BERBAGI PENGALAMAN PERIODIK CCIP 2O11: MENGISI BERKAS DAN MENGIRIMKANNYA


Sebagaimana tujuan beasiswa CCIP ini adalah mengembangkan profesionalisme bagi para pekerja muda di bidang bisnis, nursing, media IT, tourism dll (untuk info lebih lanjut visit www.aminef.or.id), maka dengan modal pengalaman membawakan talk show berjudul “Inspirasi” yang tayang setiap rabu di Fajar TV saya memberanikan diri untuk mengisi dan mengirimkan aplikasi ke kantor AMINEF di Jakarta.

Untuk mengisi formulir beasiswa ini sangat mudah terlebih aplikasinya hanya 5 lembar. Pada halaman pertama dah kedua hanya berisi beberapa personal detail dan informasi mengenai background aplikan. Saya tidak akan berpanjang lebar untuk menjelaskan hal ini dikarenakan untuk mengisinya itu sangat gampang. Yang menjadi perhatian saya adalah bagian esai yang dimana terdapat 4 bagian yang dimana aplikan harus membuat esai singkat.

Yang pertama pada halaman 3. Yaitu dimana pada esai yang pertaman anda diminta untuk mejelaskan mengapa anda patut untuk mendapatkan beasiswa ini, bidang apa yang anda harapkan yang akan dipelajar di Amerika nanti dan bagaimana program ini mempunyai korelasi dengan background pendidikan/pekerjaan serta hubungannya dengan “future goal anda”. Nah untuk jawaban yang pertama adalah mengapa anda pantas terpilih menjadi grantee untuk beasiswa ini? Bagian ini anda isi kondisi anda saat ini, seberapa besar anda butuhkan pengalaman yang akan anda dapatkan di program ini dan jangan pernah sama sekali memuji-memuji Amerika. Hal tersebut telah menjadi penyakit umum yang sangat dibenci oleh panitia seleksi yang nota bene orang Indonesia. Bisa juga anda menambahkan apa-apa saja yang telah anda lakukan dilingkungan sekitar maupun lingkungan pekerjaan sehingga anda bisa pantas untuk menjadi perwakilan bagi lingkungan/kantor anda  di program ini. Yang kedua anda tinggal menyebutkan apa-apa saja yang ingin anda pelajari. Ini bagian yang penting karena akan dielaborasi secara mendalam lagi saat interview. Kemukakan dengan jelas apa yang anda ingin pelajari di amerika nanti. Yang terakhir anda tinggal mengaitkan hubungan program ini dengan cita-cita anda. Baiknya anda menyebutkan benefit yang bisa anda tularkan bagi kantor, lingkungan sekitar anda setelah pulang dari program ccip ini.

Untuk esai bagian kedua (masih dihalaman 3) yaitu esai yang ingin melihat bagaimana anda memecahkan masalah. Dalam hal ini kemampuan problem solving andalah yang menjadi pokok perhatian esai ini. Saran saya sebutkan sebuah masalah yang anda pikir masalah berat yang pernah anda alami dan bagaimana anda memecahkannya dengan baik. Ingat yang paling penting dalam bagian ini adalah bagaimana anda memecahkan masalah tersebut sebagaimana dalam prilaku ilmiah dalam memecahkan masalah kita harus melakukan beberapa step yang berkesinambungan satu sama lain yang berujung pada terjawabnya hipotesis awal yang kita ajukan. Buat jawaban anda serasional mungkin. The biggest point is kemukakan solusi praktis bukan solusi teoritis!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Kita menuju ke halaman 4. Seperti pada halaman 3 terdapat 2 esai disini. Yang pertama esai yang ingin melihat mengapa anda patut mewakili Indonesia dalam program ini dan hal-hal apa saja dari budaya Indonesia yang akan anda bagi kepada peserta lain dalam program ini. Nah esai ini skalnya lebih luas dari esai yang pertama. Kembali lagi dalam menjawab hal ini janganlah member jawaban yang abstrak, berilah jawaban yang konkret. Tips untuk bagian ini ambil sebuah kasus di Indonesia yang membuat nama Indonesia di dunia internasional sedikit tercoreng dan kemukakan peran yang anda ingin lakukan dalam memperbaiki nama Indonesia. Itu hanya sekedar saran. Intinya kalian harus menjawab sesuai dengan pendapat pribadi kalian oleh karena itu saya tidak akan berkomentar banyak dalam hal tersebut. Kemukakan juga apa-apa saja dari bagian budaya Indonesia yang ingin anda bagi kepada dunia internasional dan mengapa hal tersebut penting untuk anda lakukan.

