International English Language Study Program (IELSP) “Frequently Asked Questions:


INDONESIA ENGLISH LANGUAGE STUDY PROGRAM (IELSP)
“Frequently Asked Questions”

1. Apakah IELSP itu?

Indonesia English Language Study Program adalah program beasiswa yang menawarkan kesempatan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris di universitas-universitas di Amerika Serikat selama 8 (delapan) minggu.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris peserta, khususnya dalam English for Academic Purposes. Selain itu, peserta akan memiliki kesempatan untuk mempelajari secara langsung kebudayaan dan masyarakat Amerika Serikat karena peserta akan mengikuti program immersion dalam kelas internasional dimana mereka akan bergabung dengan peserta lain dari berbagai bangsa dan negara. Dalam program ini, peserta tidak hanya akan belajar Bahasa Inggris, namun juga akan mengikuti berbagai program kultural yang akan memberikan pengalaman yang sangat berharga.

2. Siapa yang berhak mendaftar?

IELSP terbuka untuk mereka yang berumur 19 – 24 tahun dan masih aktif sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5 keatas) di perguruan tinggi mana pun di Indonesia dari berbagai jurusan. Pendaftar juga harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik yang ditunjukkan dengan nilai TOEFL® baik International TOEFL® atau TOEFL® ITP minimal 450. Peserta terpilih juga harus bersedia untuk meninggalkan kuliah di tanah air selama 8 minggu karena akan mengikuti kursus intensif di Amerika Serikat selama waktu tersebut.

3. Apa saja persyaratannya?

– berumur 19 – 24 tahun, dan

– aktif sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5 keatas) di perguruan tinggi manapun di seluruh Indonesia (BELUM DINYATAKAN LULUS/MENEMPUH SIDANG KELULUSAN)

– memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik yang ditunjukkan dengan nilai TOEFL® baik International TOEFL® atau TOEFL® ITP minimal 450 (bukan Prediction Test)

– memiliki prestasi akademik yang baik

– aktif dalam berbagai kegiatan atau organisasi

– memiliki komitmen penuh untuk segera kembali ke tanah air segera setelah program ini selesai

– tidak memiliki pengalaman belajar di Amerika Serikat atau negara lain selain Indonesia

– memiliki sifat-sifat: aktif, mandiri, bertanggung jawab, percaya diri dan berpikiran luas.

– Menguasai komputer

4. Bagaimana cara mendaftar?

Untuk mendaftar, dapat mengambil formulir di kantor Indonesian International Education Foundation (IIEF), Menara Imperium Lt. 28 Suite B, Jl. HR Rasuna Said Kav 1, Jakarta 12980. Formulir juga dapat di-download dari website IIEF di http://www.iief.or.id. Formulir boleh di fotokopi.

5. Dokumen apa saja yang harus disertakan dalam formulir pendaftaran?

Pendaftar harus melampirkan dokumen-dokumen berikut dalam formulir pendaftaran yang telah dilengkapi:
– 1 (satu) buah pasfoto berwarna ukuran 4×6

– 1 (satu) buah fotokopi Kartu Identitas (KTP)

– 1 (satu) buah surat keterangan resmi dari universitas bahwa yang bersangkutan masih aktif terdaftar di universitas tersebut

– transkrip nilai dari semester 1

– 1 (satu) buah fotokopi Ijazah SMA (tidak perlu diterjemahkan)

– 1 (satu) buah fotokopi Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SMA (tidak perlu diterjemahkan)

– 1 (satu) buah Surat Referensi dari dosen di universitas – menggunakan form khusus yang terlampir dalam Formulir Pendaftaran. Form Referensi yang telah dilengkapi harap dimasukkan kedalam amplop tertutup dan disertakan bersama Formulir Pendaftaran yang telah dilengkapi. Surat Referensi dari Dosen Matakuliah Bahasa Inggris lebih baik.

