PENGALAMAN PERIODIK CCIP 2011: MENUNGGU HASIL SELEKSI BERKAS


3 mingg sebelum November 1 2010, berkas CCIP telah aku kirim ke kantor AMINEF di Jakarta. Ini agak berbeda dengan kebiasaan lamaku yang selalu mengirim berkas yang biasanya 3 hari sebelum deadline (don’t try this at home ckkckc). Berkas telah terkirim tinggal doa dan harapan menjadi teman setia dalam penantian selama kurang lebih satu bulan. Walapaun berteman dengan keduanya tidak ada jaminan bagiku untuk bisa bersikap tenang menunggu pengumuman seleksi berkas.

Seminggu sebelum hasil seleksi berkas diumumkan, notifikasi dari ADS datang dengan nada yang tidak tidak diinginkan. Ya seperti biasa tidak adanya kesiapan dalam mengurus dan membuat persiapan tuk beasiswa tersebut dan akhirnya ADS menyarankanku untuk mencoba lagi tahun depan. Nasib-nasib, tapi memang ADS bukan target utamaku dikarenakan kurangnya kesiapan dan tidak lengkapnya berkas-berkas yang disyaratkan yang merupakan salah satu kesalahan terbesar. Ah ADS gagal tapi tidak apa masih ada CCIP. Harapanku pada CCIP lebih besar ketimbang ADS dikarenakan kesiapan yang lebih matang dari pada ADS.

Beberapa minggu berselang, datang sms dari seorang teman yang juga mendaftar CCIP yang mengatakan bahwa dia lulus berkas dan menyarankanku untuk segera mengecek email. Keyakinanku akan lulus berkas segera hilang sesaat melihat email yang masuk hanyalah notifikasi facebook dan email-email spam lainnya. Kecewa! Segera kumenenangkan diri; wah mungkin besok AMINEF akan mengirimkan emailnya soalnya ini kan sudah sore dan pasti aminef harus mengirim email ke puluhan aplikan yang tentunya tidak akan cukup dilaksanakan dalam satu hari. Rasionalisasi seperti itupun mujarab dalam waktu yang singkat. Segera pikiran lain muncul bahwa ah sebodoh itukah saya sehingga harus tidak lulus berkas dalam dua kesempatan yang berbeda. Hal tersebut mendorongku untuk segera menelpon ke kentor aminef untuk menanyakan kepastian.

“halo, aminef slamat siang, dengan adeline ada yang bisa dibantu?”

“halo ibu adeline ini dengan haeril salah satu aplikan CCIP 2011, gini mau nanya mba kira-kira kapan ya pengumuman hasil seleksi berkas ccip?

“Oh pengumumannya hari ini, silahkan cek emailnya”

“Apa semua aplikan telah dikirimi email hari ini mba?” berarti klo hari ini tidak dapat email tidak lulus berkas ya mba?”

“Iya, kira-kira seperti ini”

“Ok mba makasih banyak untuk informasinya”

Mmmm setelah menerima telpon itu dan waktu di Makassar sudah menunjukkan pukul 6 sore hilang sudah harapan menunggu email tersebut walaupun masih ada harapan-harapan kecil yang datang menghibur bahwa tunggu saja hingga besok atau lusa mungkin aja emailnya telat nyampenya. Kalau telat kok teman-teman yang lain dah pada dapat ya.

Ah susah rasanya tuk ihklas ditengah keyakinan bahwa aku akan lulus berkas. Kekecewaanku segera kuback up dengan instrospeksi diri tentang hal-hal apa saja yang membuat aku tidak lulus berkas. Hingga 3 hari beselang emailpun tak kunjung menyapa. Ah betul saya sudah tidak lulus berkas dan ini adalah pelajaran berharga buatku untuk lebih memperbaiki lagi untuk kesempatan berikutnya. Setengah iklas akan kondisi tersebut telah kudapatkan dan kupahami walaupun belum sepenuhnya ihklas. Tiba-tiba handphone bordering dan aku lihat nomornya kok nomor Jakarta, segera kujawab dan ternyata itu telpon dari IIEF yang memberikan kabar bahwa poster IELSP sudah dikirim ke alamatku, kebetulan saat itu beasiswa IELSP sedang “intake” dan sebagai seorang alumni saya memiliki kewajiban moral untuk menyebarluaskan informasi mengenai IELSP.

