kalo mas berapa lembar?

      • intinya masukkan info2 n berkas2 yg menurut kamu penting agar panitia seleksi bisa memilih kamu. Bukan berdasarkan tebalnya aplikasi. Klo memang menurutmu dokumen2 itu perlu kamu cantumkan ya silahkan akan lebih baik lg pastinya. Klo achievemennya diisi apa semua achievemen yg pernah kamu terima. Intinya klo itu masuk kategori achievement masukin aja..ok

        good luck ya

  10. Dear Haeril Halim,
    Hope u r well there.

    seperti terpanpang di web IEEF
    http://iief.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=39&Itemid=8

    General Requirementou
    –>Participant age must be .. their 5th semester above at any universities all over Indonesia and.. completion

    Pertanyaan sy:
    #.Kalau sy skrng kuliah di luar indonesia tapi full beasiswa bagaimana menurut mas?
    apakah ada pengalaman seperti case sy ini.
    (mudah2an si IEEF nya tdk diskriminasi haha)

    Looking forward to your reply soonest
    =)

    Thanks
    Raka

  11. Siang mas, terima kasih buat artikelnya, sangat berguna sekali untuk mengisi essay di form. Kalau boleh saya mau tanya2 lagi. Aq harap mas g keberatan ku hubungi via email.

  12. dan saya ingin bertanya pada ka Haeril tentang surat keterangan mahasiswa dr kampus. Apakah surat keterangan tersebut boleh saya sendiri yang menerjemahkannya ke bahasa Inggris? atau harus kampus yang membuat surat resminya dalam bahasa Inggris? mohon dijawab yah ka..makasih banyak

  13. Assalamu’alaikum….
    Salam kenal, Ana Afia.
    Well, saya sdh pernah apply satu kali tp ga berhasil. hahaha) sekarang mau apply lg, tp ga begitu antusias kyak dlu lg. Sebenarnya apa aja sich kriteria penilaian tim IELSP itu? sya mengakui, sya bukn organisatoris, TAPII ada teman saya yg nilai akademikx bgus, aktif d’organisasi, kreatif, bisa bhs Arab n Inggris, karanganx bgus, kepribadian jg insyaAllah bgus aj, tapiiii tetep ga lolos wlw udh nyoba 2 kali. Saya jd bingung, apakah sebenrx ada FAKTOR X dalam sleksi itu?

    Thank

    • wkslm.. organisasi salah salah penilaian, akdemik jg cuman bukan cuman itu msh bnyk aspek penialaiannya yg akan dinilai. kekuatan berkas n kelancaran saat interview adalah modal utamaanya selain faktor2 lain yg dianggap panitia seleksi penting. good luck ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s