– 1 (satu) buah fotokopi nilai TOEFL® (International TOEFL® atau TOEFL® ITP)

6. Formulir ditujukan ke mana?

Formulir yang telah dilengkapi dan disertai oleh dokumen persyaratan dialamatkan ke:

IELSP
Indonesian International Education Foundation (IIEF)
Menara Imperium Lt. 28 Suite B
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1 Kuningan
Jakarta 12980
(harap menuliskan IELSP di sudut kiri atas amplop)

7. Kapan batas waktu pendaftaran?

Untuk Gelombang VIII , formulir yang telah dilengkapi dan disertai oleh dokumen persyaratan harus diterima oleh IIEF paling lambat tanggal 18 Oktober 2010.

8. Apakah saya harus sudah memiliki paspor dan visa Amerika Serikat sebelum mendaftar?

Seseorang tidak perlu sudah memiliki paspor dan visa Amerika Serikat untuk bisa mendaftar. Jika terpilih, peserta akan diberikan waktu untuk mengurus paspor. Visa Amerika Serikat akan diurus oleh IIEF sebelum keberangkatan. Perhatian: Penerima beasiswa dijadualkan untuk berangkat ke Amerika Serikat pada bulan Februari /Maret 2011. (catatan: keputusan hasil seleksi tidak dapat diganggu gugat)

9. Apakah ada biaya tertentu yang harus saya bayar dalam program beasiswa ini?

Program ini merupakan beasiswa penuh, dan peserta tidak dipungut biaya apapun. Penerima beasiswa akan ditanggung seluruh biaya kecuali biaya pembuatan paspor.

10. Kemana saya harus bertanya untuk mendapatkan informasi?

Untuk informasi dapat menghubungi:

Indonesian International Education Foundation (IIEF)
Menara Imperium Lt. 28 Suite B
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1 Kuningan Jakarta 12980
Telp: 021 – 831 7330,Fax: 021 – 831 7331 (pada jam kerja)
Email: scholarship@iief.or.id

36 thoughts on “International English Language Study Program (IELSP) “Frequently Asked Questions:

  1. dear brother haeril halim,,, hmmm kalau IP 2,95 (cukup rendah) apa sangat mempengaruhi penilaian??? dan score TOEFL cuma 510?? bila dibanding dengan pesaing2 lain???
    please reply my message,, thanks

  2. Hi, Cory makasih tuk kunjungannya ke blog sy dan makasih jg untuk interestnya pada IELSP. IP memang salah satu aspek yg akan dinilai tp itu bukan satu2nya penilaian, msh ada aspek lain yg dijadikan aspek penilaian. Yang menjadi fokus utama dalam penilaian adalah seberapa berbobot berkas kita (application form) dan seberap bagus performa kita pada saat interview nanti. Jadi saran sy Cory kirim sj aplikasinya dan harus teliti dalam mengisi berkas agar bisa lolos untuk interview nanti.

    tentang score toefl that;s fine nilainya sudah cukup kok..jgn khwtr. tidak akan ada mslh dengan score km..

    ingat deadline untuk cohort 8 ini tinggal beberapa hari lagi yaitu 18 oktober 2010. jadi untuk calon applicant IELSP dr luar pulau jawa paling tidak besok adalah wkt yg paling telat untuk mengirimkan berkas kalian. kalau ngirim hari sabtu takutnya berkasnya tidak sampai krn minggu kantor tutup dan kemungkinan pengirimannnya bisa ditunda jg kan..jadi untuk antisipasi besok sebaiknya berkasnya sudah dikirim..ok..

    Semangat ya dalam mengerjakan berkasnya, jikalau masih ada yg ingin ditanyakan feel free aja tuk bertanya dan bisa bertanya jg via email haeril_halim@yahoo.com..untuk respon yg lebih cepat atas pertanyaan2 yg akan dtg km bisa bertanya via sms di nomer sy 08981553616..

    Good luck Cory..

  3. makasi infonya mas🙂
    mw tanya ni, seleksi berkas tu hasilnya dikasi tau kapan ya?
    kalo hasil tes toefl blm kluar apa mempengaruhi penilaian?