Sejam setelah telpon dari IIEF tersebut lagi-lagi hapeku bordering dan aku lihat nomornya kode wilayah Jakarta lagi, ah mungkin ini dari IIEF dan ternyata: (kira2 percakapanya seperti ini)

halo selamat siang, apa betul ini dengan Haeril Halim”

Iya betul skali, saya sendiri! Ada apa ya?

“ini Mita dari Aminef. Kok emailnya belum dibalas?”

“email apa ya mba?”

“Email notofikasi kelulusan berkas dan harap segera memberikan konfirmasi kesediaanya menghadiri test toefl itp dan interview di Jakarta. Segera dibalas emailnya ya”

“maaf mba aku belum menerima email dari aminef”

“emailnya haeril.halim@yahoo dot com kan?

“bukan mba emailku haeril_halim@yahoo.com

“ok kalo begitu emailnya dicek segera ya nanti akan kirim emailnya ke alamat email haeril_halim@yahoo.com”.

“iya mba”

“Makasih ya”

Hehheehhe ternyata aminef salah menulis alamat emailku pantas saja sampe tiga hari begini saya belum menerima email apapun dari aminef. Lesson learn dari peristiwa ini adalah harus tetap sabar dan optimis. Keyakinanku akan lolos berkas ternyata memang benar cumin alamat email yang salah tersebut memberiku ujian kesabaran dan keihklasan hehehe…

Segera setelah menerima email tersebut langsung aku langsung memberikan konfirmasi tentang kesediaanku mengikuti proses seleksi selanjutnya di Jakarta yaitu Interview dan Test TOEFL ITP.

Sampai ketemu lagi yang di postingan pengalaman periodic CCIP 2011 berikutnya..bye bye…

Salam Hangat,                                                                               Makassar 28 April 2011

Haeril Halim

 

18 thoughts on “PENGALAMAN PERIODIK CCIP 2011: MENUNGGU HASIL SELEKSI BERKAS

      • asslm…. sy senang ada informasi dari mas haeril…saya searching di mbah google untuk cari tips CCIP, alhamdulillah ktemu web anda. tahun ini saya mencoba ikut tes CCIP, tapi saya bingung saat baca pengalaman mas haeril, setelah tes berkas kok masih ada tes toefl ITP ya di JKT ? bukannya saat penyerahan berkas, nilai ITP kita juga dilampirkan ?? atau saya ya yg salah info…. sya mhon tips2 yang lain juga mas..thanks tlong dibls di email ya mas…

      • wkslm..itu untuk mengetahui skor akhir saja sebelum memutuskan akan memilih kita apa tidak…untuk tip2nya silahkan baca di postingan lain saya tentang ccip, semuanya ada di folder CCIP..ok..good luck ya..

    • halo salam kenal jg ya…alhamdulillah jika postingannya bisa memberikan gambaran ttg proses seleksi ccip..oh ya program ccip itu programnya one academic year di amerika..sukses ya tuk ccip nya..

  1. Senang sekali bisa mendapatkan info seluar biasa ini.. sebnya saya juga bru tahu kalo Aminef punya program CCIP ini.. setau saya hanya Global UGRAD.. Saya sudah add fb mas.. berharap saya bisa bertanya lebih banyak lg dan belajar dr pengalaman mas Haeril.. Terimakasih..🙂

  2. pada saat dihubungi pihak aminef, apa sebelumnya, kt sudah tahu kalo test interview di jakarta itu aminef yg tanggung, atau kt juga bawa persiapan biaya transport ??

    • persiapkan sj dulu untuk seleksi berkas, klo sdh lolos nanti soal ini gampang kita bicarakan..intinya aminef menanggung tiket pesawat PP n akomodasi selama test..ok.good luck

  3. Can u tell me what AMINEF and CCIF are? is there any possibility for anybody to join ? because i am not a college student . thx a lot hope your info will help me know more about them.😛

  4. Hmmm bleh share pengalamanny selama ikut CCIP nggak mas haeril?. Jadi pengen ikutn nih, wlwpun dah kelar kulny. Oh iya, mita yang skrg kerja d aminef itu juga alumni ielsp dari arizona lho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s