Nah esai yang terakhir, ini terkait proyeksi masa depan anda di masa 5 tahun akan datang. Dibagian ini anda diminta berimajinasi secara real (bukan imajinasi novelis yang kadang susah tersentuh realitas) kondisi anda pada masa 5 tahun kedepan. Bagaimana program ini memberikan anda perubahan yang signifikan dalam kurun waktu lima tahun kedepan. Tentunya ketika memulai untuk mendaftar beasiswa ini gambaran tersebut sudah ada dikepala anda masing-masing, namun untuk berbagi saja bahwa dibagian ini jangan memberikan jawaban yang menunjukkan bahwa anda adalah orang yang egois. Yang dimana benefit dari program ini hanyalah anda dan orang-orang tertentu saja yang merasakan. Buat alasan yang mencerminkan bahwa perubahan yang akan anda lakukan di masa 5 tahun akan datang itu sangat bermanfaat untuk orang banyak bukan hanya organisasi anda atau lingkungan pekerjaan anda.

Tuk halaman 5, ini bagian tergampang hehehhe  karena anda hanya akan membubuhkan tanda tangan sebagai legitimasi bahwa memang anda serius ingin mengikuti program ini dan bertanggung jawab terhadap segala yang ada tulis dalam aplikasi ini.

Nah ada bagusnya jika anda melampirkan CV jika anda benar-benar serius ingin memperlihatkan kepada panitia bahwa memang anda adalah candidate yang tepat. Untuk itu anda bisa mengirimkan CV anda sebagai lampiran aplikasi ini dan juga yang paling penting adalah surat keterangan kerja dari kantor anda. Bisa juga jika ingin meminta rekomendasi dari atasan atau kordinator di kantor hal tersebut akan lebih baik lagi.

Apa lagi ya????? Kayak semua sudah beres tinggal aplikasinya di print, ditanda tangani trus dikrim ke kantor AMINEF Jakarta.

Mmmmm capek juga ya nulis larut malam seperti ini padahal besok mau medical check up tuk buat visa, nampakanya batal lagi dech medical cek up nya besok hehhehehhe…okelah kalau begitu sampai jumpa di berbagi pengalaman periodic CCIP 2011.

Salam Hangat,                                                                        Makassar 26 April 2011

Haeril Halim

20 thoughts on “BERBAGI PENGALAMAN PERIODIK CCIP 2O11: MENGISI BERKAS DAN MENGIRIMKANNYA

  1. To my understanding, this is the most useful guidances for CCSIP application.
    Thank you bang Haeril, see you at PDO…

  2. like this blog sangat.
    selalu ada BLUE MARK nya POINT penting DO and DON’T nya..

    semoga blognya bisa jadi amal Jariyah ..
    banyak orang yang terus terinspirasi dan make thing positive from this.

    jazakillah..
    qbee nuryana

    • thanks ya…alhamdulillah sdh ada 4 postingan ttg ccip, moga bermanfaat…good luck n thank you so much…^_^

    • surat rekomendasinya dalam bhs inggris…semua dokumen harus dalam bahasa inggris…minta rekomendasinya sm atasan klo memang skrg sedang bekerja n bidang yg akan dipilih ada hubungannya dengan pekerjaan tersebut..ok

  3. tp kalau sdh lama resign dr kantor, apa mesti jg minta rekomendasi dr kantor tempat kt kerja dulu ? atau bagaimana ! maksudnya, kt jg mesti lampirkan cv ? thanks for sharing, smoga sehat walafiat slalu dsana bro

    • reference letter tdk wajib tp klo ada sebaiknya lmpirkan..klo mau minta referensi di kantor lama ya bisa jg tp sebaiknya kantor yg saat ini kita bekerja..buat sj CV trus lmpirkan saat mengirim berkas…

  4. thanks sdh share info n tipsnya k’haeril,,
    Btw,,klo fotocopy ijazah n transkrip nilai hrus yg d legalisir ??
    tinggal itu mami k’, maumi d kirim berkas2nya….wkwkwk

  5. thanks sdh share info n tipsnya k’haeril,,
    Btw,,klo fotocopy ijazah n transkrip nilai hrus yg d legalisir ??
    tinggal itu mami k’, maumi selesai berkas2nya….wkwkwk

  6. assalamualaikum Bang Haeril, meskipun artikel ini udh lama bgt tapi masih sangat berguna bgt, saya merasa sangat terbantu dengan adanya artikel ni Bang🙂

    uia bang, kalo ane pake surat rekomendasi dari dosen gmn bang ? bisakah? soalnya saat ini ane fresh gruaduate dan masih cari2 kerja. jadi kepada siapa lg kalo ngk k dosen ane, gmn pendapat abang sndiri ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s