    • Hi, Mona..sama2..makasih jg tuk kunjungan dan minatnya pada IELSP..semoga sukses seleksi berkasnya ya dan bisa ikut wawancara..amin..kalau lolos berkas akan ditelpon untuk interview, kira2 sekitar dua atau tiga minggu setelah deadline..good luck..

    • Hi, makasih tuk kunjungannya di blog sy..oh ya wawancara itu untuk mevalidasi apa yg kita tulisa di berkas..jadi dalam interview jgn sampai menjawab berbeda dengan yg km tulis diberkas..trus pertanyaan akan berkembang seiring dengan jawaban2 yg keluar..intinya cuman seputar hal2 umum sj…good luck semoga lolos berkas dan bisa ikut interview..sy tunggu kbr selanjutnya ya..OK

  4. terima kasih kak informasinya,
    kak, saya mw tanya ttg sitem seleksi.
    setelah lolos seleksi administrasi, msh ada brp tes lagi??
    brp banyak mahsiswa yang dibernagktan dalam setiap pemberangkatan??

    • hi Zabila..makasih tuk kunjungannya..

      tes terakhir setelah tes administrasi atau seleksi berkas adalah interview. tes interview akan memvalidasi apa yg kita tulis di berkas jadi jangan sampai menjawab pertanyaan berbeda dari yang kita tulis di berkas (application form). Pertanyaan2 lain bisa saja muncul tergantung alur interview spt apa.

      untuk jumlah pemenang ielsp tahun ini sy kurang tau berapa krn beasiswa ini tdk menggunakan sistem jatah bahwa harus sekian jumlah mahasiswa pertahunnya tp dari pengalaman lalu ada cohort yang pesertanya 55 dan ada yg 88. dan semuanya akan dibagi kedalam state yg berbeda.

      skali lag sukses ya semoga lolos berkas dan bisa ikut interview..saya tunggu kabar2 berikutnya..

      good luck…

  5. mas alhamduillah saya lolos tahap pertama dan kesalahan terbesar saya, saya tidak punya copiannya. jadi untuk tes wawancara minggu ini saya lupa apa yang saya tulis. hikhik, tapi emang inget kandngannya apa.. gimana solusinya mas. saya takut jawabannya menyimpang… makasih mas..

  6. dear my old brother haeril..
    saya yang bertanya waktu tuh ma abang,,, itu ada comment saya diatas,,
    bang.. puji Tuhan saya masuk, dan akan interview 3hari lagi… bang, tolong bantu saya.. beri tips apa yang harus saya persiapkan dalam menghadapi interview nanti..
    salam dari kota MEDAN.. SUMATERA UTARA

    • Halo Cory, senang bertemu kamu lg n slamat ya udah dpt telpon dr IIEF…

      oh ya tip2 tentang interview IELSP aq udah posting di blog ini, km klik aja di sini https://haerilhalim.wordpress.com/2010/11/05/tips-tips-interview-ielsp/#comment-209

      km jg bisa add alumni IELSP dr medan namanya BETSHEBA AYU, km add aja dia di fb n perkenalkan diri km, mgkn km bisa dpt gambaran interviewer di Medan spt apa krn pengalaman di Mks dr IELSP angkatan pertama hingga hari ini interviewernya tetap sama,,jadi mengetahui background penginterview jg itu sangat membantu..

      tuk lebih jelasnya baca postingan terbaru sy tersebut…OK

      GOOD LUCK YA Cory, sy tunggu kabar selanjutnya..OK

  7. Senang sekali bisa baca blog ini🙂
    Saya peserta Cohort8 dari Surabaya,
    Mas mau tny dng, biasanya hasil interview itu diumumkan dalam jangka waktu brapa lama ya ? Terimakasi atas infonya🙂

    • Halo Nathania..

      benar sperti kata Heru berkasnya akan dianalisa lagi dan pengumuman hasil interview ini biasanya 2 hingga 3 minggu setelah interview, kira2 desember..

