Beasiswa SMA, Sampoerna Academy, Putera Sampoerna Foundation, Indonesia


Beasiswa Program Sampoerna Academy
Pendidikan Bertaraf Internasional Berasrama
Tahun Akademis 2011/2014

Program Sampoerna Academy untuk tahun ajaran 2011/2014 mendapatkan dukungan dari Putera Sampoerna Foundation berupa beasiswa penuh bagi ratusan orang siswa untuk masa studi selama 3 tahun senilai Rp. 150.000.000,- per siswa. Pemilihan dilakukan berdasarkan kemampuan dan potensi siswa.

Beasiswa tersebut mencakup :
1. Biaya pendidikan
2. Biaya tempat tinggal dan makan di asrama
3. Buku pelajaran
4. Tunjangan kesehatan
5. Seragam

Persyaratan
1. Warga Negara Indonesia usia 14 – 16 tahun
2. Siswa masih duduk di kelas 9 (SMP kelas 3)
3. Memiliki nilai akademik rata-rata minimum 7,5 dari semester 1 sampai dengan semester 5 (kelas 7 – 9)
4. Peringkat 15 besar di sekolah (semester ganjil)
5. Berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah

Proses Pendaftaran Siswa
1. Isi formulir aplikasi: “Formulir Aplikasi Siswa”.Formulir harus diisi dengan menggunakan tinta hitam dan dalam huruf cetak.

  • Bagian A & B diisi oleh Siswa. Pastikan semua bagian diisi dengan lengkap dan benar.
  • Bagian C diisi oleh Orang Tua atau Wali. Pastikan semua bagian diisi, seperti pekerjaan orang tua, alamat serta nomor telepon Orang Tua atau Wali yang dapat dihubungi.
  • Bagian D (Informasi Kesehatan) diisi oleh Siswa dengan diketahui dan ditandatangani oleh Orang Tua atau Wali.
  • Bagian E (Rekomendasi Kepala Sekolah) diisi secara terpisah oleh Kepala Sekolah dari sekolah yang bersangkutan. Bila lembaran yang tersedia tidak mencukupi, silahkan menambahkan di lembaran terpisah.
  • Bagian F (Rekomendasi Guru) diisi secara terpisah oleh Guru dari sekolah yang bersangkutan. Bila lembaran yang tersedia tidak mencukupi, silahkan menambahkan di lembaran terpisah.
  • Bagian G (Formulir Kondisi Ekonomi Siswa) diisi oleh Orang Tua atau Wali. Pastikan semua bagian diisi dengan dilengkapi dokumen penunjang.

Isian dari Bagian E dan Bagian F tidak boleh diketahui oleh Siswa dan Orang Tua / Wali.
Pengisian formulir yang tidak lengkap atau tidak jelas akan mengakibatkan Siswa dianggap gugur.

2. Lampirkan hal-hal berikut ini:

  • Fotokopi Rapor (lengkap) SMP dari semester 1 sampai dengan semester 5 (kelas 7 – 9)
  • Fotokopi Kartu Keluarga dan Fotokopi KTP Orang Tua (Bapak & Ibu) / Wali
  • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 buah
  • Fotokopi rekening listrik atau bukti pembayaran sewa rumah tiga bulan terakhir
  • Surat Keterangan Penghasilan (atau slip gaji) atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT setempat (harus melengkapi salah satu).
  • Fotokopi ijazah atau sertifikat kursus Bahasa Inggris, bukti keanggotaan suatu organisasi atau perkumpulan, penghargaan lain bisa dilampirkan (opsional)

3. Pastikan semua formulir aplikasi sudah ditandatangani di tempat yang disediakan.

4. Masukkan formulir (Bagian A, B, C, D dan G) yang sudah diisi, formulir rekomendasi (Bagian E dan F) untuk dilengkapi oleh Kepala Sekolah dan Guru, beserta lampiran-lampirannya ke amplop besar (jangan dilipat) dan tuliskan dengan jelas nama Siswa, nama SMP dan alamat SMP di sudut kiri atas bagian depan amplop.

5. Semua formulir diserahkan ke Kepala Sekolah yang akan menambahkan Bagian E (Rekomendasi Kepala Sekolah) dan Guru yang akan menambahkan Bagian F (Rekomendasi Guru) yang sudah dilengkapi untuk masing-masing Siswa.

6. Semua formulir aplikasi (Bagian A s/d G) dan lampiran-lampirannya dikirimkan oleh Kepala Sekolah.

7. Selama masa penyeleksian, Siswa dan Orang Tua / Wali tidak diperkenankan untuk menghubungi Komite Seleksi Beasiswa Program Sampoerna Academy maupun anggota-anggota tim penyeleksi secara langsung. Pelanggaran atas peraturan ini dapat mengakibatkan Siswa dinyatakan gugur.

Bila Siswa mempunyai pertanyaan mengenai sekolah, program beasiswa dan lainnya bisa disampaikan ke Kepala Sekolah yang bersangkutan untuk diteruskan ke Komite Seleksi Beasiswa Program Sampoerna Academy.

Komite Seleksi Beasiswa Program Sampoerna Academy akan mengumumkan daftar pelajar yang sukses untuk mengikuti tahap penyeleksian berikutnya ke masing-masing Kepala Sekolah yang akan menghubungi Siswa yang bersangkutan.

Download:

–==ooOOOoo==–

185 thoughts on “Beasiswa SMA, Sampoerna Academy, Putera Sampoerna Foundation, Indonesia

  1. kak, untuk malang itu yang bener itu tanggal 12 maret atau 19 maret??
    soalnya di website skolahnya (sman 10 malang) tanggal 19 maret

  2. Ass.. kak, saya kn di SMP masuk peringkat 15, kalo di kelas say peringkat 1.. nah, sekarang saya udah SMA, so psti saya telatkan mau daftar ke sampoerna,,
    nah kira2 saya bisa ga ya daftar sekarang??