      Sukses ya semoga bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IELSP cohort 8 amin n tetap semangat ya..sy tunggu kbr selanjutnya..ok

      Cayoooooo!

  8. Hi nathania, saya bantu jawab ya karena kebetulan saya tau.kata interviewer saya, nilai wawancara adalah tambahan nilai berkas yang akan dianalisa lagi tanggal 23 november oleh panitia IIEF. insya Allah bulan desember baru pengumuman akhir siapa kandidatnya.wah,moga kita ketemu ya sebagai kandidat di jakarta.

    salam hangat
    heru junaidi
    banda aceh

    • Halo Heru, informasinya sangat akurat, makasih ya..

      Sukses buat Heru semoga bisa menjadi salah satu penerima beasiswa IELSP cohort 8 tahun ini..amin..

      sy tunggu kbr berikutnya ya..

  9. k’haeril ini pndftraan ielsp, cuma stahun skali yach….???
    tyus gmn bisa tau klo pndaftaran.y udh mulai buka….???
    hahahaha…. prepare2 aja buat taon dpn klo sy udh smster 5, hehehehe……

  10. k’haeril ini pndaftaran ielsp, cm stahun skli yach….???
    tyus bgmn bs tau klo pndftraan ielsp ydh dmulai…..???
    hehehehe… prepare2 aja buat taon dpn klo udh smster 5……:)

    • Halo Isnah, tenang aja begitu IELSP bukan pasti sy akan update infonya di fb,.,rencananya IELSP cohort 9 akan buka lg deadline januari 2011, tp info resminya sy belum dpt apakah benar2 buka atau gmn..so just wait ya infonya..dr skrg prepare aja so next time kesempatan ada lgsg siap kan..OK

      GOOD LUCK YA

  11. k’haeril sy udh paham mksd set yg pertama tp buat set yg kedua or yang ketiga ntu apa mksd.y yach…..??? apa.y lg yg msti dikopi, original completed application from.y tp kok copies of supporting.y msti dikopi lagi…..??? copies of supporting, mean “sttb, ijazah, dll, iya kn……???
    SET 1 : Original completed application form + copies of supporting documents
    o SET 2 and SET 3 : Copies of SET 1
    maap ya k’haeril klo bnyk tanya n ky.y akn ttp bnyk tanya smpe sy bner2 mngerti betul isi from, mhon bntuan.y nm.y jg lg usha…..:) tp gni kak sy kan bru mo naik smster 4, apa itu gpp…..???

  12. mo tanya lgi…..
    1 (satu) buah surat keterangan resmi dari universitas bahwa yang bersangkutan masih aktif terdaftar di universitas tersebut, itu mksd.y : surat ket. kuliah….. (kopian or original)

    1 (satu) buah Surat Referensi dari dosen di universitas – menggunakan form khusus yang terlampir dalam Formulir Pendaftaran. Form Referensi yang telah dilengkapi harap dimasukkan kedalam amplop tertutup dan disertakan bersama Formulir Pendaftaran yang telah dilengkapi. Surat Referensi dari Dosen Matakuliah Bahasa Inggris lebih baik, surat referensi ini msd.y nm dosen, tittle.y, no phone.y and adress or email…. msti brpa dosen…..??? stu, dua or tiga (ditulis tangan or diketik…..)
    maap…maap bnyk nanya….:) replay soon, brotha……:D

    • Halo Isnah..sorry telat balasnya..jgn sungkan bertanya sj klo tdk bertanya ntar kurang paham jadinya…

      gini klo application formnya sudah print trus attach denagn dokumen tambahannya spt surat ket. aktif kuliah, ft.copy KTP, dll..itu yg dinamakan set 1 atau original copy..tuk supporting dokumen atau dokumen tambahannya baca baik2 di application formnya..

      trus set 2 dan 3 itu adalah adalah foto kopi dari set 1..

      IELSP minimal harus semester 5 tp gak papa km persiapkan sekarang, km jg bisa cb baca postingan sy tentang beasiswa UGRAD, kyknya cocok dengan isnah minimal semester 1 dan maksimal semester 5..

      surat keterangan masih kuliah itu ada formnya di fakultas tanya sj pegawai fakultas bilang mau buat surat keterangan msh aktif kuliah..yg original km sisipkan di set 1, tuk set 2 n 3 gak papa copiannya..

      tuk surat referensi gunakan form yg ada dihalaman belakang application form, usahakan minta sama dosen yg mengetahui kemampuan isnah secara akademik..minimal 1 dosen, lebih dari 1 jg tdk apa..sy dulu cuman 1..trus isi data lengkap mengenai dosen tersbut dikolom yg disediakan..

      application formnya diketik komputer biar rapi..

      baca jg postingan lainnya tentang IELSP di blog ini, klik di link ini sj https://haerilhalim.wordpress.com/2010/08/29/berbagi-pengalaman-pengalaman-periodik-ielsp-tahap-1/

      https://haerilhalim.wordpress.com/2010/11/05/tips-tips-interview-ielsp/

      dan msh ada satu lg km cek aja di blog ini..OK..

      klo ada pertanyaan ttg postingan tersebut silahkan simpan sj komentar ntar sy balasa as soon as possible…OK

      GOOD LUCK ISNAH

  13. SALAM HANGAT DARI KOTA MEDAN

    Bang.. aq cory yang comment diatas, setelah lulus berkas dan interview tgl 11 november 2010 semalam tepatnya tanggal 23 november 2010 aq di hubungi lagi, ditanya GRADUATION PLANNYA???
    pertama qu jawab bulan 7 tahun 2011 ni.. tapi setelah ku tanya PUDEK III bahwasannya ada wisuda bulan 1, 4, 7, 10, dan kk senior jurusan lain (dari USU juga) yang pernah lulus tahun semalam (kak.tira kartika) dy bilang bulan 10, jadi ku telp lah pihak IELSP bahwasannya aq tamat bisa tamat bulan 10…
    emang mbak.cici baik banget jawabnya, dy bilang sih ni untuk kelengkapan administrasi doank, maksudnya apa bang??? dan di suruh jangan jauh2 dari telp.. ntar kalau lulus minggu ni di kabari…. paling lama minggu depan…. duhhh apa pertanda aq gag lulus karena berkas administrasi qu gag lengkap ya bang?? padahal qu tengok lagi di kertas berkas2 ku, adanya jelas ku tulis tanggal,bulan,tahun tamat…

    aiiiiiiiiiiihhhhh alah makkkkkk,,, dag-dig-dug-duerrrrrrrrrr aq,… ada gag, teman2 yang punya kasus sama kayak aq????

  14. oh…. gitu yach brotha…. gpp dech bnar, bt prepare aja kn udh g lama lg smster 5, hehehehe….
    UGRAD…. ???
    apa nm lngap posting.y brotha….???

  15. oh gitu yach brotha, gpp dech, benar bt prepare aja dulu’kn udh g lama lg smsetre 5, th.y brotha for inpo…..
    btw UGRAD….??? nama posting lengkap.y apa brotha….???

  16. Assalamualaikum. Saya soraya dari banda aceh, unsyiah.
    Saya berencana mengikuti ielsp cohort 9 yg batas deadline nya tgl 10 januari. Tp saya blm mengikuti tes itp. Tes itp di tmpat saya akhir desember. Bagaimana menurut anda, apakah bisa terkejar kelengkapan form dgn tes itp nya? Dan apakah kita harus mempunyai kegiatan organisasi yg bnyak untuk bisa lolos? Saya ingin sekali mengikuti program ini. Thx.

  17. hi mas,,,mau ty, apakah nilai toefl ITP it jd pertimbangan utama?klo nilainya gak ada 450, ato misalnya 423, itu gmn? apa masih bisa daftar???bls yah…thanks

    • halo

      toefl itu bukan satu2nya aspek penilaian, gak papa kirim sj krn msh bnyk aspek lain yg bisa dijadikan pertimbangan oleh panitia..

      good luck ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s