  3. . pengumuman seleksi tahap 2 kpn ya??
    . memang kalau tdk di survey,kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa itu kecil ya??
    terimakasi

  4. kak,,, pengumuman penerima beasiswa yg di kampus bogor kapan ya???
    aku udh di datengin si ke rumah,, truss pas tanggal satu juni kemaren nelpon, katanya mau dateng lagi utk yg ke dua kali,,, emang gitu ya kak,,
    tapi kok pengumumannya belom ya

  5. apa cuma buat yang kelas 9 aj??
    kalau udah mau naik kelas 2 SMA bisa ikut daftar gak??
    soalnya kemarin pas masih kelas 9 cari info gak bisa….

  6. kalau ingin mengikuti tapi sudah kelas 1 SMA dan harus berhenti karena tidak sanggup melanjutkan terhalang oleh biaya bisa atau tidak?
    makasi :)

  7. kalo gak ada kartu miskin??,, tapi adek saya ini memeng bener2 pengen kuliah dengan prestasi yang dy punya namun keluarga saya sedang mengalami krisis ekonomi , jadi adek saya ingin sekali mendapatkan beasiswa . bagaimana ?? matur suwun

  8. Anak saya sekarang di SMP kelas 2 Ingin saya masukan sebagai peserta program Bea siswa Sampoerna Academy, Bagaimana caranya untuk memperoleh Formulir Pendaftarannya ? Tkh.
    Semoga sukses untuk Bangsa dan Negara.

    • silahkan hubungi panitia seleksi untuk pertanyaan tentang beasiswa sampoerna, situs asli informasi di postingan ini ada tercantum di bagian bawah tulisan. Terima kasih,,

  9. Aku di semua semester rata2 di atas 80 (dan semua pelajaran tidak ada dibawah 75) tapi ada yang tidak masuk 15 besar??
    Apa masih sah, bisa mendaftar?

  10. aku baru menerima rapot kelas 9 semester 5 aku mendapat juara 1
    mulai pengiriman formulir dan test di laksanakan kapan ?
    trims

  11. klo thun pljran 2012/2013 ktanya udah gk ad beasiswa sampoerna utk sma, bnr gk ??
    truz klo msh ada mulai pndftranya tgl brpa ??
    mohon di bals scptnya !! mksih…

  12. assalamu’alaikum wr.wb, permisi, saya mau tanya, pendaftaran untuk tahun pelajaran 2012 – 2015 kapan dimulai ?
    comment please, thank’s :)

  13. maaf, saya mau tanya kok formulirnya belum bisa di download yah? dan kapan pendaftaran untuk Beasiswa Sampoerna tahun ajaran 2012/2013 dibuka?. terima kasih.

  14. saya mau tanya.soalnya saya itu mau daftar ke sma 10 malang.saya anak gak mampu and saya smp pakek kartu miskin(jamkesmas).bisa gak saya masuk ke sana?????
    saya pengen tau.fasilitas di sana?bisa gak saya keterima and saya pengen tau tesnya apa aja?
    tolong dibalas

    • Aq kurang begitu tau jg mengenai beasiswa ini, kemarin cuman posting aja infonya di blog. di google aja ya alamat panitianya..sy doakan semoga bisa join program ini..ok good luck

  15. kak untuk formulir pendaftaran tahun 2012/2015 kenapa gak bisa di donwoald padahal kata anak smp negeri 1 melaya yang sekolah disana mulai tanggal13-14 formulirnya bisa di donwoald.apa udah penuh kapasitasnya

    • Aq kurang begitu tau jg mengenai beasiswa ini, kemarin cuman posting aja infonya di blog. di google aja ya alamat panitianya..good luck

  16. Assalamu’alaikum Wr.Wb. mohon informasi untuk beasiswa sampoerna th pel.2012-2013 jenjang ke SMA kapan dibuka? terima kasih.

  17. kak, susah gak testnya, takut gak lolos, emang semua yang masuk Sampoerna Academy harus berprestasi di sekolahnya???

  18. asslkm.wr.wb ..kak kalau yang formulir buat 2012-2014 to kpn y kak di bkanya saya pengn daftar cm masih bgung caranya gman..wslkm.wr.wb

    • assalamualaikum, …
      mas, pengumumannya seleksi tahap I tahun ini kira” kpan ya? katanya minggu ke-4 april, tp sampek sekarang kok blm ada juga ya… mkasih..

  19. assalamualaikum, maaf kak saya mau tanya ada beasiswa untuk anak yang putus sekolah tidak, saya sudah setahun tidak sekolah saya pengen sekolah lagi.
    terima kasih.
    wassalamualaikum.

  20. Setahu saya,ini bukan merupakan program beasiswa, melainkan “Bantuan Pendidikan”, dimana alumni dari sekolah Sampoerna Academy diwajibkan untuk berkontribusi (membayar) kembali ke KSB (Koperasi Siswa Bangsa) senilai 150jt, setelah mereka mendapatkan pekerjaan.

  21. assalamualaikum…
    kalau misalnya semester ganjil tidak dapat peringkat 15 besar, tapi nilai saya insyaallah memenuhi persyaratan?

  22. assalamualaikum

    kak maaf proses pendaftaran PPDB tahun 2013/2014 kapan ya kak? trimakasih

    wasalamu’alaikum

  23. assalamu”alaikum wr wb
    kak,saya sekolah di SMA A Wahid hasyim tebuireng di jombang…..nilai” saya alhamdulillah sesuai dgn kriteria kakak…..apa saya bs minta tlg agar bs di beri beasiswa?tlg jwb kak……

Leave a Reply

